FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 1 Menit 17 Detik 

Tujuan Teknik Analisis Data Di Era Industri Modern

Belajar Data Science di Rumah 06-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e155a2051a631cf91db2e7de7adf2397_x_Thumbnail800.jpeg

Analisis data adalah proses menjelajahi dan menganalisis kumpulan data berukuran besar untuk menemukan pola tersembunyi, tren yang tidak terlihat, menemukan korelasi, dan memperoleh insight berharga untuk membuat prediksi bisnis. 


Dengan menggunakan teknik analisis data, artinya perusahaan telah meningkatkan kecepatan dan efisiensi kerja. Perusahaan idealnya perlu menggunakan semua data yang dihasilkan untuk mendapatkan value dari data tersebut dan membuat keputusan bisnis yang berdampak baik di masa sekarang maupun masa depan.


Perusahaan di seluruh dunia menghasilkan volume data yang sangat besar setiap hari, dalam bentuk file log, server web, data transaksi, dan berbagai data terkait konsumen. Selain itu, situs web media sosial juga menghasilkan sejumlah data dalam volume besar. 


Salah satu tujuan penggunaan teknik analisis data di sini adalah untuk mendapatkan insight dalam data yang berguna untuk perkembangan perusahaan secara efektif dan efisien. Ada berbagai tujuan yang bisa dicapai dengan menggunakan teknik analisis data. Penasaran apa saja? Yuk kita simak bersama!


1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Salah satu tujuan dari analisis data adalah untuk menghilangkan tugas menebak dan manual. Baik untuk memilih konten yang tepat, merencanakan kampanye pemasaran, atau mengembangkan produk. Perusahaan dapat menggunakan insight yang mereka peroleh dari penggunaan teknik analisis data untuk membuat keputusan yang tepat. Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan kepuasan pelanggan.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Analisis data dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan layanan pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Analisis data juga dapat memberikan personalisasi dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.


Data yang dianalisis dapat mengungkapkan informasi mengenai minat, kekhawatiran bahkan masalah yang dialami oleh pelanggan. Hasil dari pengolahan data ini dapat membantu perusahaan untuk memberikan rekomendasi produk dan layanan yang lebih baik untuk pelanggan.

Teknik Analisis Data


3. Operasional yang Efisien

Dengan bantuan analisis data, manajemen pada perusahaan dapat merampingkan proses, menghemat uang, dan meningkatkan produksi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diinginkan oleh konsumen, perusahaan bisa menghentikan kegiatan marketing, pembuatan konten, dan kegiatan lain yang tidak sesuai dengan interest konsumen sehingga bisa meringkas waktu dan memangkas pengeluaran yang tidak perlu. 

Teknik Analisis Data


4. Pemasaran yang Efektif

Dengan menggunakan teknik analisis data yang benar, perusahaan bisa mendapatkan insight berharga mengenai kinerja campaign yang telah ‘dilempar’ ke pasar. Analisis data akan membantu kita untuk mengevaluasi hal-hal yang kurang dari campaign dan menyusun planning marketing yang lebih baik untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.


Selain itu, perusahaan juga dapat menemukan calon konsumen yang kemungkinan besar akan berinteraksi dengan kampanye yang kita usung dan terkonversi menjadi prospek (calon pembeli potensial atau bahkan pembeli).

Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Untuk mengasah intuisi agar keempat tujuan di atas tercapai, kita sebagai calon praktisi data harus sering berlatih menggunakan study case. Yuk praktek langsung cara mencapai ke-empat tujuan di atas untuk berbagai bidang industri, mulai dari retail, telco, healthcare, dan bidang lainnya bersama DQLab.


Untuk study case dengan data bervolume besar, kita harus menggunakan tools powerful seperti bahasa pemrograman R dan Python karena tools analisis data konvensional memiliki limit data yang bisa diolah.


Yuk asah intuisi data dan pertajam skill R dan Python kamu dengan modul data science DQLab! Klik button di bawah ini atau kunjungi DQLab.id untuk sign up dan nikmati FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ with bahasa pemrograman R atau Python untuk belajar menulis script code R dan Python dengan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :