TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 28 Menit 57 Detik

Trik Membangun Deskripsi Diri CV dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9ae350fbaa0b98c9858ec80b1b32cd20_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam melamar kerja tidak sedikit pelamar yang lupa untuk menuliskan deskripsi diri pada CV. Apalagi teruntuk kamu yang akan melamar kerja pada bidang industri data, pastinya poin ini tidak boleh kalian lewatkan sedikitpun. Di tengah persaingan kerja yang cukup membludak dengan ribuan calon kandidat bahkan puluhan ribu membuat kamu sebagai pelamar harus memiliki pembeda dibandingkan pelamar-pelamar yang lainnya. Nah, pembeda inilah yang bisa kalian lihat pada bagian deskripsi diri CV. 


Setiap harinya recruiter dari suatu perusahaan akan menerima ratusan bahkan ribuan aplikasi setiap harinya. Bahkan mereka sampai tidak cukup waktu untuk mengecek keseluruhan dari aplikasi lamaran kerja yang dikirimkan setiap hari oleh pelamar. Paling hanya 30-40 detik saja untuk mengecek CV dari pelamar. Lantas bagaimana caranya membuat deskripsi diri yang baik dan benar? Eitss, tidak perlu khawatir, sekarang ini kamu bisa membuatnya dengan bantuan ChatGPT saja lho!


Deskripsi diri CV merupakan sebuah paragraf singkat yang menyoroti pengalaman keterampilan dan keahlian yang dimiliki oleh seorang kandidat untuk menarik perhatian calon employee. ChatGPT bisa membantumu dalam mengatasi kebingungan saat membuat deskripsi diri pada CV. Penasaran bagaimana caranya? Langsung intip terus postingan ini ya!


1. Jelaskan Tujuan Kamu

Ketika kamu ingin membuat deskripsi diri pada CV maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjelaskan tujuan kamu. Misalnya kamu ingin membuat deskripsi diri yang menarik dan eye-catching untuk posisi di bidang data maka kamu harus mencantumkan informasi ini secara spesifik untuk ditanyakan melalui ChatGPT. Nantinya ChatGPT akan memberikan berbagai opsi yang bisa kamu pilih sehingga kamu bisa menerapkan opsi-opsi tersebut dalam deskripsi diri di CV kamu.

Artificial Intelligence


2. Berikan Informasi Tentang Pengalaman Kerja

Salah satu hal yang menarik perhatian rekrutter pertama kali ketika membaca deskripsi diri kamu di CV adalah informasi terkait pengalaman kerja. HRD ingin melihat sejauh mana pelamar ini sudah mendapatkan pengalaman kerja atau belum atau justru pelamar ini sebenarnya masih baru sehingga ini adalah kali pertama mereka mencari pekerjaan. 

Artificial Intelligence

Ada baiknya pada bagian ini kamu tidak hanya menuliskan terkait dengan daftar tugas dan tanggung jawab yang pernah kamu lakukan selama kamu bekerja tetapi fokus pada pencapaian yang pernah kamu dapatkan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Bagian ini khusus bagi kamu yang sudah pernah bekerja ya.


Misalnya ketika kamu bekerja di perusahaan sebelumnya ternyata kamu berhasil meningkatkan penjualan sebesar 20% dalam waktu 6 bulan. Formasi ini bisa kamu cantumkan di bagian deskripsi diri yang bisa menarik perhatian HRD ketika kamu melamar di perusahaan yang kamu inginkan.


3. Berikan Informasi Sedikit Tentang Keterampilan

Selain informasi terkait dengan pengalaman kamu juga bisa menjelaskan terkait dengan keterampilan dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya ketika kamu melamar sebagai digital marketer maka keterampilan yang harus kamu cantumkan adalah pintar mengelola Google Ads, Facebook Ads, memahami marketing plan, memiliki penguasaan terkait dengan bagaimana caranya melakukan budgeting atau anggaran pemasaran digital dan lain sebagainya.


4. Perhatikan Penggunaan Bahasa

Bagian ini adalah hal yang seringkali dilewatkan oleh pelamar ketika ingin membuat deskripsi diri pada CV. Pastikan bahasa yang kamu gunakan sebisa mungkin menarik dan efektif untuk menjelaskan seluruh informasi yang kamu sampaikan. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang dan tidak ada intinya sehingga rumit dipahami dan membingungkan HRD.


5. Tambahkan Sentuhan Personal

Terakhir kamu bisa cantumkan sentuhan personal pada deskripsi diri di dalam CV kamu. Sentuhan personal disini maksudnya adalah kamu bisa hubungkan dengan passion atau hobi yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya kamu memiliki passion di bidang kepenulisan maka kamu bisa menghubungkan passion menulismu itu ke dalam pekerjaan yang kamu lama misalkan menjadi seorang content writer dan lain sebagainya.


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :