FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 42 Menit 7 Detik 

Yuk, Cari Tahu Lebih Lanjut Tentang SQL Server

Belajar Data Science di Rumah 03-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e885ec31f359b3ee6664e580895ca055_x_Thumbnail800.jpg

SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa query yang sudah cukup sering digunakan. Bahasa query ini sangat diperlukan untuk pengolahan database seperti mengakses database, mengedit database, memanipulasi, dan masih banyak lainnya. Terkadang terdengar pula istilah SQL Server. Apakah itu SQL Server? Apa bedanya dengan SQL biasa atau dengan bahasa query lainnya?


Microsoft SQL Server merupakan salah satu software yang digunakan untuk mengakses database, terutama relational Database management System (RDBMS). SQL Server ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan besar, yaitu Microsoft.


Microsoft SQL Server bersifat fleksibel, artinya bisa digunakan di komputer manapun. Ingin tahu lebih lanjut terkait Microsoft SQL Server? Yuk, simak bersama-sama artikel berikut ini!


1. Sejarah SQL Server

SQL Server pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh perusahaan besar Microsoft. Pada awalnya, Microsoft mulai untuk membuat versi baru dari SQL Server untuk platform NT-nya. Pada tahun 1993, Windows NT 3.1 dan SQL Server 4.2 untuk NT dirilis oleh Microsoft. Tahun 1995, Microsoft merilis versi 6.0 yang sebagian besarnya merupakan hasil tulis ulang dari core sebelumnya.


Selanjutnya pada tahun 1997, Microsoft merilis SQL SErver 6.5 Enterprise Edition dan tahun 1998 dirilis versi 7.0. Akhirnya pada tahun 2000 Microsoft pun mengeluarkan SQL versi 7.0.

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi SQL Server

SQL Server merupakan bagian dari Microsoft. Microsoft SQL ini memiliki peran penting dalam manajemen database. Microsoft SQL ini seringkali digunakan aktivitas dalam dunia pemrograman.


SQL Server ini sangat membantu dalam pengembangan program atau aplikasi yang menggunakan sistem database. Pada poin selanjutnya kita akan mengenali beberapa kelebihan dan kekurangan dari SQL Server.  

sql


3. Kelebihan SQL Server

SQL Server memiliki beberapa kelebihan, antara lain seperti bekerja dengan baik menggunakan OS Windows di berbagai versi, dapat digunakan untuk membuat clustering data, mampu mengendalikan database secara terpusat.


Selain itu dapat melakukan backup database sebagai langkah pencegahan terjadinya gangguan, memiliki fitur recovery dan restore data sehingga berguna ketika sebagian database mengalami kerusakan.


SQL


4. Kekurangan SQL Server

Selain memiliki berbagai kelebihan, Microsoft SQL Server juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain seperti hanya bisa digunakan untuk OS Windows saja.


Harga belinya lumayan mahal karena aplikasi ini tidak bersifat open source, bahasa pemrograman yang dapat digunakan cukup terbatas yaitu hanya memiliki kecocokan dengan bahasa pemrograman .Net saja. Kekurangan yang terdapat pada SQL Server ini yaitu  kurang bisa mendukung penggunaan database dalam skala besar.


sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL merupakan salah satu bahasa query yang digunakan untuk mengakses database. Penguasaan bahasa SQL ini merupakan skill wajib bagi data analyst. Salah satu tempat atau media untuk belajar bahasa SQL adalah DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :