TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 20 Menit 7 Detik 

Visualisasi 3D Maps Dengan Excel, Yuk Coba Sekarang

Belajar Data Science di Rumah 08-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ecb2a0d305d743427587037b3c235d7a_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan software yang berbentuk spreadsheet. Software ini bisa digunakan untuk melakukan pengolahan data, yang meliputi perhitungan dasar, manajemen data, hingga membuat visualisasi. Tapi siapa sangka, ternyata Excel juga mampu untuk membuat visualisasi data yang berbentuk 3D Maps. Namun sayangnya, fitur ini baru ditambahkan saat peluncuran Microsoft Office 2016, sehingga untuk yang memiliki Excel di bawah 2016 masih belum bisa menggunakan fitur ini.

Fitur 3D Maps membuktikan ternyata jika Excel dieksplor lebih jauh, Excel tidak kalah powerfull dibandingkan tools analisis data lainnya. Jika selama ini kita hanya mengetahui visualisasi yang berbentuk bar chart, pie chart, line chart, dan chat lainnya yang ada di menu chart, maka sudah saatnya kita mencoba visualisasi yang berbentuk 3D Maps. Visualisasi ini akan sangat berguna bagi orang yang bekerja dengan data geospasial. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai fitur 3D Maps secara lebih lengkap. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Kenapa Visualisasi Data Penting?

Visualisasi data merupakan tampilan berupa visual yang berbentuk grafis. Modern ini, visualisasi data akan sangat memudahkan bagi orang-orang yang bekerja dengan big data karena bisa mempersingkat waktu untuk memahami data yang ada. Visualisasi data ini tidak hanya bisa masuk di satu bidang, namun juga bisa ke semua bidang. Ada banyak chart yang bisa digunakan untuk melakukan visualisasi data, kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Syarat Melakukan Visualisasi

Untuk melakukan visualisasi data, hal yang harus diperhatikan adalah hasil visualisasi dapat dibedakan dan dikenali serta dapat terbaca. Kita bisa menambahkan angka di grafiknya, jika grafiknya terlihat mirip dan ambigu. Hal lain yang harus diperhatikan adalah kita harus menggunakan bentuk visualisasi yang tepat. Misalkan kita memiliki data yang berhubungan dengan waktu, maka agar trend nya bisa terlihat, kita bisa menggunakan line chart, atau ketika kita memiliki data longitude dan latitude kita bisa menggunakan maps. Kita perlu mengeksplorasi lebih jauh agar memahami bentuk visualisasi seperti apa yang cocok untuk data yang kita miliki.

3. Kenali Fitur 3D Maps Pada Excel

Fitur 3D Maps yang ada pada Microsoft Excel merupakan alat visualisasi data tiga dimensi yang memungkinkan kita untuk melihat informasi dengan cara terbaru dan lebih menyenangkan. Jika selama ini kita hanya bisa melihat visualisasi yang berbentuk 2D (dua dimensi), tentu saja fitur baru ini akan memberikan sensasi yang lain. Dengan fitur ini, kita bisa memplot data geografis yang ada di bola dunia 3D. Kita bisa membuat tur visual yang ternyata bisa dibagikan dengan orang lain.

4. Hal yang Dibutuhkan untuk Menggunakan 3D Maps di Excel

Untuk kamu pengguna Excel 2013, tenang saja karena kamu juga bisa menggunakan fitur ini dengan cara mengaktifkan dan menginstall add-ins Power Map Excel 2013. Sebelum menggunakannya, tentu kita harus menyiapkan data yang dibutuhkan. Karena akan berbentuk peta, maka kita akan membutuhkan data longitude dan juga latitude. Selain itu agar peta menjadi lebih mudah terbaca, kita juga bisa menambahkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan seterusnya. Setelah add-ins berhasil diinstall, kita bisa memilih 3D Maps yang ada di Menu Insert dan di bagian chart. Ikuti langkahnya dan masukkan hal-hal yang dibutuhkan. Setelah itu kita akan mendapatkan hasil visualisasi yang berbentuk maps.

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

5. Belajar Excel Bareng DQLab, Yuk!

Wah, kayaknya pembelajaran dengan Excel terlihat semakin seru ya! Siapa sangka Excel bisa menjadi sangat powerfull dan tidak kalah dengan tools pengolahan data lainnya. Ternyata kita hanya perlu usaha lebih untuk mengeksplor tools pengolahan data yang kita miliki. Sekarang, kamu juga bisa belajar Excel di DQLab, loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul platinum yang ada di DQLab, disana akan dijelaskan Excel dari yang sangat dasar hingga ke level yang cukup rumit. Nah, tunggu apalagi? Yuk buruan daftarkan akun mu dan mulai belajar Excel!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!