[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 12 Menit 4 Detik 

Tips Mulai Belajar Data Science di Tahun 2021

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/da391886d8cb6dcff8b311d4cbd93b01_x_Thumbnail800.jpg

Menurut Harvard Business Review, data scientist dinobatkan sebagai "The Sexiest Job in 21st Century". Hal ini menyebabkan meningkatnya minat belajar data science hampir di seluruh belahan dunia. Fenomena meningkatnya popularitas data science yang sangat signifikan juga disebabkan karena perkembangan teknologi yang cukup pesat, khususnya teknologi di bidang data. Bahkan saat ini produksi data sudah berukuran petabyte dan exabyte. Data science juga menjadi sorotan karena muncul di era big data, dimana semua sektor industri membutuhkan data sebagai "bahan bakar" dan dasar pengambilan keputusan. 

Saat ini rekrutmen data scientist sangat tinggi, tidak hanya di perusahaan level startup tetapi juga di perusahaan besar. Menurut ahli, profesi data scientist diprediksi akan menjadi primadona hingga beberapa tahun kedepan. Artinya, bisa disimpulkan bahwa data scientist merupakan salah satu profesi yang menjanjikan dalam beberapa tahun kedepan. Tak heran jika saat ini banyak orang dari berbagai latar belakang pendidikan mulai belajar data scientist. Di era digital, ada banyak cara untuk belajar data science, mulai dari belajar dari internet, buku, youtube, bahkan kursus online. Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan tips belajar data science yang efektif sehingga kamu bisa mengimprove kemampuan data science lebih cepat. Penasaran? Let"s get started!

1. Mengikuti Conference Data Science

Conference merupakan salah satu cara yang tepat untuk belajar data science. Disini kamu akan banyak belajar mengenai teori, tools, dan teknik data science di dunia industri. Dalam conference, kamu akan bertemu dengan narasumber yang pastinya berpengalaman di bidang data science. Kamu bisa eksplor rasa ingin tahumu dengan banyak bertanya dan berdiskusi dengan pemateri. Selain itu, di conference kamu akan bertemu banyak orang yang tertarik dengan data science atau bahkan orang-orang yang sudah menyelami data science. Kamu bisa berdiskusi dengan mereka, menambah relasi, dan tentunya bertukar pikiran dan pengalaman. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan project, pekerjaan, ataupun kesempatan magang di bidang data science.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Magang sebagai Data Scientist

Tips kedua untuk belajar data science lebih komprehensif adalah dengan mengikuti program magang di perusahaan. Salah satu cara untuk mengikuti program magang adalah dengan menghubungi perusahaan yang sedang mencari pekerja pendukung. Agar bisa menarik perusahaan, usahakan kamu sudah memiliki portofolio yang biasanya disimpan di dalam GitHub. Cara lain untuk membangun portofolio adalah dengan mulai menulis proyek data science di akun LinkedIn dan Medium. Untuk proyeknya, kamu bisa mengerjakan proyek data science dari sumber yang open source. Portfolio adalah salah satu media untuk mengenalkan dan memperlihatkan kemampuanmu pada recruiter. Dengan mengikuti program magang, kamu akan belajar data science menggunakan data yang umum digunakan di dunia industri. Dengan begitu, intuisi dan kemampuan kamu  untuk mengolah data industri akan semakin terasah.

3. Mengikuti Kursus Data Science

Saat ini sudah banyak kursus atau organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk membantu seseorang belajar data science. Setiap kursus memiliki program dan kurikulum masing-masing. Sebelum mengikuti kursus, kamu harus melakukan research untuk menentukan kursus data science mana yang memiliki program yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhanmu. Di Indonesia sendiri ada berbagai kursus data science, mulai kursus online hingga offline, free bahkan yang berbayar. Kursus data science yang baik adalah kursus data science yang memiliki program belajar yang terstruktur dan tidak membosankan. Kamu bisa mulai dengan mengikuti program free yang ditawarkan oleh kursus data science untuk menentukan kursus mana yang paling tepat. 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Galuh Nurvinda

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!