LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 1 Jam 27 Menit 27 Detik

Tugas Data Scientist di Era Digital 2023

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/32ac61eb378db180688dd10e0770cefe_x_Thumbnail800.jpeg

Berbicara mengenai profesi dalam bidang data, data scientist merupakan salah satu primadona dalam hal ini. Seiring perkembangan teknologi masa kini yang memberikan berbagai dampak salah satunya adalah bidang ketersediaan data. Data yang begitu melimpah ini perlu ditindaklanjuti oleh data scientist. Tugas data scientist secara umum adalah bertanggung jawab terhadap perusahaan dan menghasilkan kesimpulan dari hasil analisis. 


Peran dan tanggung jawab data scientist akan sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan. Sayangnya, data scientist di negeri ini jumlahnya masih belum mencukupi kebutuhan perusahaan. Dengan langkanya profesi ini serta jasanya yang sangat diperlukan, tidak heran jika gaji data scientist cukup menggiurkan dan memiliki prospek karir yang cemerlang. Kira-kira apa saja tugas yang dilakukan oleh data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Menyiapkan Infrastruktur Data

Data merupakan salah satu komponen penting dalam keseharian kita. Saat ini data tidak hanya dikumpulkan dan dikerjakan secara manual saja, akan tetapi seiring perkembangan teknologi ini sebagian besar data telah terintegrasi secara digital. Bersamaan dengan ini pula muncullah istilah big data yang berarti data berukuran besar bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Infrastruktur data ini perlu disiapkan dengan baik untuk memudahkan data scientist dalam menganalisis data.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data

Analisis data adalah suatu proses mengolah data menjadi informasi yang mudah dipahami oleh pengguna. Proses analisis data ini memerlukan teknik-teknik yang sesuai dengan jenis data yang digunakan. Salah satu tugas data scientist adalah menganalisis data perusahaan untuk menjadi informasi yang berguna sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan suatu keputusan. Langkah-langkah analisis data antara lain 1) mengumpulkan data yang akan dianalisis; 2) seleksi dan editing, sebagai penentu data apa saja yang akan digunakan; 3) coding, sebagai identifikasi permasalahan; dan 4) penyajian data.


Data Scientist


3. Melakukan Penelitian

Kegiatan penelitian merupakan salah satu tugas utama bagi seorang data scientist. Dengan melakukan kegiatan penelitian, data scientist akan semakin tahu perkembangan dalam dunia data.  Berdasarkan sifat datanya, penelitian terbagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Seorang data scientist, biasanya melakukan penelitian yang bersifat kuantitatif. Kegiatan penelitian ini adalah salah satu tugas data scientist agar dapat terus mengupgrade ilmu dan skillnya dalam bidang analisis data.

Data Scientist


4. Memvisualisasikan Data

Visualisasi data merupakan salah satu tahapan penting dalam proses analisis data. Setelah menganalisis data sesuai tujuan penelitian. Hasil analisis adakalanya kurang dimengerti oleh banyak orang terutama yang masih awam terhadap dunia data. Oleh karena itu diperlukannya proses penyampaian data dengan tampilan visual yang menarik dan mudah dimengerti. Proses visualisasi data ini juga menggunakan bantuan tools visualisasi data yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Profesi data scientist saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati saat ini. Profesi data scientist bisa dicapai oleh siapa saja walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan terkait. Saat ini pun telah banyak lembaga atau tempat kursus data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login