Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tutorial Gampang Excel Temukan Data Ganda Berikut!

Belajar Data Science di Rumah 12-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-08-2024-03-13-144540_x_Thumbnail800.jpg

Pada era kecanggihan teknologi seperti ini kita dihadapkan dengan begitu banyaknya informasi yang diperoleh. Perolehan informasi ini menghasilkan begitu banyak dampak, salah satunya adalah tersedianya banyak data yang bisa diakses. Hal ini memberikan dampak positif maupun negatif, salah satunya adalah adanya data duplikat atau bisa pula dikenal dengan pernyataan ganda. Pada artikel kali ini kita akan mengenali tutorial penyataan ganda di excel dan bagaimana cara mengatasinya.


Microsoft excel adalah suatu bahasa pemrograman atau software yang sudah dikenali oleh banyak orang. Microsoft excel adalah suatu aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft. Microsoft excel ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi dan pengguna bisa terus mengupdatenya. Microsoft excel dikenali memiliki begitu banyak formula atau fungsi, salah satunya adalah menyelesaikan permasalahan pernyataan ganda atau data duplikat. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel berikut ini!


1. Pernyataan Ganda

Saat ini data atau informasi begitu mudah didapatkan baik secara online maupun offline. Data yang ada tersebut dapat diinput secara manual atau otomatis di convert ke excel. Dalam praktiknya, tidak jarang pengguna menemukan atau menjumpai adanya pernyataan ganda di dalam data tersebut.


Pernyataan ganda atau data ganda merupakan data yang berisi informasi yang sama yang kemungkinan salah pada saat proses penginputan. Hal ini bisa ditemukan dan diperbaiki dengan menggunakan formula yang tersedia di excel.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengapa Pernyataan Ganda Perlu Dibersihkan

Seorang praktisi data atau data analyst perlu melakukan proses data cleaning. Proses data cleaning ini merupakan bagian dari proses analisis data. Dalam tahapan data cleaning praktis data akan melakukan proses pembersihan, seperti menyelesaikan -permasalahan data tidak lengkap, data duplikat, data kosong,data tidak konsisten dan lainnya.


Proses data cleaning ini penting untuk dilakukan agar menghasilkan data yang benar-benar bersih dan siap untuk  dianalisis agar hasil analisis data menjadi lebih valid dan tidak rancu.

Excel


3. Conditional Formatting

Microsoft excel dikenal memiliki beberapa fitur andalan yang sering digunakan para analisis data. Beberapa contohnya seperti Fungsi IF, Conditional Formatting, Pivot Table, VLOOKUP, dan masih banyak lainnya. Untuk menemukan pernyataan ganda, pengguna bisa menggunakan fitur conditional formatting. Conditional formatting merupakan fitur yang digunakan untuk memberikan format khusus pada sel-sel yang memenuhi aturan tertentu sehingga bisa digunakan untuk mendeteksi atau mencari letak kesalahan.


4. Cara Menemukan Pernyataan Ganda

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pernyataan ganda atau data ganda ini dapat diteukan menggunakan fitur dalam excel, yaitu conditional formatting. Berikut tutorial mudahnya

  • buka aplikasi microsoft excel

  • buka file excel yang telah disimpan

  • tandai rentang data dengan mengklik sel, lalu tarik ke sel-sel lain

  • klik Home, pilih Conditional Formatting

  • klik Highlights Cells Rules, pilih Duplicate Values

  • tunggu kotak baru muncul

  • tentukan format sel

  • klik OK


Jika beberapa langkah diatas telah diterapkan, akan muncul hasil seperti berikut ini

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Data yang bersih dan benar-benar siap untuk dianalisis adalah suatu kebutuhan bagi praktisi data. Dengan memiliki data yang berkualitas akan menghasilkan data yang valid dan bisa digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login