3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 28 Menit 58 Detik

Tugas Data Scientist dalam Bidang Pertambangan

Belajar Data Science di Rumah 05-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2023-12-05-133134_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist memegang peranan penting tidak hanya pada industri teknologi saja. Salah satu sektor yang juga penting dalam keberadaan data scientist adalah sektor pertambangan. Industri pertambangan telah mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa dekade terakhir, terutama dengan adopsi teknologi digital. 


Data Scientist memungkinkan perusahaan menerapkan keilmuan data science dalam bidang pertambangan untuk mengoptimalkan operasional mereka dengan mengumpulkan dan menganalisis data terkait berbagai aspek, seperti produktivitas peralatan, manajemen logistik, dan penggunaan energi. Hal ini dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasi mereka, mengurangi biaya, dan meningkatkan keuntungan.


Peran data scientist dalam industri pertambangan sangat penting dalam mengoptimalkan operasi, meningkatkan keberlanjutan, dan mengurangi risiko. Dengan teknologi canggih dan analisis data yang cerdas, perusahaan pertambangan dapat mencapai produktivitas yang lebih tinggi, mengurangi dampak lingkungan, dan memastikan keamanan pekerja tambang.


Dalam era digital ini, data scientist adalah ujung tombak dalam memimpin transformasi industri pertambangan ke masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Maka dari itu, berikut adalah sederetan tugas data scientist yang ditemui dalam bidang pertambangan.


1. Keamanan dan Keselamatan Pekerja

Keamanan dan keselamatan adalah hal yang sangat penting dalam industri pertambangan. Data scientist dapat memanfaatkan data untuk mengidentifikasi potensi risiko dan menciptakan model keamanan yang lebih baik. Analisis data dapat membantu memprediksi kejadian kecelakaan dan memberikan wawasan yang diperlukan untuk mengurangi risiko bagi pekerja tambang.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Manajemen Stok dan Logistik

Data scientist juga berperan dalam manajemen stok dan logistik. Mereka menggunakan data untuk memantau persediaan mineral, memprediksi permintaan, dan merencanakan pengiriman yang efisien. Dengan demikian, perusahaan pertambangan dapat menjaga stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tanpa mengalami kelebihan stok yang berpotensi merugikan.


3. Pengoptimalan Proses Pertambangan

Data scientist dapat menggunakan teknik optimasi untuk meningkatkan efisiensi proses pertambangan. Hal ini termasuk pengaturan rute optimal untuk truk pengangkut, perencanaan pengeboran yang efisien, dan penjadwalan perawatan peralatan. Dengan menerapkan analisis data dan teknik kecerdasan buatan, perusahaan pertambangan dapat menghemat biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

Data Scientist

Sumber Gambar: Resource Erectors


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Analisis Data Geologi

Salah satu aspek penting dalam industri pertambangan adalah pemahaman yang mendalam tentang geologi suatu lokasi pertambangan. Data scientist akan memanfaatkan teknik analisis data untuk memahami karakteristik geologi, seperti jenis batuan, tekstur, dan struktur. Analisis data ini dapat membantu mengidentifikasi sumber daya mineral yang berpotensi dan meminimalkan risiko pengeboran yang sia-sia.

Data Scientist

Sumber Gambar: Agincourt Resources


Ayo mulai perjalanan kamu dalam mengasah keterampilan Data Scientist dan bergabunglah dengan kursus yang tepat untuk membantu mencapai kesuksesan dalam karir ini!


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id!


Penulis: Reyvan Maulid





Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :