Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tugas Data Scientist, Profesi Idaman Tahun 2021

Belajar Data Science di Rumah 05-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f8bb93cc21e2de86c2afc1329a8dc0fe_x_Thumbnail800.png

Pemahaman akan teknologi saat ini termasuk ke dalam salah satu keperluan utama dalam mencari kerja. Hal tersebut dikarenakan zaman yang semakin maju, teknologi yang semakin canggih, dan tren yang terus berubah dengan cepat. Dengan begitu, baik perusahaan dan individu memerlukan pembaruan dalam keahlian dan pemahaman.


Data Science menjadi ilmu yang sedang dipelajari oleh banyak orang karena keperluan-keperluan tersebut. Dari ilmu Data Science, beranjak kepada profesi-profesi turunan Data Science, seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer yang semakin diminati khalayak luas. Mari kita bahas bersama mengenai Data Science dan Data Scientist.


1. Definisi Data Science

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari penggabungan antara ilmu komputer, statistika, dan matematika. Ilmu Data Science diterapkan dengan tujuan untuk menganalisis kumpulan data yang nantinya bisa mengetahui pola tersembunyi di dalamnya. Selain itu juga, Data Science dilakukan agar dapat mempermudah pekerjaan profesi-profesi turunannya.


Profesi-profesinya, antara lain Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. Dari beberapa profesi tersebut, terdapat tiga profesi yang menjadi sorotan perusahaan dan sumber daya manusia dalam bidang data, yaitu profesi Data Analyst dan Data Scientist. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Definisi Data Scientist

Dalam artikel kali ini akan lebih membahas mengenai salah satu profesi Data Science, yaitu Data Scientist. Definisi Data Scientist secara umum adalah profesi yang bekerja mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data agar dapat berguna dalam pengambilan keputusan untuk perusahaan atau organisasi. 


Dibandingkan profesi data lainnya seperti Data Analyst, profesi Data Scientist lebih mengarah kepada hal teknis seputar data, karena mereka perlu mengungkap pola yang terdapat dalam kumpulan data. Tidak hanya itu saja, Data Scientist juga merupakan profesi yang perlu mengetahui cara membuat algoritma.


3. Mengapa Data Scientist?

Seperti informasi yang sempat disampaikan secara singkat sebelumnya, profesi-profesi Data Science tersebut sedang sangat dicari oleh perusahaan dikarenakan tenaga kerja atau sumber daya manusianya yang kurang mencukupi dengan kebutuhan. Mengapa kurang? Karena banyak sekali perusahaan-perusahaan baru yang terus bermunculan setiap tahunnya.


Selain kebutuhan akan tenaga kerja, mengapa kalian perlu mempelajari profesi Data Scientist dikarenakan juga bidang-bidang yang kalian pelajari nantinya dapat mengembangkan diri kalian, baik secara hard atau soft skill. Ditambah lagi, di kemudian hari kalian akan semakin siap untuk menghadapi perubahan tren yang semakin cepat.


4. Tugas Data Scientist

Apabila kalian tertarik untuk menjadi Data Scientist, tentunya kalian perlu mengetahui informasi seputar profesi tersebut, terutama tugas atau tanggung jawab yang akan dilakukan nantinya. Mari kita bahas tugas Data Scientist untuk kalian yang ingin menggeluti bidang Data Science. 

  • Menganalisis data dari database perusahaan.

  • Mengoptimalkan kinerja perusahaan dari pengembangan produk, pemasaran, dan strategi bisnis.

  • Meningkatkan pengalaman konsumen, pendapatan, dan lainnya dengan prediksi menggunakan data yang dimiliki perusahaan.

  • Mengembangkan model data kostum dan algoritma.

  • Mengembangkan proses dan alat untuk pemantauan dan analisis kinerja model dan akurasi data.

  • Menilai keaslian sumber data dari teknik pengumpulan data yang dilakukan.

  • Mengembangkan kerangka kerja perusahaan.

  • Berkoordinasi dengan tim lain yang berkaitan dengan pekerjaan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Belajar Menjadi Calon Data Scientist Bersama DQLab

Ketertarikan kalian dalam bidang data memerlukan platform atau medium belajar yang memadai karena bidang data bukanlah suatu bidang yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa keahlian dasar. Oleh karena itu, DQLab bisa menjadi jawaban untuk kalian. Kalian dapat sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai program belajar awal. Tempat belajar yang sesuai dapat membantu pengembangan kalian semakin matang untuk memasuki bidang data. Calon ahli data, ayo jadikan DQLab.id sebagai tempat belajar kalian!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!