PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 48 Menit 8 Detik 

Tugas Data Scientist dalam Era Big Data

Belajar Data Science di Rumah 19-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7843759558ed04421a544a2c825086ea_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi saat ini memberikan berbagai dampak di berbagai aspek. Salah satunya adalah bidang data. Kemudahan teknologi atau internet yang digunakan menghasilkan data yang sangat besar dan waktu yang relatif cepat sehingga muncullah istilah big data.


Profesi yang sering berhadapan langsung dengan big data adalah data scientist. Hal ini dikarenakan menganalisis big data adalah salah satu tugas data scientist yang sangat diperlukan di masa kini.


Peran dan tanggung jawab data scientist akan sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan. Sayangnya, data scientist di negeri ini jumlahnya masih belum mencukupi kebutuhan perusahaan. Dengan langkanya profesi ini serta jasanya yang sangat diperlukan, tidak heran jika gaji data scientist cukup menggiurkan dan memiliki prospek karir yang cemerlang.


Kira-kira apa saja tugas yang dilakukan oleh data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Menyiapkan Infrastruktur Data

Data merupakan salah satu komponen penting dalam keseharian kita. Saat ini data tidak hanya dikumpulkan dan dikerjakan secara manual saja, akan tetapi seiring perkembangan teknologi ini sebagian besar data telah terintegrasi secara digital.


Bersamaan dengan ini pula muncullah istilah big data yang berarti data berukuran besar bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Infrastruktur data ini perlu disiapkan dengan baik untuk memudahkan data scientist dalam menganalisis data.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Big Data

Data scientist merupakan suatu profesi yang bertugas untuk menganalisis big data dengan menggunakan algoritma machine learning tertentu. Algoritma yang digunakan pun terdiri dari berbagai macam namun dipilih dan disesuaikan dengan jenis data dan tujuan penelitian.


Dengan menganalisis data, data scientist akan dapat mengetahui kesimpulan atau poin penting yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan dan mengembangkan bisnis perusahaan. 

data scientist


3. Melakukan Penelitian

Penelitian atau riset merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. Berdasarkan sifat datanya, penelitian terbagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Seorang data scientist, biasanya melakukan penelitian yang bersifat kuantitatif. Kegiatan penelitian ini adalah salah satu tugas data scientist agar dapat terus mengupgrade ilmu dan skillnya dalam bidang analisis data.

data scientist


4. Memvisualisasikan Data

Ketika seorang data scientist selesai dalam proses analisis data, selanjutnya adalah menginterpretasikan atau menjelaskan hasil dari apa yang didapatkan dari menganalisis data. Hasil analisis data ini perlu divisualisasikan dengan tujuan agar semua pembaca mengerti poin apa saja yang disampaikan.


Hal ini sangat perlu dilakukan karena mengingat bahwa tidak semua orang mengerti tentang "bahasa" data. Visualisasi data yang dapat digunakan bisa berupa gambar, grafik, diagram, video, dan sebagainya.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Walaupun saat ini profesi data scientist masih belum terlalu banyak kalin jangan patah semangat untuk memulai karir ini ya! Langsung saja belajar data science di DQLab


DQLab dapat kalian gunakan sebagai perantara belajar data science dari dasar. DQLab memiliki beberapa kelebihan seperti modul yang banyak dan terdiri dari berbagai bahasa pemrograman, belajar secara live code, dan rutin melakukan pelatihan maupun seminar dengan pihak-pihak yang berpengalaman di bidangnya.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :