TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 58 Menit 36 Detik

Tips Portofolio Data Science yang Memikat Hati User

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-05-2023-09-13-170424_x_Thumbnail800.jpg

Ketika berbicara tentang dunia Data Science, salah satu aspek yang paling penting adalah memiliki portofolio yang kuat. Portofolio adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada perusahaan atau user potensial bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan dalam dunia analisis data.


Namun, pertanyaannya adalah, "Apa yang membuat portofolio Data Science disukai oleh user?" Di artikel ini, kita akan mengupas rahasia menyusun portofolio yang memikat hati pengguna dengan contoh-contoh konkret yang dapat diikuti oleh siapa pun, bahkan jika Anda baru memasuki dunia Data Science.


1. Projek yang Relevan

Salah satu kunci untuk membuat portofolio Data Science yang menarik adalah memilih projek-projek yang relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin bekerja sebagai seorang analis data di bidang kesehatan, maka projek-projek Anda sebaiknya berfokus pada analisis data kesehatan.


Ini akan menunjukkan kepada pengguna bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang bidang mereka dan dapat memberikan solusi yang berguna.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Visualisasi yang Menarik

Data Science


Selanjutnya, pastikan Anda menyertakan visualisasi data yang menarik dalam portofolio Anda. Visualisasi adalah cara yang sangat efektif untuk mengkomunikasikan temuan Anda kepada pengguna.


Misalnya, Anda dapat membuat grafik atau diagram yang menggambarkan tren data dengan jelas. Visualisasi yang baik dapat membuat pengguna lebih mudah memahami hasil analisis Anda.


3. Penjelasan yang Jelas

Selain visualisasi, Anda perlu menyertakan penjelasan yang jelas tentang projek-projek Anda. Jangan anggap pengguna tahu segalanya tentang analisis data. Jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil, alat-alat yang Anda gunakan, dan temuan utama Anda dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.


4. Kode yang Terstruktur

Data Science


Jika Anda menggunakan kode dalam projek-projek Anda, pastikan kode tersebut terstruktur dengan baik. Ini termasuk memberikan komentar yang jelas, menjaga kode tetap rapi, dan menggunakan praktik terbaik dalam penulisan kode. Pengguna akan menghargai jika mereka dapat dengan mudah mengikuti dan memahami kode Anda.


5. Progres yang Terlihat

Terakhir, perlihatkan bahwa Anda terus berkembang dalam dunia Data Science. Sertakan projek-projek terbaru Anda dan perkembangan apa yang Anda alami. Ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan Anda.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Sekarang Anda telah memahami cara menyusun portofolio Data Science yang disukai oleh pengguna. Jangan ragu untuk mulai membuat atau meningkatkan portofolio Anda sendiri. Ingatlah, portofolio adalah alat terbaik Anda untuk memikat hati perusahaan atau user potensial.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :