PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 58 Menit 59 Detik 

Yuk, Intip Pengertian Metode Analisis Data Kualitatif dan Tahapannya!

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/51601003077d9a62ea7d13bb2b4a31c2_x_Thumbnail800.png

Data kualitatif merupakan pengelompokan data atau karakteristik yang tidak dapat diukur ukurannya. Sahabat data bisa menemukan berbagai bentuk data kualitatif seperti teks, video, audio, gambar dan masih banyak ragam bentuk lainnya. Data kualitatif sering digunakan dalam penelitian untuk mengetahui suatu fenomena atau gejala sosial secara mendalam. 


Meski berbeda dengan data kuantitatif, data kualitatif ini juga perlu dilakukan proses analisis juga agar pemahaman konsep serta pengalaman tertentu yang berasal dari data tersebut dapat digunakan. Proses analisis dengan metode kualitatif sangatlah beragam. Dengan tujuan meneliti untuk mengetahui permasalahan secara detail dan mendalam, metode analisis data kualitatif sering digunakan untuk meringkas, melakukan kategorisasi serta menafsirkan suatu fenomena yang terjadi. Beberapa teknik pengumpulan data kualitatif yang sering digunakan dalam penelitian adalah wawancara, studi dokumen observasi dan sebagainya.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengetahui 4 tahapan dalam melakukan analisis data kualitatif. Yuk, simak penjelasan berikut!


1. Pengumpulan Data

Pengumpulan data tentu menjadi tahap pertama dalam melakukan analisis data secara kuantitatif maupun kualitatif. Pada analisis data kualitatif, kamu bisa menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti wawancara, studi dokumen, observasi dan sebagainya. Teknik pengumpulan data harus tepat dan sesuai dengan tujuan yang hendak kamu capai melalui analisis ini. Hasil data yang telah dikumpulkan nantinya, akan masuk ke tahap kedua, yaitu reduksi data.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Reduksi Data

Reduksi data merupakan tahap dimana data akan disederhanakan, digolongkan serta menyaring data yang tidak diperlukan. Tujuannya, untuk menghasilkan informasi bermakna serta mempermudah dalam melakukan penarikan kesimpulan. Jumlah data yang sangat banyak dengan kompleksitasnya menyebabkan perlu dilakukan analisis data melalui tahap reduksi. Dapat dikatakan, tahap ini membantu dalam melakukan pemilihan tentang relevan atau tidaknya suatu data dengan tujuan akhir yang ingin dicapai.


3. Penyajian atau Display Data

Pada tahap ini, kegiatan yang dilakukan adalah menyusun sekumpulan data secara sistematis agar mudah dipahami. Hal tersebut akan memberi kemungkinan dalam menghasilkan kesimpulan. Bentuk penyajiannya bisa berupa teks naratif atau catatan lapangan, grafik, matriks maupun bagan. Melalui penyajian atau display data tersebut, data akan terorganisasikan dan tersusun, sehingga lebih mudah dipahami.


4. Kesimpulan dan Verifikasi Data

Tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data merupakan akhir dalam teknik analisis data kualitatif. Pada tahap ini, kita akan melihat hasil reduksi data tetap mengacu pada tujuan akhir yang hendak dicapai. Tujuannya, mencari makna, hubungan, persamaan maupun perbedaan dari data yang dikumpulkan untuk ditarik kesimpulan sebagai jawaban dari permasalahan yang ada. Umumnya, kesimpulan awal masih bersifat sementara dan memungkinkan dalam mengalami perubahan. Namun, apabila kesimpulan awal tersebut didukung oleh bukti yang valid, maka kesimpulan tersebut dapat dikatakan kredibel. Verifikasi dilakukan agar penilaian dan kesesuaian dat lebih tepat dan obyektif.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Yuk, Belajar Data Science dan Rakit Karirmu Jadi Data Scientist, Sekarang!

Belajar Data Science tidak terbatas untuk mereka yang memiliki background STEM saja lho!

DQLab Siap bantu kamu untuk berkarir menjadi Data Scientist dengan fun, aplikatif dan praktis. Langsung sign up aja di DQLab.id dan kamu bisa belajar menggunakan modul GRATIS yang tersedia! Jika ingin lebih mendalami materi seputar Data Science, akses modul platinum dan pilih materi yang ingin kamu pelajari!

Yuk, Belajar Data Science sekarang dan rakit karirmu segera!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :