2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 20 Menit 20 Detik

Yuk, Asah Ragam Skill Data Engineer Terupdate!

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-2024-05-15-165054_x_Thumbnail800.jpg

Seiring dengan berkembangnya teknologi, profesi data engineer sudah mulai dilirik dan diincar oleh banyak sekali perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil sekalipun. Hal ini dikarenakan data engineer memiliki tugas untuk mengatur dan mengelola proses arsitektur data pada sebuah perusahaan. Infrastruktur ini berupa database, pipeline, atau bisa berupa data warehouse.


Pastinya untuk menjadi seorang data engineer yang profesional diperlukan keahlian dan skill khusus untuk mempermudah mereka dalam bekerja. JIka kalian memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang data engineer, artikel kali ini mungkin bisa membantu kalian untuk mengetahui skill apa saja yang harus dikuasai untuk menjadi seorang data engineer. Apa sajakah skill-skill tersebut? Mari kita lihat pembahasannya!


1. Keterampilan Pemrograman

Seorang data engineer harus memiliki pemahaman dan penguasaan dalam bahasa pemrograman. Keahlian programming ini dibutuhkan untuk mengakses dan memanipulasi data. Bahasa pemrograman yang paling utama untuk dikuasai oleh data engineer adalah SQL, Python, Java, dan Scala.


Dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut seorang data engineer bisa mengakses, mengambil data, menjalankan query, dan juga menghapus data yang ada di dalam sebuah database. 


Data Engineer

Credit by LinkedIn


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Data Warehouse dan Cloud Platform

Data engineer memiliki tanggung jawab untuk menyimpan dan juga mengelola raw data yang bisa digunakan oleh seorang praktisi data lainnya seperti data scientist. Maka dari itu, seorang data engineer harus memiliki pemahaman akan cloud computing untuk bisa menyimpan data dengan baik dalam skala yang kecil maupun skala yang besar dari berbagai macam lokasi dan juga platform untuk kemudian di query dan dianalisis. 


3. API

Skill selanjutnya yang harus dikuasai oleh data engineer adalah skill API. API (Application Programming Interface) adalah interface yang bisa menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk mengakses data. API ini juga adalah salah satu tugas dari data engineer, karena data engineer harus bisa merancang dan mengembangkan API di dalam infrastruktur database yang memungkinkan para data scientist dan analis bisnis untuk mengambil dan menganalisis data dengan lebih mudah lagi.


API ini menjadi jembatan yang menghubungkan aplikasi satu dengan lainnya, memfasilitasi pertukaran informasi dan query data yang efisien

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Machine Learning

Untuk memenuhi kebutuhan dari para praktisi data lainnya, seorang data engineer harus memiliki pengetahuan dasar tentang machine learning. Algoritma-algoritma yang digunakan dalam machine learning memiliki peran penting dalam membantu para praktisi data lainnya untuk melakukan prediksi dengan berdasarkan analisis data historis data terbaru.


Setelah model-model ini dibuat, peran data engineer adalah mengubahnya menjadi sistem produksi yang bisa digunakan secara langsung, memastikan integrasi yang tepat agar model-model ini bisa memberikan kontribusi yang berharga dalam konteks aplikasi yang digunakan. 


Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data engineer, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memperoleh pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar teknologi dan analisis data. Pelajari bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL, serta konsep-konsep dasar dalam pengelolaan database dan teknik pengolahan data.


Selain itu, Anda juga perlu menguasai alat-alat dan platform yang umum digunakan dalam industri seperti Apache Hadoop, Spark, dan Apache Kafka. Selalu mencari kesempatan untuk memperluas pengetahuan Anda melalui kursus online, buku, dan proyek-proyek praktis. Ingatlah bahwa menjadi seorang data engineer membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan keterampilan teknis yang solid, tetapi dapat membawa Anda ke arah karier yang sangat memuaskan dalam era digital ini.


Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login