TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 10 Jam 57 Menit 10 Detik

Yuk, Bedah Modul yang Ada di Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-03-2023-09-06-095146_x_Thumbnail800.jpg

Kalian tentu tidak asing kan dengan bootcamp data analyst? Program pelatihan ini dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan pesertanya dalam bidang analisis data dalam waktu yang relatif singkat. Nah, salah satu hal yang membedakan bootcamp dengan metode belajar lainnya adalah modul-modul yang digunakan.


Modul bootcamp data analyst memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan modul lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas lima modul umum yang biasanya akan kalian temui di bootcamp manapun. Dengan memahami apa saja modul yang akan dipelajari, sangat membantu kalian dalam mempersiapkan diri ketika nantinya memutuskan belajar melalui bootcamp. Yuk cari tahu detail isi modul tersebut!


1. Fundamental of Data Analysis

Data Analyst

Modul ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang konsep-konsep dasar dalam analisis data. Termasuk pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi informasi dari berbagai sumber. Kalian akan diajarkan mengenai pengenalan tools analisis data, statistik dasar, dan teknik-teknik pengolahan data bagi pemula. Dengan memahami secara matang materi pada modul ini, akan memudahkan kalian untuk memahami konsep-konsep yang akan digunakan sepanjang program bootcamp nantinya.


Modul ini juga menekankan praktik terbaik dalam mengkomunikasikan hasil analisis data. Kalian akan mempelajari cara menyajikan insight dengan efektif melalui visualisasi data dan laporan. Dengan demikian, modul ini tidak hanya memberikan pemahaman dasar analisis data, tetapi juga membekali peserta keterampilan komunikasi yang sangat penting dalam dunia kerja.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Preparing and Exploring Data

Data Analyst

Modul ini diharapkan dapat membantu kalian untuk memahami data yang akan dianalisis. SahabatDQ akan belajar bagaimana mengumpulkan data dengan benar, memahami struktur data, dan mengidentifikasi masalah atau anomali dalam data tersebut. Tidak hanya itu, proses cleansing data juga menjadi fokus utama pada modul ini. Peserta akan diajarkan teknik-teknik untuk mengatasi data yang hilang, duplikat, atau tidak sesuai.


Selanjutnya, modul ini juga menekankan pentingnya eksplorasi data sebelum melakukan analisis yang lebih mendalam. Peserta akan belajar cara menggunakan tools analisis data dasar untuk mengidentifikasi pola, tren, atau insight. Sehingga dari sini, kalian bisa merumuskan pertanyaan analisis yang lebih mendalam dan mengeksplorasi data dengan lebih luas.


3. Advanced SQL for Data Analysis

Data Analyst

Pada modul ini kalian akan belajar tentang bahasa SQL dan bagaimana menggunakannya untuk mengakses, menggabungkan, dan mengolah data dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi. Peserta akan mempelajari teknik-teknik penggabungan (JOIN) yang lebih lanjut, subquery, dan fungsi agregasi yang lebih kompleks. Dengan pemahaman yang kuat pada materi ini, maka kalian bisa menjawab pertanyaan analitis yang lebih kompleks menggunakan query tingkat lanjut.


Kalian juga akan belajar tentang cara optimasi query SQL untuk meningkatkan kinerja analisis data. Seperti cara membuat indeks, mengoptimalkan query, dan memahami rencana eksekusi query dengan metode yang beragam. Jadi setelah menyelesaikan modul ini, kalian dapat menjalankan query dengan lebih efisien.


4. Python Programming for Data Analysis

Data Analyst

Kalian akan belajar tentang dasar-dasar pemrograman Python, struktur data, dan konsep pemrograman yang penting seperti if atau conditional. Selain itu, modul ini juga akan mengenalkan cara menggunakan berbagai library Python yang populer untuk analisis data, seperti NumPy, pandas, dan Matplotlib. Dengan pemahaman yang baik tentang Python, kalian dapat menghasilkan code yang efisien untuk mengolah dan menganalisis data dengan mudah.


Modul ini juga mengajarkan berbagai teknik pemrograman yang khusus digunakan dalam analisis data. Termasuk manipulasi data, pembersihan data, pengelompokan, dan transformasi data. Nantinya kalian juga akan belajar cara memvisualisasikan data dengan bantuan library Matplotlib dan Seaborn. Selain itu, modul ini akan membahas penggunaan Jupyter Notebook sebagai tools penting dalam analisis data Python.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Data Visualization

Dengan modul ini, kalian akan belajar prinsip-prinsip dasar dalam menciptakan visualisasi data yang informatif dan mudah dipahami. Begitu juga tentang jenis-jenis grafik dan visualisasi yang berbeda, serta kapan dan bagaimana menggunakan masing-masing jenis tersebut. Modul ini juga akan mengajarkan prinsip-prinsip desain visual, termasuk pemilihan warna yang tepat, tata letak yang efisien, dan penempatan label yang jelas. Dengan pemahaman ini, kalian dapat membuat visualisasi data yang efektif dan menarik.


Modul ini juga mengajarkan cara menggunakan library khusus visualisasi data, seperti Matplotlib, Seaborn, dan Plotly. Peserta akan diajarkan cara membuat berbagai jenis grafik, seperti diagram batang, scatter plot, heat map, dan grafik garis, menggunakan library tersebut. Tidak kalah penting, pada materi ini kalian diajarkan pemilihan jenis visualisasi yang sesuai dengan jenis data yang akan ditampilkan, sehingga insight yang ditampilkan lebih mudah dimengerti.


Bagi kalian yang bingung mencari bootcamp yang terbaik, DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya.


Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif. Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

  • Bootcamp Data Analyst with Excel


Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

Bootcamp Data Analyst with Python & SQL akan mengasah kemampuan Sahabat DQ dalam mengaplikasikan bahasa pemrograman Python dan SQL dalam persiapan karir sebagai Data Analyst. Beberapa materinya yaitu memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan, penyaringan, sampai penggabungan data, pengolahan data dasar dengan Python, dan masih banyak lagi.


Bootcamp Data Analyst with Excel

Program bootcamp lainnya yang disediakan DQLab adalah Bootcamp Data Analyst with Excel. Pada bootcamp ini Sahabat DQ akan mempelajari analisis data dan reporting menggunakan Excel. Kebanyakan dari pengguna Excel tidak menyadari fungsi-fungsi Excel sangat membantu pada proses analisis data.


Di sini, kalian akan lebih mahir menggunakan Excel untuk kebutuhan laporan. Beberapa materi yang diberikan yaitu menggunakan fitur formatting, filter, dan sorting, hingga menghasilkan chart sederhana pada Excel, menerapkan Data Storytelling & Visualisasi, melakukan analisa hasil eksplorasi data yang telah diolah dengan teknik yang tepat, dan masih banyak lainnya. 


Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python, untuk nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab.


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :