[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 14 Menit 7 Detik 

Top 4 Software Analisis Statistik Cocok untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/72c7472afab8b66e7b45262c05c3c204_x_Thumbnail800.jpg

Data, data dan data. Dalam dunia bisnis saat ini, membuat dan mentransfer data dalam jumlah besar kerap dilakukan secara konstan. Dari sudut pandang bisnis, memiliki akses ke data sebanyak ini dapat menghadirkan banyak peluang, tapi bagaimana kita bisa mengubah data menjadi insight? Jawabannya adalah dengan menggunakan business intelligence. Business Intelligence mengacu pada jenis solusi untuk mengumpulkan dan menggabungkan data yang didalamnya terdapat proses statistik juga. Membuat visualisasi dataset, menentukan trend dan wawasan yang tersembunyi dalam data dan membantu user untuk membuat keputusan berdasarkan data. Salah satu jenis tools yang akan kamu gunakan untuk memudahkan pekerjaan kamu adalah dengan menggunakan software analisis statistik.


Software statistik, atau perangkat lunak analisis statistik, mengacu pada alat yang membantu dalam pengumpulan dan analisis data berbasis statistik untuk memberikan wawasan berbasis sains tentang pola dan trend. Metode analisis statistik seperti analisis regresi dan analisis time series biasanya sering digunakan dalam data science. Berikut ini, DQLab akan membahas top 4 software analisis statistik yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan!


1. SPSS Statistik

statistik


SPSS adalah perangkat lunak dari IBM yang dapat dengan cepat mengolah kumpulan data besar untuk memberikan wawasan untuk pengambilan keputusan penelitian. Menurut situs web IBM, 81% pengulas memberi peringkat SPSS sebagai mudah digunakan, menjadikannya pilihan yang baik untuk pengguna pemula hingga ahli statistik. Ini juga dapat memperkirakan dan mengungkapkan nilai yang hilang dalam kumpulan data, memungkinkan laporan yang lebih akurat.


Scalable dan agile, SPSS dibangun untuk bekerja dengan volume data yang besar dengan lisensi pengguna sebanyak yang diperlukan. Dengan sistem yang open source, pengguna dapat meningkatkan sintaks SPSS dengan R dan Python melalui library lebih dari 100 ekstensi gratis pada IBM Extension Hub atau mereka dapat memilih membangun program mereka sendiri. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. SAS/STAT

Merupakan platform berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan alat dan prosedur untuk analisis statistik dan visualisasi data. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan analitik khusus. Ini digunakan oleh Business analyst, Statistikawan, Data Scientist, peneliti dan insinyur terutama untuk pemodelan statistik, mengamati trend dan pola dalam data dan membantu dalam pengambilan keputusan. Dengan melakukan beberapa operasi sekaligus, meningkatkan efisiensi dan stabilitas program. Pengguna dapat membuat ratusan grafik dan grafik statistik bawaan yang dapat disesuaikan. SAS memungkinkan pengguna kebebasan untuk bereksperimen dan memprogram baik dalam antarmuka atau bahasa pengkodean pilihan mereka.

statistik 

3. Stata

Stata adalah solusi statistik yang dirancang untuk data scientist untuk manipulasi data, eksplorasi, visualisasi dan analisis statistik. Dengan antarmuka pengguna grafis dan struktur baris perintah. Stata dapat diakses pengguna dengan atau tanpa pengetahuan pengkodean. Biasanya digunakan oleh para peneliti di berbagai bidang, termasuk ilmu perilaku, pendidikan, penelitian medis, ekonomi, ilmu politik, kebijakan, sosiologi, keuangan, bisnis dan pemasaran. Selain itu juga customizable karena pengguna dapat menyesuaikan ukuran teks, margin dan elemen lainnya. 

statistik

4. Minitab

Minitab adalah package statistik yang memberikan analisis statistik, visualisasi data dan analitik data untuk membantu pengguna meningkatkan pengambilan keputusan berbasis data. Ini dapat menganalisis semua jenis dataset dari yang kecil hingga yang jumlahnya besar dan mengotomatiskan perhitungan statistik pembuatan grafik, memungkinkan pengguna untuk lebih fokus pada analisis data. Minitab memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan menu dan toolbar, referensi, profil dan kemampuan makro scripting yang kuat. Minitab saat ini hanya tersedia untuk instalasi pada sistem operasi windows atau macOS. 

statistik

Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Metode Statistik dengan Python dan R Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Kini belajar otodidak bisa lebih terstruktur dan terarah bersama DQLab. Tanpa perlu takut overdosis informasi dan kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!