Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk, Cari Tahu Beasiswa Data Science untuk Pemula Hingga Profesional!

Belajar Data Science di Rumah 22-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0825ae4b5d1aba5ec5fe3a2a852e0f1e_x_Thumbnail800.png

Saat ini belajar data science dapat diakses dengan mudah. Banyak artikel, website, dan lainnya yang membahas data science. Selain itu, dengan kepopuleran data science juga mulai menjamur lembaga kursus data science tidak hanya kelas tatap muka, tetapi juga kelas online. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Mengikuti kursus data science secara offline kita bisa bertemu secara langsung dengan teman-teman kursus dan juga mentor, namun akan sulit saat menyesuaikan jadwal kursus. Sedangkan mengikuti kursus online kita tidak langsung bertemu dengan mentor dan teman-teman kursus, namun jadwal pembelajaran lebih fleksibel. Selain itu kita juga bisa mengerjakannya dimana saja dan kapan saja. 


Data science dipelajari oleh pemula hingga profesional. Jika kamu aktif mencari informasi, kamu akan menemukan banyak beasiswa data science yang diberikan oleh sebagian lembaga untuk talenta-talenta data baru. Dengan adanya beasiswa ini tentu akan meringankan biaya pembelajaran yang harus kita keluarkan untuk mengikuti kursus data science. Sekarang ini beasiswa data science tidak hanya oleh lembaga kursus terkait, tetapi ada juga yang diberikan oleh pemerintah. Kamu tinggal mengikuti prosedur pendaftaran yang diminta dan selanjutnya kamu sudah bisa mengikuti pembelajarannya. Untuk kamu pemburu beasiswa dan tertarik belajar data science, stay tune disini ya! Yuk, kita lihat beasiswa data science yang bisa diikuti!


1. Kursus Data Science Gratis

Bagi pemula yang tertarik belajar data science tapi masih bingung mulai dari mana, kamu bisa mulai dengan mengikuti kursus data science gratis. Professional yang sudah memiliki background IT, belajar data science akan lebih mudah karena sudah punya kemampuan dasarnya. Nah, pemula bisa memulainya dengan memahami dulu apa itu data science, tools apa saja yang digunakan, dan lain sebagainya. Hal-hal dasar tersebut biasanya terdapat di modul gratis yang diberikan lembaga kursus data science. Pembahasan ini perlu dipahami agar pemula mengerti dasar-dasar data science sehingga lebih mudah mengikuti pembelajaran selanjutnya yang lebih dalam. DQLab adalah salah satu lembaga yang memberikan kursus data science gratis yaitu dua modul dasar mengenai bahasa pemrograman Python dan R yang sering digunakan dalam data science. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Bootcamp Data Science

Bootcamp data science dapat kamu ikuti jika kamu menginginkan pembelajaran data science yang intensif dalam jangka waktu tertentu. Bootcamp biasanya diadakan sudah dengan jadwal yang tetap misalnya dalam waktu tiga hari, atau sebulan dengan beberapa kali pertemuan. Bootcamp ada yang diadakan oleh lembaga kursus secara mandiri atau berkolaborasi dengan sekolah atau kampus, bisa berbayar atau gratis. DQLab beberapa kali mengadakan bootcamp data science secara mandiri bagi siapa saja yang ingin belajar data science. Ada juga yang berkolaborasi dengan kampus-kampus untuk para mahasiswa kampus tersebut yang tertarik dengan data science. Bootcamp ini bisa diadakan secara offline dan online. Namun pada kondisi pandemi seperti sekarang, bootcamp diadakan secara online. Disamping mengurangi penyebaran covid, bootcamp online memudahkan peserta untuk mengikuti pembelajaran dari mana saja di seluruh Indonesia. 


3. Pelatihan Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst oleh Kominfo

Mulai tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan program digital talent yang memberikan berbagai pelatihan terkait teknologi bagi lulusan baru hingga profesional. Beberapa program yang ada yaitu antara lain Fresh Graduate Academy, Professional Academy, Thematic Academy, dan Digital Entrepreneurship Academy. Masing-masing program terdapat berbagai pelatihan yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. DQLab merupakan lembaga yang menjadi partner pelatihan digitalent Kominfo untuk pelatihan Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis dan diakhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat completion sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan modul-modul yang diberikan. Pelatihan data science dengan DQLab diadakan selama satu bulan yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam seminggu bersama para mentor data. Kamu bisa mengakses digitalent.kominfo.go.id untuk jadwal pendaftaran serta pelatihan apa saja yang sedang diadakan. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Data Challenge

Selain mengikuti kursus, bootcamp, dan pelatihan, kamu juga bisa mengikuti data challenge. Program ini bisa banyak diadakan oleh lembaga kursus dan bisa diikuti oleh siapa saja secara gratis. Data challenge dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuanmu di bidang data science. Umumnya data dan kasus yang diberikan mirip dengan yang biasanya terjadi di industri. Dengan mengikuti data challenge, kamu bisa mengukur sampai mana kemampuanmu dalam mengolah data, mendapat feedback dari mentor data, dan juga dapat dijadikan portofolio data. DQLab beberapa kali mengadakan data challenge yang berkolaborasi dengan perusahaan seperti Niagahoster dan Kuelap. Kamu juga bisa dapat opportunity di bidang data melalui data challenge, loh! Kamu bisa lihat informasinya di Instagram DQLab atau langsung akses ke website DQLab di menu Blog & Events. 


5. Tertarik Belajar Data Science? Mulai Bareng DQLab, Yuk!

Teman-teman tertarik belajar data science lebih mendalam? Yuk, gabung dengan Sign Up di DQLab.id! Tersedia modul-modul pembelajaran data science seperti SQL, Python, dan R yang dimentori oleh para ahli data yang berpengalaman di industri. Ada juga project dan challange yang bisa kamu kerjakan dan menjadi bagian dari portofolio datamu. Portofolio data ini cukup penting ketika kamu ingin berkarir di bidang data. Ini akan menambah nilai dirimu di mata perekrut. Setiap modul yang kamu kerjakan di DQLab akan mendapatkan sertifikat gratis, loh! Selain itu juga kamu bisa melihat opportunity yang ada melalui job connector. So, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan untuk berkarir di bidang data.



Penulis: Dita Kurniasari 

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!