SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 40 Menit 30 Detik

Tranformasi Digital dengan Kenali Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6159f8818e98e55cc867d60fb61749a3_x_Thumbnail800.jpeg

Bagi kalian yang ingin berprofesi menjadi praktisi data, terdapat banyak hal yang harus diketahui yang mana salah satunya adalah machine learning. Machine learning ini merupakan salah satu bagian yang perlu diketahui serta dipahami oleh para praktisi data. Saat ini machine learning & contohnya pun sudah sering dijumpai bahkan tidak hanya oleh para data analyst saja. Nah pada artikel ini khususnya kita akan mengenal lebih dalam terkait machine learning beserta contohnya.


Machine learning  merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence atau biasa dikenal pula dengan kecerdasan buatan. Saat ini penerapan dari artificial intelligence sudah sering kita jumpai dalam keseharian bahkan telah kita rasakan manfaatnya. Machine learning adalah mesin pembelajar yang dikembangankan agar dapat belajar secara otomatis tanpa arahan dari pengguna. Machine learning ini berdasarkan ilmu-ilmu matematika, statistika, data mining, dan lainnya. 


1. Machine Learning

Machine learning adalah mesin yang diciptakan untuk dapat belajar selayaknya manusia. Machine learning ini merupakan salah satu cabang dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Istilah machine learning pada awalnya dikemukakan oleh ilmuwan matematika seperti Adrien Marie Legendre, thomas Bayes dan Andrey Markov pada tahun 1920. Machine learning sudah sering digunakan di berbagai keperluan. Machine learning pun memiliki kemampuan untuk dapat memperoleh data sendiri lalu kemudian mempelajarinya sehingga bisa melakukan tugas tertentu. 

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Jenis Machine Learning

Machine learning merupakan bagian penting yang perlu benar-benar dipahami dan perlu penggunaan yang tepat. Dalam penggunaannya secara umum terdapat tiga jenis algoritma machine learning yaitu supervised learning, unsupervised learning dan reinforcement learning. Berikut penjelasannya:

  • supervised learning, algoritma yang bekerja dengan menggunakan dua data yaitu data training dan data testing. Data training digunakan untuk membangun model, lalu data testing digunakan untuk menganalisis masalah serta bisa pula digunakan untuk mengukur tingkat akurasi model

  • unsupervised learning, algoritma ini bekerja dengan cara mengidentifikasi atau mengelompokkan data yang tidak memiliki label 

  • reinforcement learning, algoritma yang dapat memperbaiki dirinya sendiri dan belajar dari situasi.


3. Langkah-langkah Machine Learning

Penggunaan machine learning memiliki beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu

  1. mengidentifikasi masalah yang akan diselesaikan

  2. menyiapkan data dengan baik untuk memperoleh hasil atau output yang valid

  3. memilih algoritma yang cocok dengan permasalahan serta tujuan penelitian

  4. membagi data untuk memudahkan proses analisis

  5. melatih machine learning

  6. mengevaluasi machine learning

  7. melihat hasil prediksi yang dihasilkan dari model yang dibuat

  8. menerapkan algoritma kepada permasalahan

Machine Learning


4. Contoh Machine Learning

Setelah kita telah mengetahui apa itu machine learning, jenis algoritma yang dapat digunakan serta langkah-langkah penggunaannya maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui contoh machine learning. Penggunaan machine learning ini memang sudah sering kita gunakan dalam keseharian. Contohnya adalah seperti rekomendasi produk di marketplace, penggunaan sosial media, pelayanan kesehatan online, fitur chatbot, dan masih banyak lainnya.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine learning perlu dipelajari dari mendasar oleh para calon praktisi data. Penggunaan algoritma machine learning nantinya akan sangat membantu dalam proses analisis data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login