GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 13 Menit 32 Detik 

Yuk, Intip Fungsi Analisis Data Mining dalam Real Case Industry

Belajar Data Science di Rumah 05-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a4480c05cde13e9731596458b0bd118a_x_Thumbnail800.png

Memasuki era data-driven menjadikan penggunaan data meningkat dan diaplikasikan di berbagai lini industri mulai dari pemerintahan hingga startup sekalipun. Dengan demikian, dibutuhkannya analisis data untuk memanajemenkan volume data tersebut menjadi sebuah data yang memiliki wawasan berguna, salah satunya analisis data mining. Analisis data mining berperan dapat mengubah data besar yang tidak terstruktur menjadi sebuah informasi atau insight dapat ditindaklanjuti seperti membuat decision making.


Pada dasarnya data mining akan menggunakan berbagai algoritma matematika dan statistik untuk mengelompokkan besarnya jumlah data kemudian menemukan pola agar bisa mengungkapkan nilai yang memungkinkan dapat terjadi di masa depan. Nah, pada artikel DQLab kali ini akan membahas lebih lanjut fungsi analisis data mining yang biasa diaplikasikan di real case industry. Penasaran apa saja fungsinya? Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!


1. Meningkatkan Customer Service

Dengan menggunakan data mining dapat memberikan pengalaman yang hebat dan berkesan bagi pelanggan, karena pengalaman pelanggan menjadi aspek penting dan perlu diperhatikan agar membantu pertumbuhan industry baik organisasi atau pebisnis. Data mining sendiri digunakan untuk melakukan analisis pelanggan secara mendalam terhadap data yang sudah dimiliki dan data berasal dari berbagai sumber informasi. 


Data dapat mencakup informasi pelanggan hingga perjalanan pelanggan ketika menggunakan suatu situs web untuk mencari kebutuhan mereka. Salah satu contoh data yang sering kita jumpai yaitu survey online, kolom komentar pelanggan, dan bentuk data lainnya. Teknik data mining akan menguraikan data ini untuk mengidentifikasi baik pada data ketidakpuasan mereka serta kepuasan mereka.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Meningkatkan Inovasi

Data mining dapat memungkinkan sebuah organisasi atau pebisnis besar sekalipun untuk dapat memahami apa yang memotivasi pelanggan dan bagaimana produk atau layanan dapat digunakan dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini, menjadi dasar yang sangat tepat untuk melakukan inovasi karena tidak hanya mendapatkan ketertarikan pelanggan melainkan juga bisa mengoptimalkan bisnis dengan tepat. 


Data mining akan melakukan analisis untuk bisa menjawab pertanyaan penting seperti bagaimana kinerja produk di market, fitur apa yang disukai dan yang sering di komentar oleh user, seperti apa pengalaman mereka ketika menggunakan produk atau layanan tersebut, dan lainnya. Dengan demikian, bisa menjadi wawasan yang memungkinkan menemukan jalur ide baru atau berbeda untuk berinovasi.


3. Membantu Optimalisasi dan Prediksi Marketing

Memasuki era digital, penggunaan media sosial dan kanal digital lainnya menjadi bentuk pemasaran yang sangat efektif dan tepat, baik UMKM hingga bisnis internasional sudah menggunakan ilmu Data Science pada prosesnya. Data mining sendiri akan mengumpulkan dan memproses sejumlah data dengan volume yang besar dan tidak terstruktur kemudian informasi tersebut akan dilakukan identifikasi tren seperti apa yang sedang ‘ramai’. 


Hal ini, memungkinkan terjadinya prediksi di masa depan terkait informasi yang dibutuhkan user mengingat pelanggan kini pintar dalam memenuhi kebutuhan mereka. Tidak hanya itu, data mining juga membantu menganalisis informasi user tentang bagaimana mereka memandang merek, jenis produk yang disukai dan tidak disukai, serta upaya melakukan digital marketing secara optimal.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


4. Yuk, Mulai Belajar Analisis Data dan Data Science secara Otodidak bersama DQLab!

Data-driven company pada dasarnya akan membutuhkan beberapa skill dan teknik analisis data yang tepat agar data bisa digunakan serta sudah banyak perusahaan atau organisasi akan mencari sumber tenaga yang ahli dalam bidangnya. Jika kamu ingin memulai belajar Data Science dan menerapkan ilmunya di real case industry, DQLab bisa menjadi pilihan yang teoat bagi kamu yang ingin belajar secara otodidak. Tidak hanya pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan industri, di DQLab juga tersedia job connector yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai merajut karir sebagai praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer.


Tunggu apalagi? Yuk, langsung daftarkan diri kamu sekarang dengan signup di DQLab.id kemudian tekan ‘Belajar Gratis’ untuk memulai kesempatan belajar GRATIS dengan module “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Selamat mencoba sahabat Data DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!