TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 23 Menit 24 Detik

Wajib Kuasai Excel untuk Fondasi Karir

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b8b144f3684482a017c39ceafd92da3a_x_Thumbnail800.jpeg

Pasti kalian sudah tidak asing dengan salah software milik microsoft ini, yaitu microsoft. Sebuah software yang memudahkan kita dalam mengolah sebuah data. Microsoft Excel ini adalah sebuah software yang berbentuk spreadsheet yang biasa digunakan untuk memproses pengolahan data. Bagi beberapa orang yang akan memasuki dunia pekerjaan maka harus mengetahui seberapa pentingnya excel ini dalam pondasi karir orang tersebut. Karena kemampuan menggunakan software ini memanglah harus dimiliki oleh para karyawan di zaman sekarang.


Microsoft Excel ini adalah sebuah software yang memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya. Aplikasi ini juga sering digunakan sebagai alat perhitungan matematika, melakukan analisis dan juga riset harga, membuat sebuah grafik, melakukan perhitungan statistik, dan masih banyak lagi manfaat di dalamnya. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas pentingnya excel sebagai pondasi karir kita. 


1. Terpakai Di dunia pekerjaan

Salah satu alasan pentingnya excel untuk pondasi karir adalah terpakai di dunia pekerjaan. Karena semua perusahaan pasti sudah memakai teknologi ini untuk mengolah data perusahaan mereka. Jadi hampir tidak ada perusahaan yang tidak memakai teknologi ini karena teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas kerja dari perusahaan tersebut. Selain itu excel juga dapat dipakai untuk para tenaga pengajar karena dapat dipakai untuk menginput data siswa, nilai, maupun menyusun jadwal pembelajaran. Dan masih banyak lagi, yang pasti hampir semua bidang sudah memakai excel ini dalam proses pengolahan data mereka.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Banyak Dibutuhkan

Masih ada beberapa statement bahwa memiliki skill excel hanya berguna bagi mereka yang bekerja di bidang administrasi saja. Padahal masih banyak profesi-profesi lainnya yang membutuhkan skill excel ini. Profesinya mulai dari Data Analyst, Finance and Accounting, Project Managers, sampai Engineering, membutuhkan skill excel yang mumpuni untuk melakukan analisis datanya. jadi bagi seorang excel expert atau yang sudah memiliki sertifikasi dari microsoft office specialist, pasti skill excelnya tidak hanya menjalankan rumus-rumus seperti Sum, SumIf, dan juga Average. Mereka sudah memakai fungsi-fungsi yang tingkatannya sudah advance seperti custom business templates, inventory schedule, amortization tables, data entry logs, dan lain sebagainya.


3. Memudahkan Visualisasi Data

Pada saat kita bekerja di sebuah perusahaan, proses analisis data adalah sebuah bagian yang penting, karena setelah menganalisis data, pastinya seorang analisis perlu melaporkan hasil yang mereka peroleh. Pada penyampaian hasil analisis ini pastinya belum tentu dapat dipahami oleh sebagian orang, terutama pada orang yang masih awam dengan dunia perdataan. Oleh karena itu dibutuhkan platform untuk memvisualisasikan data ini dalam bentuk yang lebih mudah, caranya adalah dengan menggunakan media Microsoft Excel ini. Jadi excel menyediakan berbagai macam jenis dan pilihan grafik yang bisa kalian pakai untuk memvisualisasikan hasil analisis kalian.


4. Membuat Proses Kerja Lebih Efisien

Seperti yang kita tahu, setiap hari teknologi terus berkembang dan dalam hal keseharian kita pun sudah pasti beriringan dengan kecanggihan teknologi ini. Salah satu contohnya adalah kita sering mendapati informasi melalui media digital. Untuk dapat memudahkannya, proses tindak lanjut dari data ataupun informasi perlu dikerjakan dengan bantuan sebuah software, salah satunya adalah Excel ini. Penggunaan Excel ini juga sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi beberapa orang terutama yang kesehariannya berkaitan dengan pengolahan data. Jadi Microsoft ini termasuk kedalam software yang mudah untuk dipelajari dan juga sudah cukup familiar bagi kebanyakan orang. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Excel


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 

 


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :