[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 24 Menit 36 Detik 

Tutorial Rumus Dasar Excel Lengkap dengan Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/66ebd377ad322d36bc41b33822d705a9_x_Thumbnail800.jpg

Excel memiliki banyak variasi rumus dan fungsi. Jika kita ingin meng-insert rumus pada excel, kita harus membuat excel dalam mode edit sehingga kita bisa mengetikkan tanda sama dengan ‘=’ pada cellnya. Setelah mengetikkan tanda sama dengan, kita bisa memilih fungsi apapun yang kita mau. Excel memiliki banyak pilihan rumus seperti sum, average, persentil, mean, dan lain sebagainya. Berdasarkan spesifikasi, setiap formula diletakkan di bawah menu tab seperti financial, logical, text, date & time, lookup & reference, math & trig, dan fungsi lainnya. 


Menguasai rumus dasar excel merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh seseorang saat ingin melakukan analisis data. Microsoft excel merupakan tools analisis data yang digunakan di berbagai bidang industri. Hal ini karena selain memiliki rumus dan fungsi yang beragam, produk microsoft yang satu ini juga memiliki fitur powerful, seperti membuat berbagai chart yang cantik dan bermanfaat. Rumus excel sangat beragam, mulai dari rumus dasar hingga rumus yang kompleks. Rumus-rumus excel juga bisa dikombinasikan. 


Sebelum memahami bagaimana cara mengkombinasi berbagai rumus excel, kita harus paham terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan rumus dasar excel. Pada artikel kali ini DQLab akan membahas penggunaan rumus dasar excel menggunakan contoh agar lebih mudah dipahami.


1. Rumus SUM

Ada berbagai cara untuk menggunakan rumus SUM. Kita bisa menggunakan tanda tambah ‘+’ untuk tiap cell yang ingin dijumlahkan, atau menggunakan rumus SUM pada fitur autosum atau pada menu formula. Namun, cara paling mudah untuk menggunakan rumus SUM adalah dengan menuliskan =SUM(drag_cell_yang_ingin_dijumlahkan). Agar lebih mudah, coba perhatikan gambar berikut ini.


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus MIN dan MAX

Rumus MIN dan MAX pada excel digunakan untuk mencari berapa nilai terkecil dan terbesar dari kumpulan data. Rumus ini biasanya digunakan apabila kumpulan data berukuran besar dan nilainya cukup mirip. Untuk menggunakan rumus MIN kita cukup tuliskan =MIN(Range_cell) dan untuk menggunakan rumus MAX, kita cukup menuliskan =MAX(Range_cell). Yuk perhatikan gambar di bawah ini!


excel


3. Rumus AVERAGE

Rumus AVERAGE merupakan rumus yang digunakan untuk mencari rata-rata pada suatu dataset. Secara matematis, rumus average atau mean ini didefinisikan sebagai total data dibagi banyaknya data. Namun, jika menggunakan excel kita tidak perlu menghitung satu persatu, cukup tulis =AVERAGE(range_data) maka nilai rata-rata atau mean yang kita perlukan akan muncul. Coba perhatikan gambar berikut ini!

excel


4. Rumus COUNT

Rumus COUNT adalah rumus pada excel yang digunakan untuk menghitung berapa banyak data pada sebuah data cell. Untuk beginner, rumus ini mungkin sedikit membingungkan karena fungsinya hampir sama dengan rumus SUM yaitu untuk menjumlahkan. Bedanya, COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya cell pada spreadsheet sedangkan SUM digunakan untuk menjumlahkan total angka di setiap cell. Agar tahu bedanya, yuk simak gambar di bawah ini!


python


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Praktik Excel di Berbagai Bidang Industri

Sudah paham bagaimana cara menggunakan rumus excel, tapi masih bingung bagaimana praktiknya dalam dunia industri? Yuk belajar praktek excel bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul yang berisi latihan menggunakan excel dengan berbagai study case menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri. Dengan begitu kita juga bisa mempelajari bagaimana cara menghandle data yang sesungguhnya. Klik button di bawah ini untuk mengakses modul excel gratis dari DQLab dan nikmati serunya belajar excel dengan banyak berlatih. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!