GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 0 Menit 2 Detik 

Yuk, Intip Tips Belajar Data Science untuk Kuasai Python

Belajar Data Science di Rumah 13-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b84bac90955f46d96e868373b976ba14_x_Thumbnail800.jpg

Meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia dibidang Data Science, menjadikan ketertarikan orang untuk memulai belajar bahasa pemrograman python semakin berkembang. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di dunia dan menjadi salah satu skill wajib yang dikuasai oleh praktisi data. Bahasa pemrograman python sendiri mudah untuk dipelajari dan hampir dipakai di segala bidang, seperti sistem web, pengembangan aplikasi, ilmu dan analisis data dan lainnya. Dalam proses pembelajaran python terutama kamu bagi si pemula, perlu diketahui beberapa hal untuk belajar python jika kamu yang ingin serius berkarir di bidang programming atau menjadi praktisi data.

Memasuki revolusi industri 4.0, sudah banyak perusahaan yang menggunakan Python. Jangan khawatir, pada artikel kali ini DQLab akan membantu kamu dengan membahas beberapa tips belajar data science untuk menguasai bahasa pemrograman python. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Mempelajari Data Science dengan Kenali Elemen-Elemen Dasar Python

Hal yang harus kamu ketahui dalam belajar python adalah pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Python yang sesuai dengan software yang kamu miliki ya sahabat data DQLab. Jika sudah mengunduh, langkah berikutnya yaitu mulailah mempelajari beberapa komponen didalamnya, diantaranya seperti syntax, komentar, variabel, booleans. Jika menurut mendapatkan temuan baru atau penting, kamu bisa banget untuk take notes dari pembelajarannya. Teknik mencatat ini bisa digunakan untuk mereview kembali jika diperlukan dan menjadi pembelajarannya untuk membantu kamu dalam membuat project lho!


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Memahami Framework Python

Framework merupakan sebuah program yang dibuat untuk mempermudah dalam melakukan coding. Memanfaatkan framework python bagi seorang developer web, dapat menghemat lebih banyak waktu dalam proses pengembangan aplikasi web dan terfokus pada pekerjaan utama. Pada poin ini, kamu akan berkenalan dengan beberapa framework Python yang populer, diantaranya:

  • Django

  • Pyramid

  • Flask

Pada ketiga framework diatas hanya beberapa contoh yang bisa digunakan untuk kamu baik bagi pemula sekalipun. Dengan mengetahui serta menguasai fitur-fitur dasar utamanya saja, you are good to go!


3. Memanfaatkan Sumber yang Ada

Salah satu cara terbaik untuk belajar python dengan mengikuti kursus online. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kurikulum serta pembekalan yang lebih terstruktur. Mengikuti kursus online juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Sumber lainnya bisa dilakukan melalui forum online, baik bertukar pertanyaan pada forum tersebut atau kamu bisa mengunjungi forum dan membantu menyelesaikan kendala atau isu yang dimiliki anggota lain di dalam forum tersebut. Pada aktivitas ini akan membantu kamu menjadi coder dan pemecah masalah yang handal.


4. Mulai Mengerjakan Proyek untuk Portofolio Data

Setelah merasa cukup menguasai pembelajaran python, mulailah implementasikan dengan mengerjakan sebuah project. Project dapat dilakukan dari hal yang mudah dan mendasar, tidak perlu mencoba suatu perangkat lunak yang laris di pasaran. Misalnya seperti berfokus pada menciptakan beberapa potongan code hal-hal tertentu. Pada project yang dikerjakan dapat membantu kamu dalam membangun portofolio, serta mengukur kemampuan menyelesaikan masalah saat proses coding dan nantinya bisa dijadikan sebuah bahan evaluasi untuk pembelajaran kedepannya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Belajar Python bersama DQLab dan Akses Module Gratis!

Bingung untuk mencari kursus yang tepat? DQLab solusinya! DQLab menjadi sebuah wadah untuk kamu yang ingin menambah wawasan serta mengikuti program-program terkait dengan edukasi Data Science. Nilai plusnya, kamu bisa mengikuti semua kegiatan pembelajaran ini dengan waktu belajar yang fleksibel. Yuk, daftarkan diri kamu sekarang! Caranya mudah banget hanya dengan membuat akun disini DQLab.id, nantinya kamu bisa mencoba free module "Introduction to Data Science with R" dan "Introduction to Data Science with Python". Ayo, nikmati pengalaman menarik belajar Data Science yang seru dan menyenangkan!



Penulis: Agnes Nurlisa

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!