GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 19 Menit 40 Detik 

Yuk Belajar Data Science Mulai dari Modul Excel GRATIS DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/12be4ddb1964d3e1a3f8beb85ad04218_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah ilmu terkait mengolah dan melakukan analisa data yang memadukan kemampuan programming, statistika serta pemahaman bisnis. Dalam data science, Excel menjadi tools yang paling populer digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah data yang menggunakan spreadsheet untuk mengolah data. Di Excel terdapat fitur dan rumus serta formula yang bisa digunakan untuk kegiatan data entry, data management, accounting, dan lainnya. Aplikasi ini mudah digunakan dan ramah untuk pemula dengan background IT maupun NON IT. 


Microsoft Excel bisa diaplikasikan di semua industri, misal untuk mengedit, menganalisis , visualisasi data, membuat catatan dan laporan, dan lain sebagainya. Keunggulan aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem, seperti Mac OS, android, windows, dan linux. Sehingga di era digital ini, hampir seluruh perusahaan mewajibkan karyawannya untuk memahami Excel. Bagi pemula NON IT, Excel merupakan pilihan yang tepat untuk mengawali belajar data science. Bersama DQLab kamu bisa belajar Excel secara GRATIS. Simak artikel dibawah ya, karena akan ada informasi apa aja sih yang bisa kamu dapetin dari Excel?


1. Mudah Membuat Data Visualisasi

Fungsi tabel yang ada di Excel bisa kamu gunakan untuk menginput data dalam jumlah banyak. Lalu kamu bisa menggunakan fungsi grafik untuk menjabarkan data pada tabel dalam bentuk grafik, sehingga memudahkan pembaca. Ada beragam grafik yang bisa digunakan, dengan fungsinya sendiri sendiri.

  1. Column Chart (Grafik Kolom) untuk menyajikan perubahan data dalam waktu tertentu atau perbandingan nilai dalam berbagai kategori.

  2. Line Chart (Grafik Garis) berfungsi untuk menampilkan data yang bekelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini cocok untuk mempresentasikan pola atau tren pada rentang waktu tertentu.

  3. Pie Chart (Grafik Lingkaran) digunakan untuk meunjukan data dalam bentuk persentase. Namun, kelemahannya grafik ini hanya berupa tabel satu arah.

  4. Bar Chart (Grafik Batang) berguna untuk membandingkan beberapa data. Grafik ini mampu menjelaskan informasi yang lebih banyak dibanding jenis lainnya.

  5. Combo Chart (Grafik Gabungan) untuk menampilkan gabungan data dari 2 atau lebih jenis grafik di dalamnya. Cara ini digunakan untuk membandingkan dan menyoroti variasi data yang berbeda. Contoh combo chart yang paling umum adalah gabungan line chart dan bar chart.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mahir Mengolah Data Dengan Fungsi

Selain fungsi grafik, Excel juga memiliki fungsi VLOOKUP dan IF yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis data. VLOOKUP berfungsi untuk mencari nilai dalam tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai. Sedangkan IF berfungsi untuk membantu kamu membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan dengan dua pernyataan yaitu benar dan salah.


3. Mempermudah Pembuatan Data Statistika

Statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan analisa, penyajian serta kesimpulan suatu data. Ilmu ini diperlukan dalam sebuah perusahaan untuk membuktikan hasil riset. Sahabat data DQLab bisa menggunakan fungsi pivot dan grafik pada Excel untuk membuat kesimpulan data. Pivot membantu kamu dalam membuat tabel ringkasan rata - rata, total, atau perhitungan lain sesuai referensi yang kamu pilih. Dengan begitu Excel akan membantumu dalam membuat keputusan. Dengan semua fitur yang ada di Excel, membuat pengolahan dan analisis data menjadi leih efektif dan efisien.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Cleaning Data Tanpa Ribet

Microsoft Excel menyediakan fitur untuk menghapus nilai duplikat. Fitur bawaan ini digunakan untuk menghapus nilai duplikat dari tabel berdasarkan kolom yang dipilih. Cara menghapusnya pilih minimal dua kolom sebagai acuan, lalu pilih menu Select Data, kemudian Go to Data Rebbon dan Remove Duplicates. Secara otomatis, dua kolom dengan data sama akan terhapus.


5. Awali Karir mu Dengan Belajar Excel GRATIS Bersama DQLab!

Menguasai Excel sangat penting untuk kamu yang ingin berkarir sebagai praktisi data. DQLab menyediakan berbagai fasilitas untuk kamu yang mau belajar data science dan mau berkembang sebagai praktisi data. Salah satunya dengan memanfaatkan modul “Free Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi”, yang bisa kamu dapatkan dengan sign up di DQLab. Selamat mencoba!


Penulis : Lathifa Lisa



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!