TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 19 Menit 3 Detik 

Top 4 Library Python untuk Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 11-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a38c1b5d69812a8f18a952465d49ec17_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan bagian yang memegang peranan cukup penting dalam Data Science. Penggunaan Machine Learning akan membantu para praktisi data untuk bisa mengolah data yang bentuknya cukup rumit dalam waktu yang lumayan singkat. Sehingga pekerjaan yang harus dilakukan oleh manusia bisa menjadi lebih ringan. 

Pada dasarnya, Machine Learning merupakan teknologi yang membuat mesin dapat belajar dari data-data yang ada. Semakin banyak data yang dipelajari, hasil akurasi yang didapatkan oleh model akan semakin tinggi, yang artinya hasil prediksi dan klasifikasi yang dilakukan oleh Machine Learning akan semakin sedikit errornya.


Untuk menggunakan Machine Learning, kita akan membutuhkan bahasa pemrograman dan tools pengolahan data. Salah satu contoh bahasa pemrograman yang akan sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan Machine Learning adalah Python. 

Python dipilih karena bahasa pemrograman ini termasuk salah satu bahasa pemrograman yang high level programming language, dimana bahasa yang digunakan mirip dengan bahasa manusia sehingga lebih mudah untuk dibaca dan ditulis.


Untuk bisa menggunakan Machine Learning dengan Python, kita akan membutuhkan beberapa library yang bisa mendukung dan mempermudah kita. Dalam artikel ini akan dibahas top 4 library Python yang bisa diterapkan pada Machine Learning. Apa saja ya? Yuk, simak artikelnya!


1. Scikit Learn

machine learning

Library yang paling sering digunakan dalam dunia Machine Learning adalah Scikit Learn. Hampir semua praktisi data yang bertemu dengan Machine Learning dalam Python pasti akan memilih untuk menggunakan library ini. Fakta menariknya, library Scikit-Learn ini merupakan gabungan dari Numpy dan Scipy.

 

Sehingga fungsi yang paling utama dari library ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan angka atau data numerik, serta bisa digunakan untuk keperluan data mining dan analisis data. Biasanya akan banyak digunakan untuk analisis data yang memanfaatkan algoritma regresi, Naive Bayes, Clustering, dan lainnya.


Baca juga: Belajar Coding Python untuk Beginner Non IT


2. Tensorflow

machine learning

Tensorflow juga menjadi salah satu library Python yang banyak dimanfaatkan untuk pekerjaan Machine Learning. Library ini dikembangkan oleh tim Google Brain dari Google. Library Tensorflow digunakan untuk membangun serta melatih model dari Machine Learning yang melibatkan API yang intuitif, seperti Keras. Selain itu, library ini bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan matematika dan aplikasi AI (Artificial Intelligence). Salah satu alasan para developer menggunakan library ini adalah karena kemampuannya dalam melakukan komputasi yang melibatkan tensors. 


3. PyTorch

machine learning

Library selanjutnya yang bisa digunakan untuk Machine Learning adalah PyTorch. Library ini digunakan untuk Computer Vision dan juga NLP (Natural Language Processing). Pembuatan library ini dilakukan oleh Facebook’s AI Research, dimana tujuannya adalah untuk menyaingi library TensorFlow karena kedua library ini sama-sama menggunakan tensors. Menariknya, PyTorch didesain lebih mudah untuk dipahami serta lebih mudah dalam proses pengoperasiannya. Sayangnya, library ini baru bisa digunakan untuk program deep learning.


4. OpenCV

machine learning

OpenCV juga termasuk salah satu library Python yang bisa dimanfaatkan untuk Machine Learning. Library ini sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau Computer Vision. Awalnya library ini dikembangkan oleh Intel, namun kemudian didukung oleh Willow Garage, lalu kemudian Itseez (yang akhirnya diakuisisi oleh Intel). Pada dasarnya, library OpenCV ini dikembangkan agar bisa menyediakan infrastruktur umum untuk aplikasi Computer Vision serta meningkatkan penggunaan persepsi mesin di produk komersial.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Penggunaan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang asing. Sadar ataupun tidak, perkembangan teknologi dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri.

Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

 


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!