PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 27 Menit 57 Detik

Upgrade Skill Baru dengan Roadmap Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 06-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-04-2024-02-16-195204_x_Thumbnail800.jpg

Dengan munculnya big data ini membuat banyak sekali lapangan kerja untuk praktisi data khususnya data engineer. Hal ini karena perusahaan membutuhkan profesi ini untuk mengumpulkan dan juga mengelola data mereka dalam jumlah yang cukup besar. Data engineer ini adalah salah satu pekerja data yang memiliki tugas untuk menyiapkan data untuk penggunaan analitik. 


Nah, untuk menjadi seorang data engineer, kalian tidak harus memiliki latar belakang pendidikan IT. Kalian bisa mencoba mendalami bidang data engineer ini walaupun kalian belum memiliki pengalaman atau pun memiliki latar pendidikan tertentu. Salah satu hal yang perlu kalian perhatikan adalah melihat roadmap untuk menjadi data engineer itu sendiri.


Nah, pada artikel kali ini kita akan mengupas tuntas apa-apa saja roadmap untuk menjadi seorang data engineer. Yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Mempelajari Bahasa Pemrograman

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mempelajari bahasa pemrograman baik dalam segi teori maupun dalam segi prakteknya. Ada beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan data engineer seperti Python, SQL, Java, R, dan lainnya. Python dan juga R merupakan bahasa pemrograman yang sangat umum digunakan dalam mengembangkan sebuah web, system scripting, dan juga manajemen data.


Data Engineer Data Engineer


Kedua bahasa ini dipilih karena memiliki banyak sekali library yang dapat digunakan untuk mengolah data. Untuk Java sendiri biasanya digunakan oleh data engineer untuk memproses data dengan performa yang lebih maksimal dan juga biasa digunakan untuk membangun sistem big data. Selain itu, seorang data engineer juga harus mempelajari SQL yang digunakan untuk mengelola database. 


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memahami Data Processing

Data processing adalah salah satu proses mengubah data mentah menjadi bentuk data yang bisa dianalisis. Tools data engineer yang sering digunakan untuk data processing adalah Apache Spark. Kalian bisa memulai mempelajari teknik data processing dengan mengetahui terlebih dahulu asal data, melakukan pemrosesan lebih lanjut, lalu barulah hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam database.


3. Mengetahui Sistem Operasi dan Manajemen File

Untuk menjadi seorang data engineer kalian juga perlu mengetahui sistem operasi apa saja yang digunakan dan juga manajemen file dalam sistem operasi tersebut. Contohnya seperti manajemen file dalam sistem operasi Linux yaitu ls, cp, cd, rm, dan lain sebagainya. Sistem operasi dan juga manajemen file ini adalah dua hal yang sangat penting dalam dunia data maupun pemrograman.


Dengan memiliki pemahaman dan penguasaan sistem operasi dan juga manajemen file, akan membantu kalian untuk berinteraksi dengan sistem komputer, mengelola berkas dan data, dan juga menuliskan program yang lebih efisien dan efektif dalam menjalankan tugas-tugas tertentu.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Mempelajari Cloud Computing

Selain itu jika kalian berminat menjadi seorang data engineer kalian harus mempelajari apa itu cloud computing. Hal ini karena perusahaan akan memiliki jumlah data yang besar, maka dari itu data engineer harus mampu dan paham bagaimana cara mengoperasikan platform cloud computing untuk menyimpan big data tersebut.


Salah satu keuntungan dari cloud computing ini adalah mampu memusatkan kekuatan pemrosesan dan juga memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data dalam jumlah yang tidak terbatas. Ada beberapa tools cloud computing yang cukup populer seperti Microsoft Azure, Google Cloud, dan juga Amazon Web Service.

Data Engineer




Data Engineer

Yuk, sambut tahun baru dengan semangat belajar baru untuk mulai berkarir di bidang data sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login