BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 35 Menit 26 Detik 

Yuk, Ikut Pelatihan Excel untuk Persiapan Karir di Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/807a13d8bce3170c445d73e903e7bb16_x_Thumbnail800.jpg

Profesi terkait data mulai banyak diincar baik yang memiliki background IT maupun yang non IT. Ada beberapa profesi data yang dibutuhkan di perusahaan seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. Tentu untuk berkarir di bidang data, teman-teman harus menguasai skill yang dibutuhkan yaitu matematika, statistik, pemrograman, dan ilmu bisnis. Tidak hanya itu, teman-teman juga harus menguasai software yang memudahkan pengolahan data. Yup, tugas praktisi data secara umum adalah mengolah data untuk menemukan informasi yang berguna. 


Excel adalah software yang digunakan untuk mengolah data angka. Biasanya Excel sering digunakan untuk kebutuhan administrasi karena lebih mudah ketika melakukan manajemen data. Namun Excel juga menjadi salah satu software yang digunakan untuk proses analisis data oleh praktisi data. Terdapat fitur Analysis Toolpak untuk melakukan analisis data serta fitur untuk membuat visualisasi data yang menarik. Tips untuk mempelajari Excel secara intensif adalah dengan mengikuti pelatihan Excel. Apa saja yang perlu dipelajari untuk mempersiapkan diri berkarir di bidang data? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Kenali Jenis Data dan Metode Pengolahannya

excel

Hal penting yang wajib dikuasai praktisi data adalah mengenali jenis data dan metode pengolahannya. Begitu juga ketika bekerja mengolah data dengan Excel. Di Excel terdapat banyak formula atau rumus untuk mengolah data. Supaya tepat dalam menerapkan formulanya, maka pastikan jenis data tersebut cocok dengan metodenya. Meskipun data angka merupakan jenis data utama di Excel, data selain angka juga bisa diolah dengan Excel. Perlu diingat juga tidak semua data yang berwujud angka bisa dihitung. Perhatikan juga masalah apa yang ingin dipecahkan sehingga bisa menerapkan metode yang sesuai untuk mencapai tujuan analisis. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pelajari Bagian-Bagian Excel

excel

Bagi yang belum pernah bekerja dengan Excel, bisa jadi bingung karena tampilannya yang cukup œramai jika dilihat sekilas. Oleh karena itu sebelum memulai pelatihan atau belajar Excel, sebaiknya pelajari dulu bagian-bagian Excel. Lembar kerja Excel disebut worksheet yang terdiri dari baris dan kolom dalan jumlah banyak. Seperti pada gambar kita bisa lihat beberapa bagian Excel yaitu:

  • Quick Access Bar 

  • Menu Bar berisi menu-menu Excel

  • Tool Bar berisi fitur dari masing-masing menu

  • Name Bar berisi nama kolom aktif dari worksheet

  • Tab Sheet adalah informasi sheet yang aktif

  • Status Bar berisi informasi status worksheet

  • Scroll Bar Vertical dan Horizontal


3. Eksplorasi Menu dan Fitur di Excel

excel


Sudah paham kan bagian-bagian Excel? Selanjutnya eksplorasi menu dan fitur di Excel. Setiap menu terdapat sub menu yang berupa fitur-fitur untuk memudahkan pengolahan data. Beberapa menu Excel yaitu ada Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, View, dan Help. Contohnya di menu Home ada fitur-fitur yang bisa digunakan untuk mengatur jenis ukuran huruf, mengatur paragraf, mencari data, format sel, dan lain sebagainya. Ketika Excel digunakan untuk mengolah data kamu bisa menambahkan fitur analisis yaitu Analysis Toolpak. Jika berhasil ditambahkan, akan muncul fitur Data Analysis di menu Data. Fitur ini sangat memudahkan kita dalam melakukan analisis data menggunakan berbagai macam metode statistik. 


4. Visualisasi Data 

excel


Setelah proses pengolahan dan analisis, data akan disajikan ke dalam bentuk grafik atau plot agar mudah dipahami oleh pihak lain. Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan data dari yang sederhana hingga yang rumit. Visualisasi data juga bisa dibuat secara interaktif dengan mengatur warna, menambahkan item gambar, dan lain sebagainya. Salah satu tools visualisasi data adalah Excel. Membuat grafik dengan Excel cukup mudah. Namun sebelum membuat grafik, pastikan data yang digunakan bersih dimana tidak ada missing value, tidak ada data yang tidak seragam, dan sebagainya. Jika data tidak bersih maka hasil visualisasi tidak sesuai dan tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan. Cara membuat grafik dengan Excel yaitu sebagai berikut:

  • Input data yang akan digunakan ke dalam Excel

  • Pilih menu Insert 

  • Pilih grafik yang diinginkan di bagian Chart

  • Masukkan range data yang akan dibuat visualisasinya dan dimana hasil visualisasi akan ditempatkan

  • Klik OK


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelatihan Excel yang Bisa Diikuti

Pelatihan Excel bisa kamu ikuti secara gratis seperti melalui Excel Easy, Microsoft Help Center, mengikuti program Prakerja, dan mengikuti kursus seperti di DQLab. Daftar sekarang di DQLab.id dan langsung dapatkan akses gratis untuk modul Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi. Modul ini berisi materi berupa video dan kuis yang mempelajari data transaksi dengan Excel,  cell pada Excel, dan penggunaan rumus dan fungsi perhitungan sederhana dengan Excel yang dimentori oleh Xeratic. Menarik, bukan?


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :