PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 27 Menit 5 Detik

Tutorial Portfolio Data Science supaya Dilirik User

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-05-2023-06-30-202339_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah salah satu bidang yang paling menarik dan paling cepat berkembang dalam 10 tahun terakhir. Akibatnya, banyak program universitas, bootcamp, dan kursus online menjamur dan accessible  bagi siapa saja yang ingin masuk ke bidang data science. Kegiatan tersebut merupakan cara terbaik untuk mempelajari skill yang dibutuhkan di bidang data. Namun ketika benar-benar ingin mendapatkan role data scientist, kita harus bisa menunjukkan jika kita memiliki skill yang diperlukan arena banyak pemberi kerja mencari employee yang sudah berpengalaman langsung. Portofolio yang efektif akan membantu kita untuk menunjukkan kepada recruiter bahwa kita memiliki kemampuan yang tepat dan sesuai untuk mengisi role data scientist. 


Sebagian besar data scientist saat ini memiliki portofolio tetapi sangat sedikit yang menonjol. Jika portofolio kita terlihat terlalu umum, tidak berisi poject yang menarik, atau kurang penjelasan, akan sulit bagi pembaca untuk mengikuti dan tetap tertarik. Agar kerja keras kamu dapat diapresiasi sepenuhnya oleh audiens, berikut DQLab  bocorkan beberapa tips sederhana untuk mengubah portofolio yang bagus menjadi portofolio yang luar biasa. Penasaran? Yuk catat setiap poinnya!


1. Jadilah Otentik dan Sesuaikan Passion

Project portfolio terbaik bukanlah project yang menggunakan alat dan model terbaru atau paling kompleks. Sebaliknya, project portofolio yang paling menarik perhatian adalah project yang berasal dari tempat yang memiliki hasrat otentik. Jadikan portfolio kamu unik dalam hal mengumpulkan kumpulan data, menulis cerita yang menarik, atau membuat sesuatu ide yang menggambarkan passion kamu. Dengan begitu, pembaca akan mudah mengenali tulisan dan portfolio yang kamu buat. 

Data Science

Source: Creative Pathways Life Coaching

Project portfolio data science tidak mudah diselesaikan. Kamu akan menemui banyak hambatan, harus menangani komitmen lain, dan finishing 10% terakhir dapat terasa sangat berat. Mengerjakan sesuatu yang kamu sukai akan membantumu melewati hambatan tersebut dan pastinya project yang kamu buat akan membanggakan. 


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Bercerita

Menuangkan waktu dan semangat ke dalam sebuah project dapat menjadikan kamu menjadi seorang ahli. Namun yang terpenting, pastikan audience dapat mengikuti perjalananmu saat mengerjakan project mulai dari awal hingga akhir. Ingat, banyak orang dengan basic yang berbeda akan melihat-lihat portofolio yang kamu buat. Karena itu, cerita yang ringkas namun menawan sangat penting dalam project portfolio. 

Data Science

Source: elearning industry


3. Pamerkan Skill Teknis Tanpa Berlebihan

Project portofolio yang bagus akan menunjukkan skill teknis kamu, tetapi itu tidak berarti kamu harus menerapkan setiap keterampilan teknis yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengembangkan scraping tools yang canggih, kamu tidak perlu memperluas cakupan project kamu lebih jauh lagi untuk mengakomodasi teknik pemodelan yang canggih.

Data Science

Source: melinda jeanne mastrianni

Cara hebat lainnya untuk memamerkan keterampilan teknis adalah dengan memastikan bahwa kode yang telah kamu buat dapat dibaca dan didokumentasikan dengan baik. Pastikan setiap notes memiliki judul, penjelasan dan code yang telah kita buat dilengkapi dengan komentar di setiap function-nya. 


4. Bangun Branding Diri

Portofolio kamu bukan satu-satunya informasi yang dapat ditemukan orang. Pencarian Google kemungkinan akan memunculkan profil LinkedIn, situs web, blog, GitHub, dan media sosial lainnya. Agar portofolio kamu lebih powerful, pastikan setiap project yang kamu buat konsisten dan terhubung dengan social media lain yang kamu miliki. Kamu juga bisa menyertakan link ke portofolio di tanda tangan email dan di CV atau resume kamu. Branding pribadi yang kuat akan membantu kamu menjadi individu yang menonjol dibanding kandidat lain. 

Data Science

Source: calpins.co


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Yuk bangun portfolio kamu dengan project-project dari DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login