PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 2 Menit 14 Detik 

Tugas Data Analyst Berdasarkan Industri Kerjanya, Pemula Catat!

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7c0eca594ab1d6997e8ed37791984e89_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data analyst bertugas menganalisis kumpulan data untuk menemukan cara atau solusi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan bisnis atau kebutuhan lain dari organisasi. Seorang data analyst juga mengkomunikasikan informasi atau insight yang ditemukan kepada manajemen dan pemangku kepentingan lainnya.


Pekerjaan data analyst sangat beragam dan  mencakup banyak industri yang berbeda seperti bisnis, keuangan, peradilan pidana, sains, kedokteran, pemerintahan, dan lain sebagainya. 


Peran seorang data analyst dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengubah data mentah menjadi informasi dan insight yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis.


Proses pembersihan, analisis, interpretasi, dan interpretasi data menggunakan pendekatan yang berbeda dan alat intelijen bisnis dikenal sebagai kegiatan analisis data. Tools analisis data membantu data analyst untuk mengungkap insight yang berguna untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien. 


Pekerjaan data analyst ini berkaitan dengan transformasi data mentah menjadi statistik, informasi, dan penjelasan yang bermakna bagi organisasi atau perusahaan. Karena banyak diperlukan di berbagai industri, maka data analyst juga memiliki scope atau tugas yang berbeda-beda tergantung pada industri tempat seorang data analyst tersebut bekerja.


Penasaran apa saja pekerjaan data analyst di setiap industri? Yuk kita simak bersama!


1. Di Bidang Kesehatan

Data analyst bisa bekerja di mana saja, salah satunya adalah di bidang kesehatan. Data analyst di bidang ini biasa dikenal dengan Medical and Health Care Analyst. Sesuai namanya, Medical and Health Care Analyst menggunakan data dari sejumlah sumber untuk membantu meningkatkan hasil perawatan kesehatan suatu pasien.


Profesi ini biasanya berfokus pada sisi bisnis kedokteran, memperbaiki sistem perawatan pasien atau menyederhanakan proses operasi.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Di Bidang Bisnis

Data analyst di bidang bisnis dikenal dengan business analyst. Data digunakan oleh business analyst untuk menciptakan insight bisnis dan memberikan insight dan suggestions untuk perusahaan dan organisasi lain. Business analyst dapat mendeteksi masalah di hampir semua aspek bisnis, mulai dari proses TI, struktur organisasi, bahkan human resource. 


Saat ini perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan efisiensi dan operasional secara keseluruhan untuk menghemat pengeluaran. Business analyst secara bertahap menjadi komponen penting dari operasional perusahaan.

data analyst


3. Bidang Riset Pasar

Bidang riset pasar atau lebih dikenal dengan market research tak akan lepas dari data. Data analyst di bidang ini dikenal dengan market research analyst. Market research analyst mengumpulkan dan mengevaluasi data konsumen dan kompetitor.


Market research analyst menganalisis keadaan pasar untuk menilai penjualan produk atau layanan di masa depan. Profesi ini membantu bisnis dalam menentukan barang apa yang diinginkan pelanggan, siapa yang akan membelinya, dan berapa harganya.

data analyst


4. Bidang Riset Operasi

Pernahkah kamu mendengar istilah operations research? Operations research analyst adalah profesi yang bertujuan untuk memecahkan masalah tingkat tinggi yang menggunakan pendekatan pemecahan masalah yang canggih seperti pengoptimalan, data mining, analisis statistik, dan pemodelan matematika untuk memberikan solusi yang membantu perusahaan dan organisasi agar bekerja lebih efisien dan hemat biaya.

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Nah setelah mengetahui luasnya scope pekerjaan data analyst, apakah kamu berminat untuk berkarir menjadi data analyst? Yuk asah berbagai skill set data analyst bersama modul dari DQLab! Pelajari skill bahasa pemrograman, metode analisis statistika, pengolahan data, bahkan komunikasi dengan modul dari DQLab.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses modul GRATIS "Introduction to Data Science" menggunakan R dan Python sebagai langkah awal untuk mengasah skill data analyst.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :