TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 50 Menit 23 Detik 

Wajib Tahu Jenjang Karir Data Scientist, Profesi Menjanjikan 5 Tahun Kedepan

Belajar Data Science di Rumah 03-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1e69b5daf5956b7505231294547762ff_x_Thumbnail800.png

Profesi data sudah menjadi suatu rahasia umum dalam kalangan masyarakat, selain itu profesi data juga menjadi tren terbaru yang diminati oleh banyak orang. Profesi data yang dimaksud adalah Data Scientist, profesi tersebut merupakan profesi yang didasari oleh suatu disiplin ilmu yang dinamakan Data Science. Sejumlah perusahaan maupun industri di Indonesia pun saat ini telah banyak meng-hire tenaga kerja praktisi data dengan tujuan untuk meningkatkan performa bisnis perusahaan. 

Ilmu Data Science sendiri merupakan ilmu yang mempelajari penggabungan antara ilmu komputer, statistika, dan matematika. Tujuan dari ilmu tersebut adalah menginterpretasi data agar dapat digunakan perusahaan untuk pengambilan keputusan. Data Science dianggap penting oleh perusahaan, karena dengan mengacu pada data perusahaan dapat menentukan bagaimana kebutuhan pasar. Oleh sebab itu, banyak lowongan dengan posisi Data Scientist yang menjadi peluang besar bagi talent data untuk mengambil profesi ini. Nah, artikel DQLab kali ini cocok banget nih untuk kamu untuk mengenal karir Data Scientist seperti apa dan juga prospek pada karir tersebut. Yuk, langsung saja simak artikel berikut!


1. Prospek Karir Data Scientist

Meskipun profesi Data Scientist berhubungan dengan teknologi, namun profesi ini tidak harus bekerja dalam perusahaan bidang teknologi. Berperan di berbagai industri, Data Scientist menjadi profesi yang sangat dibutuhkan. Industri retail, manufaktur, keuangan menjadi dan hampir semua industri membutuhkan Data Scientist untuk melakukan sistem kerja data yang lebih maksimal. Contoh perusahaan ataupun startup seperti Tokopedia, Shopee, Dana, Sinarmas dan banyak perusahaan lainnya membutuhkan Data Scientist untuk mengolah data dari berbagai fasilitas dan sistem mereka.

Selain itu juga, ketika kalian memasuki industri data dengan menjadi profesi Data Scientist, terdapat tiga jenjang karir yang bisa kalian capai. Jenjang pertama adalah Entry-level Data Scientist, yang dimana jenjang ini merupakan jenjang awal dalam karir kalian. Jenjang kedua adalah Mid-level Data Scientist, jenjang ini menandakan bahwa kalian sudah memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup dalam industri data. Jenjang tertinggi adalah Senior Data Scientist, yang dimana jenjang tersebut menandakan bahwa kemampuan kalian sudah diakui banyak orang dan dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Posisi Entry-Level Data Scientist atau Intern

Mari kita mulai dengan Junior Data Scientist dan Data Scientist Intern. Apa yang harus kamu ketahui dan apa yang sebenarnya kamu lakukan pada level ini? Pada tahap ini, para Data Scientist yang baru saja memulai karirnya sebagian besar bekerja untuk mengembangkan keterampilan teknis utama mereka, seperti SQL dan Python, pengalaman visualisasi data, ilmu statistik dan juga komunikasi yang baik. Dengan demikian, tugas umumnya mudah dan memiliki tujuan yang jelas.

Jika kamu suka menerima tantangan dan juga ingin mengasah skill yang sudah kamu miliki maka mulailah untuk membangun sebuah project baik secara mandiri maupun bekerja dalam tim. Mengikuti internship menjadi pilihan yang tepat untuk memperdalam skill yang kamu miliki, karena pekerjaan yang dilakukan berdasarkan real case industry yang dimana biasanya bertanggung jawab untuk menganalisis, melakukan laporan pada data dari hasil analisis, dan keuntungan lainnya yaitu jika diberi tugas yang lebih advance seperti membangun model dan menerapkannya ke dalam produksi, kamu bisa bekerja secara langsung dengan petinggi atau senior Data Scientist lainnya.


3. Posisi Mid-Level Data Scientist

Setelah sekitar satu hingga dua tahun pengalaman sebagai Data Scientist Entry-level, kamu dapat beralih ke peran Data Scientist Mid-level. Dimana posisi ini merupakan kontributor individu tingkat lanjut yang dapat mengambil cakupan proyek yang lebih besar dan masalah bisnis yang lebih ambigu. Misalnya, ketika seorang Junior Data Scientist akan membuat query SQL untuk saluran ETL, seorang Data Scientist Mid-level harus dapat merancang seluruh saluran ETL dari awal dan menggunakannya dalam model pembelajaran mesin mereka sendiri.

Seorang ilmuwan data yang telah melewati tahap junior tidak memerlukan banyak bantuan dari senior dan dari perspektif produk, biasanya Data Scientist Mid-level memiliki tingkat pemahaman yang lebih tinggi tentang masalah bisnis dan cara menggunakan ilmu data untuk memecahkan masalah yang ada.


4. Posisi Senior Data Scientist

Senior Data Scientist merupakan puncak karir seorang Data Scientist, sebenarnya apa yang membedakan Senior Data Scientist dari yang lain? Meskipun pengalaman bertahun-tahun adalah syarat utama, namun ada fitur yang lain yang membedakan ilmuwan data yang lebih senior dari ilmuwan entry ataupun mid level.

Sebagian besar Data Scientist yang sudah senior mereka akan memiliki pandangan holistik dari keseluruhan proyek, setidaknya memiliki pengalaman tiga sampai lima tahun. Keterampilan seorang Senior Data Scientist tidak hanya dapat diukur dalam wawancara dengan menguji kecepatan dan akurasi pada masalah teknis, tetapi juga dengan mengevaluasi keterampilan komunikasi. Kemudian, keterampilan lainnya yang dapat dilihat langsung di lapangan, seperti:

  • Komunikasi konsep dan teknik yang baik.

  • Kualitas coding yang bagus.

  • Dapat menganalisis permasalahan yang tepat.

  • Dapat membimbing Data Scientist lainya.

  • Dan masih banyak lagi.

Dengan pengalaman tersebut, membantu Data Scientist dapat mengerjakan berbagai model dan membantu membuat keputusan yang strategi untuk stakeholders dalam instansi.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Peluang Karir Terbuka Lebar, Yuk Belajar Data Science Bersama DQLab!

Data Science ternyata menjadi ilmu yang berkaitan dan diterapkan oleh berbagai profesi kekinian serta menjanjikan, khususnya di era digital seperti sekarang. Peluang karir yang terbuka lebar tentu akan menarik siapa saja untuk belajar ilmu satu ini. Siapa pun bisa lho berkesempatan bekerja di bidang Data Science! Termasuk kamu yang belum memiliki dasar ilmu Data Science sekalipun. Kamu bisa kuasai Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Tunggu apalagi nih? Yuk SIGN UP di DQLab.id dan persiapkan karirmu bersama DQLab!


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!