PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 50 Menit 58 Detik 

Yuk Intip 4 Aplikasi Statistik Tanpa Coding Bagi Non IT

Belajar Data Science di Rumah 05-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ae447c99cfcd946084c748d62e63a15_x_Thumbnail800.png

Statistik adalah ilmu yang mempelajari dan mengembangkan metode pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian data. Statistik termasuk kedalam ilmu yang interdisiplin karena dapat digunakan hampir pada semua bidang. Beragamnya analisis dan penelitian menyebabkan munculnya teori dan metode baru yang berasal dari pengembangan metode statistik yang sudah ada sebelumnya. Metode statistik banyak digunakan di berbagai industri, misalnya untuk memprediksi bagaimana pola pasar pada beberapa tahun mendatang, berapa keuntungan pada tahun tertentu, bahkan kita bisa memprediksi cuaca dengan memanfaatkan metode statistik.

Selain metode yang terus berkembang, aplikasi statistik juga semakin bervariasi. Aplikasi statistik merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari penelitian atau analisis. Karena perhitungan metode statistik yang kompleks, maka perhitungan manual tidak disarankan karena rentan terjadi human error. Oleh karena itu, kita membutuhkan aplikasi yang bisa mengotomatisasi proses perhitungan tersebut. Dalam ilmu statistik, ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan. Mulai dari aplikasi "tinggal klik" hingga aplikasi yang membutuhkan coding. Tahukah kamu jika ada aplikasi statistik yang bisa digunakan oleh khalayak umum karena tidak membutuhkan kemampuan coding? Pada artikel ini kita akan membahas aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Microsoft Excel

Siapa yang tidak kenal dengan microsoft excel? Salah satu software powerful buatan perusahaan raksasa microsoft ini masih menjadi software terfavorit untuk manajemen dan analisis data. Fitur excel yang sangat beragam dan powerful menyebabkan software ini masih banyak digunakan di berbagai bidang industri. Excel telah berkembang dengan berbagai versi dan fitur yang menakjubkan. Salah satu kelebihan excel adalah software ini memiliki berbagai formula statistik yang bisa kita gunakan untuk mengolah data hanya dengan beberapa klik. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. SPSS

Apakah kamu familiar dengan software SPSS? Statistical Package for the Social Sciences atau biasa dikenal dengan SPSS adalah paket software statistik yang banyak digunakan dalam penelitian yang berkaitan dengan sosial atau perilaku manusia. SPSS memiliki berbagai fitur untuk mengolah data tanpa perlu menulis sintaks code. Dengan SPSS kita bisa melakukan analisis statistik deskriptif, berbagai analisis menggunakan metode parametrik dan non parametrik, serta membuat grafik melalui graphical user interface (GUI). Dengan SPSS seseorang yang tidak memiliki background IT juga bisa melakukan analisis statistik dengan mudah.


3. GraphPad Prism

Bagi sebagian orang, mungkin software ini kurang familiar karena software GraphPad Prism merupakan software premium  yang digunakan untuk mengolah data yang berkaitan dengan biologi. Walaupun demikian, software ini tetap bisa digunakan untuk bidang lainnya. Cara kerja GraphPad Prism mirip dengan SPSS. Dengan software ini kita bisa melakukan perhitungan statistik yang lebih kompleks.


4. Minitab

Minitab merupakan aplikasi statistik yang tidak membutuhkan coding. Cara kerja software ini tidak jauh berbeda dengan GraphPad Prism dan SPSS. Minitab menawarkan serangkaian fitur statistik yang canggih. Minitab merupakan software premium sehingga kita harus membeli lisensinya sebelum menggunakan. Software ini membantu seorang non IT untuk menganalisis data tanpa perlu menyusun dan menulis sintaks code.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Aplikasi Statistik Berbasis Coding Bagi Pemula

Semakin berkembangnya zaman menyebabkan penggunaan data juga semakin besar. Tidak semua aplikasi statistik non coding kompatibel untuk menganalisis data yang ukurannya sangat besar. Oleh karena itu, sebagian besar professional data menyarankan untuk menggunakan aplikasi berbasis coding seperti R dan Python untuk menganalisis data berukuran besar. Bahkan saat ini banyak perusahaan yang mulai meng-hire tenaga pengolah data yang mampu menguasai R atau Python. Ingin belajar R dan Python tetapi tidak memiliki background IT? Tidak masalah! Yuk belajar R dan Python bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk menikmati modul gratis dari DQLab dan nikmati berbagai program belajar menarik untuk pemula yang baru belajar bahasa pemrograman R dan Python. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :