FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 31 Menit 13 Detik 

Variasi Penggunaan Query CONCAT SQL dalam SQL Server

Belajar Data Science di Rumah 02-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e22b0e59770da3287b061b5ee663c325_x_Thumbnail800.png

Mendengar fungsi CONCAT dalam bahasa pemrograman SQL sepertinya tidak asing. Betapa tidak, fungsi CONCAT SQL ini sejatinya mirip dengan fungsi teks yang ada di dalam Microsoft Excel sahabat DQ. Cuma kalau di Microsoft Excel ini namanya adalah CONCATENATE.


Yap, CONCAT dalam bahasa SQL lebih sering diaplikasikan untuk melakukan penggabungan dari fungsi karakter. Pada prinsipnya, fungsi CONCAT merupakan salah satu query yang digunakan untuk character expressions dengan satu atau lebih karakter yang ingin kita gabungkan. . 


Perintah CONCAT dalam bahasa SQL bisa diaplikasikan melalui SQL Server dan support di semua produk turunan bahasa SQL lainnya seperti MySQL, Azure SQL dan lain-lainnya. Penggunaan query dalam CONCAT SQL memiliki beberapa variasi dan sintaks yang bisa kalian gunakan.


Kalian bisa mulai dengan memahami bentuk persamaan fungsi CONCAT secara sederhana hingga dalam tahap pengaplikasian seperti ekspresi angka dan lain-lainnya. 


Kalian pasti penasaran dong bagaimana caranya penulisan query yang benar untuk fungsi ini. Hanya dengan satu kali kita mengetikkan query perintah CONCAT SQL sudah beres loh teman-teman. Simak artikelnya berikut yuk biar kita sama-sama belajar bareng ya sahabat DQLab!


1. Bentuk Umum Formula CONCAT SQL

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan variasi query CONCAT, ada baiknya kita kenalan dulu dengan bentuk persamaan dari CONCAT SQL itu sendiri. Buat kalian yang belum paham dan tahu apa itu CONCAT boleh disimak ya teman-teman

CONCAT ( string_value1, string_value2 [, string_valueN ] )


Note:

string_value: query ini digunakan untuk nilai string yang digabungkan dengan nilai lainnya. Dalam fungsi CONCAT sendiri setidaknya membutuhkan dua argumen. Namun dua argumen sendiri ada ketentuannya. Terdapat string_value dan satu argumen yang karakternya tidak lebih dari 254 parameter. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2.Variasi Query Formula CONCAT SQL

Lanjut kita masuk ke variasi penggunaan query CONCAT SQL. Nah disini biar kita lebih jelas, mimin berikan contoh langsung ya dengan menggunakan CONCAT SQL. 

Contoh Fungsi CONCAT dengan data string (character)


Misalnya kita ingin melakukan penggabungan dua kata. Kata pertama yaitu Think. Sedangkan kata kedua adalah kata Green. Nah, tugas kalian disuruh untuk menggabungkan kedua kata tersebut. Caranya mudah banget dong sahabat DQ. Kalian tinggal mengimplementasikan fungsi CONCAT untuk melakukan penggabungan kedua kata. Berikut adalah query yang bisa kalian tuliskan.

sql

Berikut adalah hasil output penggabungan dengan fungsi CONCAT SQL:

sql

Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan output di atas, Fungsi CONCAT berhasil menggabungkan kedua karakter tersebut(dua string). Kata pertama yaitu Think dan kata kedua adalah Green sehingga jika digabung menjadi Thinkgreen.


3. Penggunaan Query CONCAT SQL Dengan Null Value

Selanjutnya adalah penggunaan Query CONCAT SQL dengan NULL Values. Pada kasus ini terdapat nilai NULL atau field tanpa nilai alias kosong. Nilai NULL memiliki perbedaan dengan nilai Nol. Jika nilai nol ini mereka masih mengandung nilai.


Sedangkan nilai NULL adalah sebuah kolom yang dibiarkan kosong. Nilai NULL tetap bisa dilakukan pengujian dengan query CONCAT SQL. Caranya kalian bisa ikuti query dibawah ini.

sql


Disini ada tiga komponen yang diisikan dalam kasus ini. Ada kolom Name, NULL, Lastname. Disini kita akan melakukan penggabungan dengan cara CONCAT SQL menggunakan NULL values. Berikut adalah hasil penggabungannya

SQL

Dapat disimpulkan melalui output diatas bahwa dengan menggunakan fungsi NULL tetap bisa dilakukan. Sebab pada field Name dan Lastname bisa berhasil join walaupun menggunakan NULL values.


4. Penggunaan Query CONCAT SQL Dengan Angka

Variasi terakhit yang biasanya digunakan untuk Query CONCAT SQL adalah dengan angka. Jadi, query CONCAT SQL tidak melulu dipakai pada penggabungan karakter saja ataupun string. Query CONCAT SQL juga dipakai dalam numerical expressions atau ekspresi angka. Disini kita akan melakukan simulasi terhadap query CONCAT pada deretan angka yang telah disediakan.


Berikut adalah contohnya:

sql

Disediakan tiga angka berjajar yaitu 11, 33 dan 99. Anda diminta untuk melakukan penggabungan terhadap angka tersebut.

Berikut adalah hasil output penggabungan dengan fungsi CONCAT SQL:

sql

Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan output di atas, Fungsi CONCAT berhasil menggabungkan ketiga angka tersebut.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Selain penggunaan query yang telah dijelaskan dalam artikel ini, ternyata masih banyak penerapan query SQL lainnya. Apakah kalian tertarik dan pengen belajar-belajar lebih banyak nih soal SQL? Kebetulan banget nih sahabat DQ, DQLab kini menyediakan modul SQL pun yang pastinya bisa kalian coba. Dijamin pengetahuan soal query SQL kamu bertambah dan makin jago dong pastinya!


Belajar SQL di DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti dapat belajar secara live code, tersedia berbagai macam modul dengan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda, serta tersedia ebook yang dapat diakses dengan gratis sebagai referensi tambahan dalam belajar. 


Tunggu apa lagi? Yuk signup melalui form dibawah ini sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :