Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tutorial Simple Cara Membuat Tabel di Excel

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ea6696d06e7af8e23e72edadb1ce3064_x_Thumbnail800.jpg

Seperti yang kita ketahui, Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah angka yang populer di kalangan data analyst maupun bidang industri data. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang umumnya membutuhkan rumus hitungan ataupun pengolahan data dengan berbagai fitur pendukung lainnya. Seperti contoh, Microsoft Excel dapat digunakan untuk membuat tabel hingga menghitung angka. Manfaat membuat tabel pada excel adalah mempermudah dalam mengolah dan menganalisa data yang kita miliki. Seperti untuk melakukan aktivitas pengurutan (sort), memfilter, mempercantik tampilan serta mempermudah dalam penulisan serta menggunakan rumus-rumus excel. Membuat tabel di excel ini bukan hanya sekedar memberikan border atau garis-garis pembatas pada sebuah range data. Namun benar-benar menjadikan sebuah range data sebagai sebuah format tabel menggunakan table tools yang telah disediakan oleh Microsoft Excel. Penyajian tabel dapat memuat informasi berupa teks, karakter atau angka yang tersusun secara sistematis pada sejumlah baris dan kolom sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dipahami keterkaitan isinya.


Meskipun Microsoft Excel sudah disediakan tabel-tabel, namun jangan salah kalian bisa mengubah formatnya dari tabel biasa polosan menjadi tabel yang menarik dan rapi. Dengan penggunaan format tabel yang sesuai pada excel, kalian dapat mudah untuk menambahkan baris-baris data tanpa mengubah referensi tabel serta secara otomatis akan menyesuaikan desain dan rumus excel yang sudah ada. Selain itu, ketika tabel kalian sudah dibuat maka dapat juga menambahkan fitur filter dan subtotal agar dapat melakukan analisis dan pengolahan data dengan mudah dan terstruktur. Sebenarnya, prinsip dari Cara membuat tabel di Excel 2007 sebenarnya hampir sama dengan cara buat tabel di Microsoft Excel versi 2003. Begitu pula untuk versi microsoft excel 2010, 2013 atau Excel 2016. Hanya saja kalian dapat menggunakan berbagai macam cara untuk membuat sebuah tabel di Microsoft Excel. Lantas bagaimana caranya membuat tabel di excel? Bagi kalian para pemula di bidang data pastikan kalian simak ya! Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Excel. Dengan membuat tabel di Excel kalian juga bisa dengan mudah menerapkan berbagai macam desain atau gaya tabel yang berbeda-beda sesuai dengan yang anda inginkan. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1.Manfaat Penggunaan Tabel dalam Excel 

Table adalah salah satu fitur Excel yang mana dapat digunakan untuk mengatur dan menganalisis data dari tabel, Adapun manfaat dari adanya penggunaan tabel dalam Excel yaitu dapat memadukan berbagai macam desain sesuai dengan keinginan user. Anda akan dengan mudah bisa menambahkan baris-baris data tanpa mengubah referensi tabel serta secara otomatis akan menyesuaikan desain dan rumus excel yang sudah ada. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan filter yang sekiranya tabel manakah yang ingin kalian munculkan untuk mempermudah analisis data.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Membuat Tabel dengan Menu Insert Table

Berikut merupakan Langkah-langkah untuk membuat tabel di excel menggunakan perintah Insert Table adalah sebagai berikut:


  • Seleksi rentang data yang ingin Anda ubah menjadi tabel

  • Klik insert terus pilih tabel. Cara cepatnya kalian bisa menggunakan shortcut tombol CTRL+T 

  • Nantinya akan muncul option box atau kotak pilihan Create Table

  • Pastikan rentang sel atau range data yang ingin dijadikan tabel sudah benar

  • Jika tabel ingin dibuat judul kolom atau headers maka centang bagian "My table has headers". Jika tidak dicentang maka di bagian atas tabel yang Anda buat akan muncul sebuah header baru dengan nama Column1, Column2 dan seterusnya. Nama-nama header tabel ini bisa Anda ubah.

  • Klik OK dan Selesai. Sebuah tabel baru telah muncul di lembar kerja Excel Anda


3.Membuat Tabel dengan Menu Format As Table

Cara kedua untuk mengkonversi range data menjadi tabel excel adalah dengan menggunakan Menu Format as Table. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Seleksi atau pilih rentang data yang ingin Anda jadikan tabel.

  • Pada Tab Home dan bagian Group Style pilih menu "Format as Table"

  • Pilih salah satu desain tabel yang Anda kehendaki

  • Nantinya akan muncul option box atau kotak pilihan Create Table

  • Pastikan rentang sel atau range data yang ingin dijadikan tabel sudah benar

  • Jika tabel ingin dibuat judul kolom atau headers maka centang bagian "My table has headers". Jika tidak dicentang maka di bagian atas tabel yang Anda buat akan muncul sebuah header baru dengan nama Column1, Column2 dan seterusnya. Nama-nama header tabel ini bisa Anda ubah.

  • Klik OK dan Selesai. Sebuah tabel baru telah muncul di lembar kerja Excel Anda


4.Pilih Desain Sesukamu dengan Table Style Options

Agar penyajian tabel yang telah kalian buat lebih kece dan keren, kalian bisa menambahkan desain sesuka kamu dengan pilihan warna yang tersedia. Berikut adalah tampilan menu table style options


Keterangan:

  • First Column and Last Column: Jika dipilih, maka isi kolom dan bagian kepala pertama dan terakhir akan dicetak tebal.

  • Banded Columns: Pilih desain ini jika ingin penampilan warna kolom selang-seling. Jika ingin menampilkan kolom yang seragam.

  • Header Row: Silahkan centang pilihan desain ini, agar nama kolom ditempatkan pada sel atas kelompok data.

  • Banded Rows: Desain ini untuk memunculkan warna selang-seling di bagian baris. Kamu juga bisa menghapus centang desain ini untuk memunculkan baris dalam warna yang seragam.

  • Total Row: Fungsinya yaitu untuk menambahkan baris di bagian bawah tabel yang akan menunjukkan jumlah baris kolom yang ada di bagian kanan.

  • Filter Button: Jika memilihnya, maka kotak drop-down akan diletakkan di setiap kepala kolom. Dengan begitu, kita akan mudah mengubah tampilan data pada kolom yang dibuat.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5.Ingin Belajar Excel Yang Tidak Membosankan? Cobain Basic Test Excelnya Sekarang!

Mempelajari dan menguasai Excel adalah suatu pondasi yang perlu dimiliki seorang calon praktisi data. Dengan mempelajari Excel, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah. Apalagi sekarang ini, Excel digunakan di hampir seluruh bidang industri manapun. Bahkan era saat ini, Microsoft Excel menjadi salah satu persyaratan wajib dunia kerja dan skill yang harus kalian perdalam sedari sekarang.


Jika kamu penasaran dengan rumus-rumus dasar Excel dan penerapan rumus lainnya, kamu bisa loh untuk coba buat akun gratis dengan DQLab.id atau bisa klik button dibawah yap. Nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan cobain basic test untuk menguji kemampuan excel kamu dan cobain modul platinum DQLab Excel yang bisa kamu akses selamanya. Jadi gausah perlu bingung dan jangan sampai ketinggalan lagi yaaaa. Persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten dengan menguasai excel!




Penulis: Reyvan Maulid

Editor: Annissa Widya



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!