PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 51 Menit 52 Detik

Yuk jadi Data Engineer Unggulan, Ini Tools Wajibnya!

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-04-2023-10-24-204703_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer adalah salah satu profesi yang berkaitan dengan data. Saat ini perkembangan data semakin pesat dari waktu ke waktu dan profesi yang bertanggung jawab terhadap data pun sudah banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.


Dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya, seorang data engineer memerlukan tools data engineer agar dapat mengerjakan dengan lebih mudah dan efisien. Tools data engineer inipun saat ini sudah banyak tersedia berbagai pilihan yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan. 


Data engineer secara umum hampir sama dengan profesi data lainnya yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Seorang data engineer bertanggung jawab mendesain dan melakukan implementasi data system serta memelihara sistem, membangun sistem untuk mengumpulkan, memproses dan memvalidasi data, bertanggung jawab dalam proses ETL, mengembangkan dan menerapkan kebijakan dan masih banyak tugas lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tools data engineer yang biasa digunakan oleh praktisi data.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


1. Kepentingan Bisnis dengan Power BI

Power BI merupakan salah satu tools data engineer yang sering digunakan untuk kepentingan bisnis. Power BI ini termasuk bagian dari Microsoft dan memiliki beberapa versi seperti Power BI Desktop, Power BI Service, Aplikasi Power BI untuk Android dan IOS, Power BI Report Builder dan Power BI Report Server.


Power BI pada umumnya termasuk ke dalam software yang gratis namun hanya memiliki beberapa fitur terbatas. Namun jika pengguna ingin menambahkan atau menggunakan beberapa fitur tambahan maka pengguna dapat mengupdate beberapa paket yang tersedia dengan membayar sejumlah tertentu.

Data Engineer


2. Database Snowflake

Snowflake merupakan sebuah database multidimensional dalam data warehouse.  Database ini memiliki bentuk atau skema yang menyerupai potongan salju yang terhubung dengan berbagai dimensi yang juga dikelompokkan dalam tabel.


Beberapa karakteristik dari tools snowflake antara lain memiliki ukuran yang kecil dan mudah menambahkan dimensi pada skema. Snowflake memiliki kelebihan seperti cocok ke lebih banyak tools dan hemat storage.

Data Engineer

3. Tools Java

Tools Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mungkin sudah sering kita dengar sejak dulu dan telah digunakan oleh banyak programmer. Tools Java ini sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengembangan game, komputasi cloud, big data, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT).


Terdapat beberapa alasan mengapa Java menjadi pilihan developer antara lain seperti sumber daya learning yang berkualitas tinggi, fungsi dan pustaka bawaan, dukungan komunitas aktif, alat pengembangan berkualitas tinggi, tidak bergantung pada platform, serta memiliki tingkat keamanan yang mudah dikonfigurasi.

Data Engineer

4. Bahasa Pemrograman Julia

Julia adalah sebuah bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam proyek data science. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2012 ini juga menjadi salah satu aplikasi favorit para praktisi data.


Aplikasi Julia telah digunakan untuk beberapa keperluan seperti melakukan tugas komputasi numerik, proses machine learning, analisis statistik, membangun perangkat lunak, pengembangan web, dan masih banyak lainnya.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Tools data engineer merupakan salah satu hal yang memiliki peranan penting dalam proses analisis data Selain beberapa tools data engineer yang tertera di atas masih banyak tools data engineer yang dapat kamu pelajari di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass sekarang! 




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login