Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tips Menjadi Data Analyst Tanpa Latar Belakang STEM Versi DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bd61973de000b0ae896b082b079a5a00_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Analyst sedang menjadi primadona dan pekerjaan “hot” seiring perkembangan dunia digital. Quanthub mendukung pernyataan tersebut dengan banyaknya portal lowongan kerja yang ditemukan pada posisi Data Analyst. Semakin dibutuhkan oleh berbagai perusahaan maupun industri, menyebabkan profesi satu ini tentu memiliki keterampilan atau skill yang harus dimiliki. Sebagai salah satu profesi yang berasal dari multidisiplin ilmu Data Science, Data Analyst tidak hanya menjadi profesi yang terbuka bagi orang-orang yang memiliki background pendidikan IT maupun Teknik. Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk menjadi ahli di bidang ini, asalkan konsisten dan terus mau meng-upgrade dirinya agar dapat meningkat value nya


Bagi sahabat data DQLab yang ingin memulai karir menjadi Data Analyst tanpa latar belakang IT maupun bidang STEM lainnya, berikut adalah tips versi DQLab yang bisa kamu ikuti dan lakukan! Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Memahami Peran Data Analyst dan Kemauan Belajar yang Tinggi

Sebelum memulai karir menjadi Data Analyst, tentu sahabat data harus mengetahui terlebih dulu peran dari profesi yang akan dijalani. Berhubungan dengan berbagai jenis data menyebabkan Data Analyst memiliki peran penting dalam berbagai industri seperti mengolah, memvisualisasikan serta mengambil kesimpulan dari data yang dimiliki perusahaan. Hasil data yang telah diolah oleh Data Analyst dapat digunakan sebagai insight dalam perkembangan berbagai aspek perusahaan. Pastikan untuk mulai mencari dan pahami informasi mengenai peran Data Analyst ya sahabat data.


Kemauan belajar yang tinggi juga tidak boleh ketinggalan nih sahabat data. Tidak memiliki latar belakang IT maupun bidang STEM lainnya membuat kamu harus belajar lebih extra dari teman-teman lain yang sudah terlebih dahulu mendapatkan bekal selama masa sekolah atau kuliah sebelumnya. Tapi tenang saja, tidak perlu takut dan merasa ketinggalan. Dengan memiliki kemauan belajar yang tinggi, sahabat data bisa terus mengexplore diri serta menambah pengetahuan dan belajar skill seputar profesi Data Analyst. Bahkan, sahabat data bisa lebih unggul loh daripada teman-teman yang sudah lebih dulu mendapatkan bekal berupa pengetahuan dan skill semasa sekolah atau kuliah dulu.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mempelajari Skill dan Real Case Industry Melalui Kursus Online

Tips kedua ini, penting banget untuk diterapkan oleh sahabat data yang ingin menjadi Data Analyst tanpa latar belakang IT maupun bidang STEM lainnya. Ada berbagai skill dan kompetensi yang dibutuhkan pada profesi ini, seperti SQL, Python, R hingga penggunaan tools visualisasi data seperti d3.js dan ggplot. Dari segi soft skill juga penting untuk dipelajari dan dilatih seperti kemampuan problem solving, komunikasi yang baik hingga kerjasama tim.


Sekarang sudah banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai media dalam mempelajari skill dan kompetensi yang dibutuhkan oleh Data Analyst, namun alangkah baiknya jika sahabat data menggunakan kursus online sebagai media pembelajaran. Dengan menggunakan kursus online, sahabat data bisa belajar dengan berbagai modul yang disediakan, mentor yang dapat membantu proses belajar hingga waktu yang lebih fleksibel. Salah satu kursus online yang bisa kamu ikuti adalah DQLab. Beragam real case industry dapat kamu pelajari di DQLab, seperti :


  • Business Decision Research. Projek ini bisa sahabat data coba untuk mengasah kemampuan skill set Data Analyst untuk mendeskripsikan mengenai proses keputusan bisnis pada industri retail.

  • predictive modelling untuk menghasilkan prediksi model yang tepat serta tingkat akurasi yang tinggi. Dengan proyek ini, sahabat data bisa mempelajari mengenai eksplorasi data dan data pre-processing sebagai bagian awal untuk pembuatan model dengan menggunakan machine learning

  • Penggunaan SQL dan Sistem Database Relasional untuk Pengolahan Database Perusahaan


Yuk, latih skill dan kembangkan kompetensi Data Analyst melalui real project industry dengan kursus online DQLab!


3. Perbanyak Pengalaman dan Relasi

Tidak kalah penting dari tips-tips sebelumnya, memperbanyak pengalaman dan relasi bisa menjadi salah satu langkah yang tepat untuk membantu sahabat data memulai karir sebagai Data Analyst. Pengalaman yang bisa didapatkan melalui pengerjaan real case project yang telah dijelaskan pada tips nomor 3 dapat membantumu membangun portfolio data. Portfolio data ini menjadi salah satu bukti kesiapan dan poin plus yang diperlukan saat melamar kerja nanti loh! Selain itu, sahabat data juga bisa mengikuti pelatihan Data Analyst yang disediakan oleh DQLab seperti Digital Talent Scholarship yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kominfo dan pelatihan lainnya.


Dengan mengikuti berbagai kursus, pelatihan, workshop hingga seminar, sahabat data bisa membangun relasi dengan sesama data enthusiast dan mendapatkan berbagai informasi dari mereka loh! Siapatau relasi yang kamu bangun justru menghantarkan diri kamu lebih dekat dengan karir impianmu yaitu Data Analyst!


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba!

Tips terakhir ini sangatlah penting sahabat data. Jangan pernah untuk takut mencoba hanya karena kamu tidak memiliki latar belakang pendidikan yang biasanya digunakan untuk mempelajari profesi pada bidang data, khususnya Data Analyst. Sahabat data harus percaya diri dan menanamkan semangat belajar jika ingin meraih apa yang diinginkan. Cobalah terlebih dahulu dengan langkah sederhana untuk mendapatkan gambaran mengenai Data Analyst dan tingkatkan ke langkah-langkah selanjutnya agar persiapan karir Data Analyst kamu semakin matang. Tidak perlu minder, siapa saja bisa menjadi Data Analsyt! Yuk, berani memulai dan mencoba, teruslah haus akan ilmu Data Science dan pelajari skill yang dibutuhkan. Jangan takut gagal sebelum mencoba ya sahabat data!


5. Tidak Memiliki Background IT Maupun Teknik? Jangan Khawatir, Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Yuk, berani mencoba dan siap berkarir di era digital dengan menguasai Ilmu Data Science!

Bangun portfolio data dan pelajari skill bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! 


Sign up sekarang di DQLab.id dan akses modul “Introduction to Data Science” Secara GRATIS!


Semangat belajar untuk kejar karir impianmu ya sahabat data DQLab!


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!