MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 9 Menit : 59 Detik

Yuk Intip Tips Belajar Python dengan Cepat!

Belajar Data Science di Rumah 10-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f1773b156896194252812ba10ce2e18d_x_Thumbnail800.png

Python adalah bahasa pemrograman yang populer karena dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Tak heran jika banyak orang yang ingin berkarir di dunia komputer dan data science tertarik untuk belajar python. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum, dan dirilis pada tahun 1991. Beberapa fungsi python adalah untuk pengembangan website, software, pengolahan data, dan pengembangan sistem. Selain itu, python juga dapat terhubung dengan sistem database dan memodifikasi file. Bahasa pemrograman python sangat powerful karena dapat bekerja pada berbagai platform yang berbeda seperti windows, mac, linux, dan lain sebagainya. Selain itu sintaks yang dimiliki python dapat ditulis lebih singkat daripada sintaks pada bahasa pemrograman lain. Kelebihan python yang lain adalah sintaks yang sederhana dan mirip dengan bahasa inggris. Bahasa pemrograman ini berjalan pada sistem interpreter, artinya kode dapat dieksekusi segera setelah ditulis. 

Versi utama terbaru dari python adalah python 3. Saat ini python menjadi bahasa pemrograman favorit bagi para data scientist. Hal ini karena bahasa pemrograman ini lebih cepat dalam memproses big data. Kelebihan lain yang dimiliki python adalah bersifat open source, artinya kita tidak perlu membeli lisensi karena lisensi yang diterapkan pada python adalah lisensi gratis untuk personal use dan commercial use. Python memiliki banyak fitur, oleh karena itu, kita perlu metode belajar yang tepat dan terstruktur agar dapat memahami bahasa pemrograman ini. Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan tips bagaimana belajar python dengan cepat dan efektif. Penasaran apa saja tips nya? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

1. Tentukan Tujuan Belajar dan Pahami Dasar-Dasar Python

Sebelum memulai belajar python, pertama-tama tetapkan dahulu tujuan studi kita. Tantangan yang nantinya datang akan lebih mudah dilalui jika kita tetap mengingat tujuan awal belajar. Selain itu, kita juga harus memahami materi belajar apa yang harus kita fokuskan dan tekuni. Misalnya, jika kita mau belajar python untuk analisis data, materi yang akan banyak kita pelajari adalah materi mengenai fungsi, packages, dan library python yang berkaitan dengan analisis data. Selain itu, python juga bisa digunakan untuk data science dan machine learning, aplikasi seluler, pengembangan situs web, otomatisasi kerja, dan lain sebagainya. 

Hal kedua yang harus dipelajari dari bahasa pemrograman python adalah dasar-dasar penggunaan python. Beberapa dasar-dasar python adalah variabel, jenis, list, dictionary, set, operator dasar, pemformatan string, conditional, loop, function, kelas, objek, dan lain sebagainya. Jika kita tidak belajar dari dasar, maka kita akan kesulitan mengatasi masalah, proyek, maupun kasus-kasus kompleks. Saat ini sudah banyak website, video, artikel, dan media lain untuk belajar python. Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa mengikuti kelas kursus belajar python agar belajarmu lebih terstruktur. 

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

2. Pilih Sumber Belajar yang Tepat

Sumber belajar python dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu sumber belajar interaktif, sumber belajar non-interaktif, dan video. Sumber belajar interaktif yang saat ini sedang populer dan banyak diminati adalah kursus online. Di indonesia sendiri, kursus online python sudah sangat menjamur, kamu bisa pilih paket sesuai budget yang kamu miliki. Bahkan beberapa kursus online menawarkan kelas gratis selama beberapa bulan. Namun, jika kamu belum tahu kursus mana yang akan kamu pilih, kamu bisa mencoba paket free trial pada beberapa kursus online. 

Sumber belajar non-interaktif adalah sumber belajar paling tradisional dan membutuhkan lebih banyak waktu. Salah satu sumber belajar non-interaktif adalah buku, baik buku digital maupun buku cetak. Sebagian pelajar lebih menyukai sumber belajar semacam ini karena mereka sudah akrab dengan buku. Selain itu, sumber belajar ini juga bisa didapat secara gratis melalui google books dan website. Sumber belajar video mulai populer belakangan ini. Sumber ini menyerupai ceramah di universitas yang direkam dalam video. Sumber belajar video biasanya dimanfaatkan oleh universitas untuk mengenalkan kampus ataupun program studi di dalam kampus tersebut. 

3. Mulai Pelajari Library Python dan Kenali Anaconda untuk Mempercepat Kinerja Python

Hal penting yang harus dipelajari dari python adalah mempelajari library-library di dalamnya. Library adalah kumpulan fungsi khusus yang berfungsi sebagai akselerator. Dengan library, kita tidak perlu menulis sintaks dan code yang panjang untuk menyelesaikan tugas khusus. Contoh library yang banyak digunakan adalah library pandas dan numpy. Library pandas sangat populer untuk memanipulasi data tabular, sedangkan library numpy digunakan dalam melakukan operasi matematika dan logika pada array. Terkadang kita akan menemui masalah saat mengunduh dan menginstall python dari situs web python, atau saat mencari dan mendownload library tambahan. Oleh karena itu, DQLab menyarankan kamu untuk menginstall anaconda. Software ini sudah berisi banyak paket yang bisa kita gunakan untuk analisis data ataupun data science menggunakan python. 

Seperti yang telah dijelaskan di awal, python dapat digunakan dalam bidang data science. Data science merupakan gabungan ilmu statistika dan komputasi yang saat ini sedang banyak dibutuhkan di berbagai sektor industri. Hal ini karena meningkatnya kesadaran perusahaan mengenai pentingnya data dalam proses pengambilan keputusan. Namun, untuk mendapatkan informasi yang berguna, perusahaan harus mengolah data tersebut terlebih dahulu. Proses mengekstrak data menjadi informasi yang insightful merupakan salah satu tugas dari data scientist. Meningkatnya lapangan pekerjaan data scientist berbanding lurus dengan meningkatnya minat orang-orang untuk mempelajari dan menekuni data science secara serius. Fakta unik data science adalah ilmu ini dapat dipelajari oleh siapapun.


Baca juga : 3 Metode Numpy Array Python Sebagai Dasar Proses Manipulasi Data

4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

    Editor: Annissa Widya Davita


    Share

    Postingan Terkait

    Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!