MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 25 Menit 27 Detik 

Tips untuk Mempersiapkan Diri Menjadi Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 02-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/edfd7ee6769d54d7b6796e56025c5ab5_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang data engineer adalah mimpi sebagian besar orang saat ini. Tak heran, hal ini lantaran karena memang kebutuhan di tiap perusahaan juga terus meningkat, melihat betapa pentingnya data dalam kemajuan bisnis perusahaan di era digitalisasi sekarang. Salah satu kunci dan fondasi untuk bisa menjadi seorang data engineer adalah dengan terus mempelajari teorinya dan mempraktikannya ke dalam kasus studi maupun dalam bentuk nyata.


Mahendra Okza Pradhana seorang data engineer Efishery mengatakan memang bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi data engineer. Banyak hal yang perlu disiapkan untuk bisa meraih kesuksesan itu, diantaranya yang pasti adalah ilmu dan juga kemampuan kita di bidang data. Dengan terus meningkatkan kualitas diri, bukan hal yang musatahil untuk bisa meraih cita-cita sebagai data engineer.


Ada ragam cara yang bisa dilakukan dalam mempelajari data science, salah satunya adalah dengan mengikuti pembelajaran melalui kursus. "Perlahan tapi pasti, mimpi untuk menjadi Data Engineer pasti akan tercapai. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari module-module yang disediakan di DQLab. Selain diajarkan dari dasar, DQLab menyediakan beragam project yang akan membuatmu memahami bagaimana penggunaan Data Science di industri nyata," kata Okza.


Kali ini, Okza akan memberikan 3 tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa sukses berkarir sebagai data engineer. Ikuti terus selengkapnya ya!


1. Pahami Definisi dari Posisi Data Engineer

Meskipun bagi kamu istilah data engineer sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, tapi apakah kamu yakin sudah tahu dan paham definisi dari profesi ini? Menurut Okza, tips yang pertama kamu lakukan adalah mencari tahu dan memahami definisi data engineer terlebih dulu. Dengan memahaminya secara detail, kamu akan lebih mudah dalam mempelajari kompetensi yang dibutuhkan. Kamu juga akan jadi lebih mempersiapkan diri secara matang dengan menentukan arah yang sesuai dengan ketentuan seorang data engineer.


Baca juga : 3 Bulan Belajar Data Science Otodidak, Imam Aris Munandar Berhasil Alih Profesi Sebagai Data Engineer.


2. Kuasai Kompetensi Sehari-hari sebagai Seorang Data Engineer

Tips berikutnya yakni adalah menguasai kompetensi dasar yang sehari-hari digunakan oleh data engineer, seperti proses Extract, Transform, & Load (ETL). Selain ETL, kamu juga bisa mempelajari pengoperasian bahasa pemrograman seperti R, SQL, maupun Python. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memperdalam ilmu data science.


3. Perbanyak Koneksi untuk Membantu Proses Belajar

Selain belajar, dalam industri data penting halnya bagi kamu untuk memperluas koneksi dengan orang-orang yang juga berkecimpung di dunia data science. Dari koneksi inilah kamu bisa mendapatkan insight dari teman atau mentor yang sudah berprofesi sebagai data engineer. Jadi ingat, bukan hanya pelajari dan praktikan ilmunya, tapi juga perbanyak teman ya, Sobat Data!


Baca juga : 6 Bulan Menjadi Fresh Graduate, Wahyu Berhasil Berkarir di Masa Pandemi Sesuai dengan Passionnya


4. Siap Implementasikan Tipsnya? Yuk Mulai Belajar Data Science Bersama DQLab!

Sudah saatnya kamu belajar data science bersama DQLab! Dengan bergabung bersama DQLab, kamu akan mendapatkan pembelajaran melalui modul-modul yang dapat kamu akses secara gratis. Nantinya, kamu akan dibantu fitur Live Code Editor dalam menyelesaikan modul-modul tersebut. Tidak hanya mendapatkan materi pembelajaran, di sini kamu juga bisa memiliki kesempatan memperluas koneksi, baik dengan teman-teman maupun para mentor. Kamu bisa saling tukar pandangan dan bertanya seputar data engineer. 


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!