PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 31 Menit 7 Detik

Yuk, Belajar Coding Python Sederhana For Loop

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2024-02-13-094841_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula karena bahasa yang digunakan hampir mirip dengan manusia. Sehingga logika yang diberlakukan tidak cukup sulit untuk dipahami. Begitu juga untuk berbagai fungsi yang ada pada Python bisa dipelajari dengan mudah. Salah satunya adalah looping atau perulangan.


Python memiliki beragam fungsi looping. Salah satunya yang paling sering dipakai adalah for loop. Perulangan ini bisa dilakukan pada baris data yang memiliki tipe tuple, list, string, dan tipe yang dapat dilakukan iterasi. Bagaimana praktik mudah penggunaannya? Yuk ikuti penjelasan berikut. 


1. Konsep Python For Loop

Looping atau perulangan pada bahasa pemrograman adalah baris kode yang harus dieksekusi oleh komputer secara berulang hingga mencapai kondisi tertentu dan berhenti jika telah terpenuhi. Pada Python terdapat beberapa jenis perulangan yaitu, for loop, while loop, dan fungsi rekursif.


For loop pada Python adalah perintah yang digunakan untuk melakukan iterasi dari sebuah nilai pada suatu baris koleksi data seperti string, list, atau tuple. For loop pada Python memiliki proses atau sistem kerja yang berbeda dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Sintaks umum for loop pada Python adalah:

Python

Terdapat 3 bagian penting pada sintaks tersebut.

  • Sequence: sebuah nilai yang dapat diiterasikan atau bisa diulang-ulang. Tipe data yang memiliki sifat tersebut yaitu string, tuple, list.

  • Val: setiap item yang diekstrak dari sequence.

  • Statement: perintah yang harus dieksekusi selama kondisi tertentu belum terpenuhi.


Jika diringkas dalam sebuah flowchart, berikut cara kerja for loop pada Python.

Python


2. Contoh For Loop Python dalam List

Pertama, buat terlebih dahulu sebuah variabel dengan tipe data list. Kemudian kita akan membuat coding sederhana menggunakan for loop untuk menampilkan setiap item dari list tersebut. Misal dibuat list berikut ini.

Python 


Selanjutnya buat for loop Python untuk menampilkan item dari list seperti berikut.

Python


Jika coding yang kalian lakukan benar akan diperoleh hasil output seperti berikut.

Python


Jika kalian ingin mengetahui urutan iterasi for dengan list, kalian bisa menggunakan fungsi enumerate. Fungsi ini akan menampilkan 2 nilai yaitu:

  • Index: urutan iterasi 

  • Item: nilai dari iterasi tersebut


Perhatikan contoh berikut. 

Python


Baca juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Kode program di atas hampir mirip dengan sebelumnya. Hanya saja kita menambahkan fungsi enumerate() dan menggunakan variabel listmakanan sebagai parameter. Ada juga dua nilai yang diberi nama i dan makanan. Sehingga ketika dijalankan akan menghasilkan output dalam 2 nilai pula seperti berikut ini.

Python

Urutan iterasi dimulai dari 0 bukan dari angka 1.


3. Contoh For Loop Python dalam Range()

Kalian juga bisa menggunakan for looping dengan fungsi range(). Perhatikan contoh berikut ini.

Python


Maksud for looping di atas adalah kalian melakukan perulangan dari 0 sampai kurang dari nilai range yang didefinisikan, dalam contoh berarti kurang dari 4. Oleh karena itu akan diperoleh output seperti berikut.

Python


Kalian juga bisa memulai range selain dari 0. Berikut contoh yang bisa kalian praktikkan.

Python


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Contoh For Loop Python dengan String

Sama halnya dengan contoh sebelumnya, kalian juga bisa menggunakan data tipe string untuk melakukan for loop. Langsung praktikkan contoh di bawah ini ya.

Python


Kalian juga bisa melakukan interupsi dan skip pada iterasi yang dilakukan. Terdapat dua perintah yang bisa digunakan yaitu:

  • Break: interupsi atau pemberhentian paksa meski iterasi belum selesai dijalankan.

  • Continue: melakukan skip dan dilanjutkan iterasi berikutnya.


Perhatikan contoh penggunaan break berikut ini.

Python

Jika tidak diberikan perintah break, iterasi seharusnya berhenti ketika sudah memunculkan angka 9. Namun perhatikan bahwa iterasi berhenti setelah muncul angka 5, karena perintah break menghentikan paksa iterasi ke 6. 


Selanjutnya perhatikan penggunaan perintah continue berikut.

Python


Nampak pada iterasi ke 6, output tidak memunculkan item yang bersesuaian karena perintah continue melakukan skip pada kondisi yang disebutkan. Pada kasus ini for loop melakukan skip pada iterasi ke 6.


Nah, Sahabat DQ mulai tertarik untuk mempelajari coding Python lebih dalam lagi? Tidak hanya mampu melakukan coding sederhana seperti di atas, Sahabat DQ juga bisa loh menjadi praktisi data yang menganalisis dengan coding level tingkat lanjut.


Bagaimana persiapannya? Harus belajar darimana? Pertanyaan tersebut bisa kalian temukan jawabannya di website DQLab. Dengan modul pembelajaran yang lengkap, Live Code Editor sehingga tak perlu install aplikasi lagi, dan dilengkapi dengan beragam studi kasus, akan membuat Sahabat DQ jago melakukan coding di Python.


Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login