PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 14 Menit 41 Detik 

Bocoran Rumus Excel VLOOKUP dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/46ddcdfd5745194b7b1fd3c796b3b1fd_x_Thumbnail800.jpg

Excel mungkin sering dianggap ringan dan mudah sehingga tak sedikit orang yang juga mengabaikan untuk mempelajari lebih dalam Excel. Padahal seperti yang sudah disinggung di atas bahwa Excel memiliki banyak rumus dan juga fungsi yang powerfull dan sangat penting dan bermanfaat di dunia pekerjaan. VLOOKUP merupakan salah satu contoh rumus excel yang digunakan untuk mencari data tertentu dalam kolom yang disebut table array, setelah data yang dicari ditemukan, maka nilai akan dikembalikan di kolom yang berbeda dalam baris yang sama. 


Dalam VLOOKUP terdiri dari empat komponen yaitu, nilai yang ingin kita cari, range dimana nilai itu akan kita temukan dan nilai akan dikembalikan, jumlah kolom pada range yang telah ditentukan yang berisi nilai yang dikembalikan, dan nilai false (0) untuk kecocokan persis dengan nilai yang kita cari serta true (1) untuk perkiraan kecocokan. Lantas bagaimana cara kerja dari vlookup ini? Jangan khawatir karena artikel ini akan membahas tentang pengenalan vlookup beserta cara penggunaan rumus dasar vlookup untuk mencari data yang sama. Jadi, simak terus artikel ini ya!


1. Yuk, Kenalan dengan Vlookup

VLOOKUP (pencarian vertikal) merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom yang disebut table array, setelah data yang dicari ditemukan, maka nilai akan dikembalikan di kolom yang berbeda dalam baris yang sama. Dalam VLOOKUP terdiri dari empat komponen yaitu, nilai yang ingin kita cari, range dimana nilai itu akan kita temukan dan nilai akan dikembalikan, jumlah kolom pada range yang telah ditentukan yang berisi nilai yang dikembalikan, dan nilai false (0) untuk kecocokan persis dengan nilai yang kita cari serta true (1) untuk perkiraan kecocokan.


Syntax :

=VLOOKUP(value, range ,nomor_kolom,[true or false])


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Eksplor Data dengan Vlookup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa fungsi vlookup memiliki empat komponen yaitu: nilai yang ingin dicari, yaitu nilai yang akan kamu cari pada kolom pertama sebuah tabel yang berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Yang kedua ada tabel referensi, yang terdiri dari 2 kolom atau lebih dimana nilai yang dicari tadi berada pada kolom pertama tabel data ini. Yang ketiga, ada nomor kolom yang merupakan nomor dari kolom yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi nilai yang dicari pada kolom pertama, dan yang terakhir adalah range lookup yang diisi dengan nilai boolean yaitu true atau false. Fungsi Vlookup nantinya, mungkin anda perlu untuk menggabungkan data dari sel manapun di baris yang sama secara bersamaan di satu titik. Misalnya, anda memiliki data nomor kantor cabang dan anda perlu mengetahui karyawan mana yang ada di setiap kantor.


3. Bagaimana Cara Mencari Data yang Sama dengan Vlookup?

Sebelum kita mulai tentang cara mencari data yang sama dengan vlookup ada baiknya jika kamu membuat contoh data pada tabel excel berikut ini, agar kamu lebih memahaminya:

  • Buat kolom dummy 1 di samping tabel data seperti gambar di bawah ini.

  • Kemudian buat kolom dummy 2 sebagai kata kunci yang akan kita cari

  • Terapkan rumus Vlookup pada kolom harga di tabel 2


4. Trik Copy Paste Rumus Vlookup dengan Autofill

Ketika kamu menggunakan Vlookup, kamu tidak bisa sembarangan autofill ataupun copy paste rumus. Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa ketika berurusan dengan rumus excel, autofill atau copy-paste biasa dilakukan untuk mempercepat pekerjaan tanpa perlu mengulang penulisan rumus. Lantas, bagaimana cara kita bisa mempercepat pekerjaan tanpa terjadinya masalah ? Solusinya, adalah dengan mengubah cell reference argument table_array menjadi absolute reference (simbol dollar $) atau menggunakan fitur tabel bernama. Dengan menggunakan format tabel bernama, maka ketika autofill/copy-paste rumus pada argument table_array tidak akan berubah. Sementara absolute reference ($) akan mengunci kolom sesuai penempatan lambang dolarnya.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Rumus Vlookup Excel dan Lainnya Bersama DQLab! 

Selain itu juga di modul excel kamu juga dapat menikmati materi data cleaning menggunakan microsoft excel juga. Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :