DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 9 Menit 47 Detik 

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist, Profesi dengan Prospek Menjanjikan di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ed2479116fb69cb7a1c447179e4c87a6_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist merupakan profesi dari individu yang bekerja dalam ilmu Data Science. Data Science menjadi salah satu ilmu yang melonjak dan makin banyak dipelajari karena kebutuhan tenaga kerja serta praktisi data yang semakin meningkat. Peluang kerja yang besar menjadikan penerapan ilmu ini semakin dibutuhkan oleh praktisi data. Orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data menjadi deskripsi yang tepat bagi Data Scientist. Memiliki tanggung jawab yang luas menyebabkan profesi ini sangat penting bagi suatu perusahaan.

Peluang kerja Data Scientist yang semakin meningkat menyebabkan persaingan pada profesi satu ini juga semakin ketat. Sahabat Data yang tertarik untuk berkarir menjadi Data Scientist perlu untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab dari profesi tersebut. 

Lantas, apa saja sih tugas dan tanggung jawab seorang Data Scientist khususnya di era digital seperti sekarang? Pada artikel kali ini, DQLab telah merangkum 4 tugas dan tanggung jawab Data Scientist! Yuk, simak penjelasan berikut!

 

1. Melakukan Riset

Sebagai profesi yang berkaitan dengan data, seorang Data Scientist memiliki tugas untuk melaksanakan riset dengan menggunakan berbagai sumber. Tujuan akhir dari melakukan riset ini adalah mencapai objective dari target bisnis serta pengembangan perusahaan. Sebelum melakukan analisis , tentu perlu melakukan riset mengenai informasi yang diperlukan. Kumpulan informasi tersebut adalah data yang akan dianalisis oleh Data Scientist. 


Riset juga perlu dilakukan seorang Data Scientist agar mengetahui peluang besar bagi perusahaan seperti membuat rangkaian data mengenai permasalahan yang dialami oleh perusahaan agar pengambilan keputusan lebih kredibel. Selain itu, dengan melakukan riset, seorang Data Scientist dapat mengetahui apakah data yang akan digunakan berasal dari sumber yang bersifat valid dan reliabel.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis dan Mengolah Berbagai Macam Data dalam Jumlah Besar (Big Data)

Analisis data merupakan tugas yang wajib dilakukan oleh seorang Data Scientist. Data yang biasanya dianalisis biasanya berasal dari database perusahaan. Analisis berbagai macam data ini dilakukan untuk mengoptimalkan, meningkatkan pengembangan produk, strategi bisnis dan sebagainya. Bagi perusahaan yang belum terlalu besar, biasanya seorang Data Scientist diminta untuk menarik data dengan menggunakan query SQL. Selain itu, dalam mengolah data, biasanya seorang Data Scientist akan menggunakan bahasa pemrograman seperti R untuk membantu mereka.


Pada perusahaan yang memiliki skala lebih besar, pemahaman akan analisis Big Data menjadi hal yang sangat penting bagi seorang Data Scientist karena volume data yang sangat besar. Umumnya, Data Scientist yang bekerja pada perusahaan tersebut harus mampu dalam menggunakan berbagai platform big data seperti Hadoop, Hive dan Pig. Hal tersebut bertujuan untuk membantu mereka dalam menganalisis data. 


3. Menafsirkan Data Secara Jelas

Setelah melakukan analisis, seorang Data Scientist memiliki tugas untuk menafsirkan data tersebut dengan membuat pemetaan, visualisasi serta prototype dari hasil analisisnya. Hal ini sangat penting karena visualisasi dari data tersebut akan disampaikan kepada user atau stakeholder untuk mempermudah proses bisnis agar lebih terstruktur dan mudah dipahami. Dengan menafsirkan data secara jelas, Data Scientist akan mampu membuat prediksi untuk pengembangan perusahaan dan menyampaikannya secara lebih mudah kepada tim perusahaan.


Pada umumnya, seorang Data Scientist akan melakukan visualisasi data menggunakan Tableu ataupun software lainnya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam memvisualisasikan hasil analisis dan mendapatkan summary data yang jelas.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Memberikan Saran Melalui Hasil Temuan

Sebagai salah satu tugas Data Scientist yang dapat berdampak besar bagi perusahaan, memberikan saran melalui hasil temuan adalah hal yang diharapkan oleh semua perusahaan dari seorang Data Scientist. Saran yang didukung dengan data akan bersifat lebih kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Seorang Data Scientist yang bertugas melakukan riset, menganalisis, hingga menafsirkan data, tentu menjadi pihak yang paham betul mengenai hasil temuan mereka. Oleh karena itu, Data Scientist juga bertugas untuk memberikan saran kepada perusahaan maupun tim manajemen mengenai perkembangan produk, pasar maupun hal-hal yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan melalui hasil temuan mereka.


5. Tertarik Memulai Karir Menjadi Data Scientist? Yuk, Siapkan Diri Kamu Bersama DQLab!

Memiliki berbagai tugas penting bagi perusahaan menyebabkan profesi Data Scientist semakin meningkat. Gimana? Kamu tertarik untuk mempelajari tugas dan tanggung jawab Data Scientist lebih dalam lagi? Bisa banget loh sahabat data DQLab!


Kamu bisa mulai belajar Data Science sebagai ilmu yang akan membawa dirimu menjadi seorang Data Scientist. Caranya gampang, tinggal sign up di DQLab.id dan kamu bisa langsung belajar secara gratis!. Tunggu apa lagi? Siapkan diri kamu menjadi Data Scientist dengan belajar Data Science secara gratis, praktis dan aplikatif bersama DQLab

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!