FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 37 Menit 32 Detik 

Tutorial Menggabungkan Banyak Data dengan CONCAT SQL

Belajar Data Science di Rumah 09-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d614dbae6f352d9f4fb55eb2500ca608_x_Thumbnail800.jpg

Ketika berhadapan dengan industri data, terdapat banyak fungsi string yang dapat diterapkan pada string di SQL. Terkadang, sobat DQ perlu menggabungkan atau menggabungkan dua string bersama dalam sebuah program. Penggabungan berguna untuk menggabungkan string dari sumber berbeda yang menyertakan string literal, nilai kolom, atau output dari fungsi yang ditentukan sobat DQ.

Untuk menjalankan perintah tersebut di SQL, sobat data bisa menggunakan fungsi CONCAT. Fungsi CONCAT dalam SQL adalah salah satu anggota yang paling berguna di fungsi string. Fungsi CONCAT adalah fungsi string SQL yang menyediakan untuk menggabungkan dua atau lebih dari dua ekspresi karakter menjadi satu string. 


Sebenarnya ada banyak lagi kegunaan fungsi CONCAT pada SQL. Pada artikel kali ini kita akan membahas kegunaan CONCAT untuk berbagai data beserta sintaks yang digunakan.


Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita simak bersama!


1. Bentuk Umum Formula CONCAT SQL

sql

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan variasi query CONCAT, ada baiknya kita kenalan dulu dengan bentuk persamaan dari CONCAT SQL itu sendiri. Buat kalian yang belum paham dan tahu apa itu CONCAT boleh disimak ya teman-teman.


Fungsi SQL CONCAT() merupakan singkatan dari Concatenating. Fungsi ini bertujuan untuk menggabungkan beberapa string menjadi satu buah string utuh. Penulisan syntax dasar dari fungsi CONCAT:

SELECT CONCAT(string1,string2,[string_n])from nama_table

**dengan catatan, jika salah satu string diisi dengan NULL, maka output yang dihasilkan adalah NULL.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Menggabungkan Data Numerik dengan CONCAT

Dalam SQL, kita juga dapat menggabungkan data numerik dari tabel dengan cara yang sama seperti kita menggabungkan string. Fungsi CONCAT juga dapat digunakan untuk menggabungkan nilai numerik. Cara lain untuk mengimplementasikan CONCAT untuk data numerik adalah dengan menggunakan operator CAST.


Operator ini akan mengubah data numerik ke dalam format string. Agar lebih mudah dipahami, kita akan menggabungkan angka 11, 12, dan 13. Kita bisa menggunakan script berikut ini.

#menggunakan concat
SELECT CONCAT(11,12,13)

#menggunakan cast
SELECT (CAST(11 AS VARCHAR)+CAST(12 AS VARCHAR)+CAST(13 AS VARCHAR)) as Result;


Ketika kalian menggabungkan numerik dengan fungsi CONCAT, kalian tidak perlu menggunakan tanda (+) karena hasil yang didapatkan akan berbeda.


Jika kalian menuliskan 11+12+13+14 maka akan menghasilkan 50 sebagai hasil dari penjumlahan dari operasi tersebut.


3. CONCAT dengan Data Null

Dalam SQL, null adalah penunjuk khusus yang menentukan bahwa nilai tidak ditemukan atau tidak ada. Saat menggunakan nilai null sebagai parameter fungsi CONCAT, nilai null dikonversi menjadi string kosong. Ekspresi null dalam fungsi CONCAT tidak berpengaruh pada hasil fungsi dan berperilaku seperti string kosong.


Untuk menggunakan null pada CONCAT kita bisa menggunakan sintaks berikut.

CONCAT(string_value1, null, string_value2)

Contoh sederhananya:

CONCAT ("Data", NULL, "Science")


Dari syntax di atas akan menghasilkan œData Science karena NULL akan dianggap sebagai string kosong.


4. Contoh Penggunaan Fungsi CONCAT

Contoh penggunaan fungsi CONCAT adalah misalkan kita memiliki tabel kode seperti berikut.

SQL

Kemudian, kita ingin menggabungkan langsung kedua kolom yang ada dengan fungsi CONCAT() SQL. Perintahnya adalah berikut:

SELECT CONCAT(KodeHuruf,KodeAngka) FROM kode

+----------------------------+

| CONCAT(KodeHuruf,KodeAngka)|

+----------------------------+

| AB1234                     |

| BC1567                     |

| CD0234                     |

| AB3456                     |

+----------------------------+


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Semakin dikulik lebih dalam, materi mengenai SQL akan semakin asyik. Ada berbagai macam jenis data yang dapat diproses menggunakan SQL. Oleh karena itu, jika ingin menjadi praktisi data maka skill SQL kamu harus bagus. SQL akan sangat membantu analisis data nantinya.


Tidak hanya fungsi CONCAT yang sudah dibahas, masih banyak fungsi lain yang sering digunakan untuk manajemen hingga manipulasi data.


Kamu gak perlu bingung harus belajar SQL darimana, karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab.id


Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :