PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 49 Menit 49 Detik 

Tips Pelatihan Data Scientist Otodidak Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 05-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/470562d023ddca45fe8c13e779db8f4f_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk menganalisis data serta menafsirkannya. Hampir di seluruh penjuru dunia, perusahaan yang ada akan memanfaatkan data yang kemudian akan dianalisis sehingga mereka bisa memberikan layanan yang lebih baik serta dapat meningkatkan keuntungan.


Perkembangan teknologi digital saat ini, membuat kita dapat dengan mudah untuk mengumpulkan data dalam jumlah yang besar dimana memerlukan metode dan perangkat lunak pemrosesan data non-tradisional.


Data Scientist sebagai orang yang berperan penting dalam perusahaan akan menggunakan keterampilan ilmu data yang mereka miliki untuk membantu organisasi atau perusahaan membuat keputusan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan performanya.


Untuk menjadi seorang Data Scientist bukanlah perkara yang mudah, paling tidak kita harus memiliki beberapa skill seperti kemampuan programming, ilmu statistika dan matematika, dan tentu saja kemampuan dalam memahami keadaan bisnis yang akan dijalani.


Untuk bisa memiliki skill tersebut, kita bisa memanfaatkan pelatihan yang tersedia untuk menyiapkan kita menjadi Data Scientist. Agar tidak rugi telah membayar mahal pelatihan yang  telah dipilih, dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips yang bisa dicoba untuk memaksimalkan pelatihan kita. Check this out!.


1. Tidak Hanya Bergantung Pada Materi dari Pelatihan

Data Scientist

Ketika mengikuti pelatihan seperti webinar, training, atau bahkan bootcamp, penyelenggara pasti telah membuat silabus sedemikian rupa yang bisa membuat proses belajar menjadi lebih mudah. Akan tetapi, kita tidak boleh hanya bergantung pada materi yang disediakan dari pelatihan saja.


Kita juga harus aktif mencari hal-hal yang berkaitan dengan materi tersebut. Selain itu, hal-hal yang kita temui karena mencari tahu sendiri akan jauh lebih melekat dibandingkan saat hanya diberi tahu oleh orang lain.


Tenang saja, ketika mengikuti pelatihan kalian bisa memanfaatkan untuk bertanya pada mentor mengenai hal-hal yang sudah kalian dapatkan sebelumnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Sempatkan Waktu untuk Membuat Portofolio

Data Scientist

Portofolio data menjadi hal yang cukup penting dan akan lebih baik jika dimiliki oleh para praktisi data, termasuk Data Scientist. Dalam portofolio, kita bisa menjabarkan hal apa saja yang sudah pernah dikerjakan, lengkap dengan metode yang digunakan serta hasil yang didapatkan.


Memiliki portofolio data, bisa menjadi nilai tambah di mata recruiter. Bahkan hal ini bisa menjadi seleksi awal yang diterapkan, karena kemampuan kandidat akan tergambar dari portofolionya. Kalian bisa memanfaatkan project yang didapatkan dari pelatihan untuk dijadikan portofolio data.


3. Berselancar di Internet untuk Menemukan Pelatihan Terbaik dan Minim Biaya

Data Scientist

Saat ini ada banyak sekali lembaga-lembaga yang menyediakan pelatihan untuk menjadi Data Scientist. Kebutuhan akan posisi ini membuat banyak lembaga kursus saling berlomba untuk memberikan penawaran terbaiknya.


Jika kita berselancar di mesin pencarian seperti Google, kita bisa melihat bahwa biaya yang ditawarkan untuk kelas Data Science sangat lah mahal dan tidak ada jaminan pasti akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Oleh karena itu, kita harus mulai memilah tempat mana yang layak dijadikan pilihan dan tentu saja tidak perlu merogoh kocek cukup dalam.


4. DQLab Bisa Menjadi Salah Satu Pilihan

DQLab merupakan salah satu lembaga kursus Data Science yang bisa dilakukan secara online. Tenang saja, biaya yang ditawarkan untuk bisa menikmati kelas di DQLab sangat murah dan cocok untuk pemula. Tidak hanya itu, DQLab juga kerap mengadakan diskon besar-besaran untuk live class dan bootcamp yang merupakan program yang cukup baru.


Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan live code editor yang disediakan sehingga tidak harus mendownload software yang dibutuhkan. Untuk melihat aktivitas dan promo dari DQLab, kita bisa mulai dengan mantengin sosial media nya, salah satunya adalah instagramnya di @dqlab..

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab.


Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :