2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 21 Menit 37 Detik

Wajib Pahami Domain Bisnis Sebagai Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-02-2024-05-04-090821_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai salah satu posisi yang memiliki posisi penting dalam perusahaan, Data Scientist perlu memahami tugas-tugas utama yang melibatkan pemahaman mendalam terhadap data dan kemampuan untuk mengambil insight yang berharga dari data tersebut. Salah satu nya adalah pemahaman yang kuat terhadap domain bisnis tempat mereka bekerja. Hal ini bisa menjadi kunci keberhasilan dalam menghasilkan insight yang bermakna dari data. 


Pemahaman akan domain bisnis dari kantor atau project yang sedang dikerjakan akan membuat Data Scientist memahami konteks data, menentukan pertanyaan yang relevan, serta menghasilkan insight yang bermakna. Secara tidak langsung bisa dikatakan bahwa pemahaman akan domain bisnis adalah hal pertama yang harus dikuasai untuk bisa menghasilkan analisis yang relevan dengan kebutuhan.


Dalam artikel ini akan dibahas alasan mengapa pemahaman domain bisnis sangat penting dalam pekerjaan seorang Data Scientist. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mendefinisikan Pertanyaan yang Relevan

Data Scientist

Pemahaman akan domain bisnis dapat membuat seorang Data Scientist lebih mudah dalam mengidentifikasi pertanyaan serta permasalahan yang paling relevan serta bagaimana solusi yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan analisis data. Dengan memahami proses bisnis, tujuan strategis, dan tantangan yang sedang dihadapi oleh organisasi, seorang Data Scientist dapat merumuskan pertanyaan yang tepat yang akan membantu dalam mengarahkan analisis data ke arah yang benar.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Interpretasi yang Lebih Baik terhadap Data

Data Scientist

Memahami konteks bisnis juga bisa membantu seorang Data Scientist untuk menginterpretasikan data dengan lebih baik. Mereka dapat menafsirkan pola, tren, dan anomali dalam data dengan memperhatikan dan mempertimbangkan faktor-faktor bisnis yang relevan. Misalnya, pemahaman tentang siklus produk atau perilaku pelanggan dapat membantu Data Scientist dalam mengidentifikasi kesempatan atau masalah yang mungkin tersembunyi dalam data.


3. Pemilihan Fitur yang Lebih Tepat

Data Scientist

Dalam proses pembangunan model Machine Learning, pemahaman domain bisnis memungkinkan seorang data scientist untuk memilih fitur atau variabel yang paling relevan dan informatif. Machine Learning adalah salah satu teknologi yang cukup sering digunakan oleh Data Scientist.


Fitur sendiri merupakan variabel-variabel yang akan diamati dalam data untuk bisa membuat kesimpulan dan prediksi. Dengan mengetahui mana saja fitur yang paling penting dalam mempengaruhi hasil bisnis, Data Scientist dapat membuat model yang lebih akurat dan bermakna.


4. Komunikasi yang Lebih Efektif

Data Scientist

Pemahaman akan domain bisnis memungkinkan seorang Data Scientist untuk berkomunikasi secara lebih efektif dengan para stakeholder yang berasal dari background non-teknis. Mereka dapat menjelaskan hasil analisis dan penerapannya dalam bisnis dengan bahasa yang lebih mudah untuk dimengerti oleh orang-orang di luar bidang teknis. Hal ini akan memfasilitasi adopsi solusi data-driven sehingga memungkinkan keputusan yang lebih baik berdasarkan insight yang diberikan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Pemahaman yang kuat akan domain bisnis tempat mereka bekerja atau background project yang sedang dikerjakan menjadi aspek penting dari pekerjaan seorang Data Scientist. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengarahkan analisis data, menghasilkan insight yang bermakna, dan mendukung pengambilan keputusan yang penuh informasi dan strategis bagi organisasi.


Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login