LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 53 Menit 11 Detik

Urgensi Pelatihan Data Analyst untuk Karir

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/172ce192-f2eb-489e-800b-98ea932e4deb-2023-06-07-172442_x_Thumbnail800.jpeg

Di era digital yang terus berkembang, data telah menjadi aset berharga bagi perusahaan di berbagai industri. Data analyst merupakan sosok penting yang kerap dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab seorang data analyst merupakan elemen kunci dalam menggali wawasan berharga dari data bisnis. Mereka memiliki kemampuan untuk mengolah dan menganalisis data dengan cermat. Kemampuan yang dimiliki oleh data analyst pada umumnya tidak dapat dimiliki oleh orang lain kalau orang tersebut tidak belajar dan menekuni serius skill yang menunjang pekerjaannya. Maka dari itu, salah satu jalan pintasnya adalah dengan mengikuti pelatihan data analyst.


Pelatihan data analyst merupakan salah satu jalan pintas agar pemula data bisa mengejar karir impiannya di bidang data. Tidak hanya itu, pelatihan data analyst juga dinilai sebagai program yang bisa diambil apabila ingin melakukan percepatan karir menuju jabatan yang lebih tinggi. Sekarang ini, banyak lembaga yang mulai menawarkan pelatihan bersertifikasi agar keterampilannya dapat diakui oleh industri. Tentunya jika kesempatan ini tidak dimanfaatkan dengan baik, justru akan merugi dan susah untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Nah, terus apa sih urgensinya dan kenapa seseorang perlu ikut pelatihan data analyst? Jawabannya bisa ditemukan lewat artikel berikut ini sahabat DQLab!


1. Mengembangkan Keahlian yang Relevan

Pelatihan data analyst membantu Anda mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk sukses di bidang ini. Anda akan belajar tentang metodologi analisis data, alat-alat yang digunakan dalam analisis, dan teknik pemodelan data. Pelatihan ini memberikan landasan yang kokoh bagi Anda untuk memahami konsep-konsep penting dalam analisis data. Anda juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang statistik, pemrosesan data, dan cara menggunakan alat analisis seperti Python, R, SQL, dan platform analisis data seperti Tableau.

Data Analyst

Selain itu, pelatihan ini akan memperkenalkan Anda pada praktik terbaik dalam pengolahan dan interpretasi data. Anda akan belajar bagaimana mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan penting dari data bisnis. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi perusahaan Anda.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Meningkatkan Nilai di Pasar Kerja

Permintaan akan professional data analyst terus meningkat. Perusahaan dari berbagai sektor menghargai keahlian dalam data analisis, karena mereka menyadari potensi yang terkandung dalam data mereka. Dengan memiliki pelatihan yang relevan, Anda akan menjadi lebih bernilai di pasar kerja. Anda akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan dibandingkan dengan pesaing Anda yang tidak memiliki pelatihan yang sama.

Data Analyst

Pelatihan data analyst memungkinkan Anda memasuki berbagai industri, termasuk keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasi. Anda akan memiliki fleksibilitas untuk memilih jalur karir yang paling sesuai dengan minat dan ambisi Anda. Peluang karir yang luas ini membuka pintu bagi pengembangan karir yang sukses dan memberikan peluang untuk promosi dan tanggung jawab yang lebih besar.


3. Menghasilkan Insight yang Valuable

Salah satu keuntungan utama dari pelatihan data analyst adalah kemampuan untuk menghasilkan wawasan berharga dari data bisnis. Dalam dunia bisnis yang didorong oleh data, wawasan yang dapat diperoleh dari analisis data menjadi sangat berharga. Dengan pelatihan yang tepat, Anda akan mampu mengidentifikasi pola, trend, dan wawasan yang mungkin tersembunyi dalam data. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk memberikan rekomendasi dan solusi berdasarkan temuan Anda, yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan secara signifikan.

Data Analyst

Kemampuan untuk mengkomunikasikan wawasan ini secara efektif juga merupakan aspek penting dari pelatihan data analyst. Anda akan belajar cara menyajikan temuan analisis Anda dengan cara yang mudah dipahami oleh pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. Kemampuan komunikasi yang kuat ini akan membuat Anda menjadi pemimpin yang efektif dalam organisasi Anda.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Update Tren dan Perkembangan Teknologi

Pelatihan data analyst juga memungkinkan Anda untuk mengikuti tren dan inovasi terbaru dalam bidang data analisis. Dalam lingkungan teknologi yang terus berkembang, alat-alat dan teknik analisis data terus berubah dan diperbarui. Dengan mengikuti pelatihan terkini, Anda akan dapat mempelajari teknologi dan praktik terbaru yang relevan dengan data analisis. Ini memungkinkan Anda untuk tetap up-to-date dengan tren industri dan memanfaatkannya dalam pekerjaan Anda. Kemampuan untuk memanfaatkan teknologi terbaru juga akan memberikan Anda keunggulan kompetitif dan membuat Anda tetap relevan di pasar kerja.


Pelatihan data analyst adalah langkah penting dalam percepatan karir di bidang data analisis. Dengan mengembangkan keahlian yang relevan, Anda akan menjadi lebih kompeten dalam tugas-tugas yang terkait dengan analisis data. Pelatihan ini meningkatkan nilai Anda di pasar kerja dan membuka pintu untuk berbagai peluang karir yang menguntungkan.


Pelatihan data analyst dapat dikatakan menjadi salah satu jembatan bagi seseorang untuk mencapai keinginannya berprofesi dalam dunia data. Kalian dapat mencoba salah satu media pelatihan data analyst yaitu DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login