FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 3 Menit 31 Detik 

Yuk, Kenalan dengan Apa Itu SQL Server!

Belajar Data Science di Rumah 14-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb3b9d029b378ba0bbb7ef506555f255_x_Thumbnail800.jpg

Dalam bidang data analyst dan sekitarnya mahir mengoprasikan Python saja tidak cukup, diperlukan suatu sistem penyimpanan data. Menguasai SQL juga merupakan skill wajib yang harus kamu miliki. SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database (basis data) atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional.


Yang fungsinya untuk menambahkan, mengubah, mengupdate, mencari serta menghapus data dari suatu sistem database. Produk-produk SQL di pasaran sangat banyak salah satu contohnya yang akan kita bahas bersama-sama adalah SQL server.


SQL Server adalah produk RDBMS yang dimiliki oleh Microsoft dan sama seperti Oracle DB, SQL Server bersifat proprietary atau tidak open source, SQL Server umumnya digunakan di perusahaan skala besar yang juga menggunakan produk keluaran Microsoft lainnya. Pemakaiannya yang fleksibel dapat digunakan dari jenis laptop manapun ke jaringan server cloud dan lain-lain membuat SQL server cukup banhyak penggemar fanatiknya. 


Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang SQL Server, dimana pada artikel ini akan mencoba menjelaskan dan menjabarkan secara ringkas apa itu SQL Server, penulisan sintaks, kelebihan hingga kekurangannya.


1 Apa itu SQL Server?

sql

Sesuai dengan judul artikel ini, sebenarnya apa sih SQL Server? SQL server adalah sistem manajemen database relasional atau disingkat RDBMS besutan Microsofft. Mirip dengan produk pasaran RDBMS lainnya,  SQL server ini dibangun di atas SQL yakni, bahasa pemrograman standar untuk berinteraksi dengan database relasional.


SQL server terkait dengan transact-SQL atau T-SQL, implementasi Microsoft SQL yang menambahkan satu set konstruksi pemrograman berpemilik. SQL server bekerja secara eksklusif pada lingkungan windows selama lebih dari 20 tahun. Di tahun 2016, microsoft membuatnya tersedia di Linux. SQL server 2017 menjadi tersedia secara umu pada oktober 2016 yang berjalan di windows dan linux.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Arsitektur SQL Server

sql

SQL server terdiri dari dua komponen utama yaitu database engine, dan SQLOS. Dimana database engine merupakan komponen inti dari SQL server yang terdiri dari relational engine untuk memprooses kueri dan storage engine untuk mengelola file database, halaman indeks, dll. Objek database seperti prosedur tersimpan, rampilan dan pemicu juga di buat dan dijalankan oleh databse engine. 


Sementara untuk SQLOS terletak dibawah relational engine dan storage engine. SQLOS menyediakan banyak layanan sistem operasi seperti operasi memori, dan manajemen I/O. Layanan lain juga termasuk layanan penganganan dan sinkronisasi pengecualian.


3. Penulisan Sintaks SQL Server

Secara umum RDBMS menggunakan SQL untuk mengakses database, tapi produk RDBMS tidak hanya satu jenis melainkan berbagai jenis produk, maka dari itu SQL syntax pun bisa jadi sedikit berbeda untuk setiap produk tersebut. Berikut contoh perbandingan MySQL, Oracle, dan SQLSERVER untuk menampilkan beberapa baris data dari suatu tabel :


sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Keuntungan dan Kerugian SQL Server

Pengguna OS windows di segala versi turut berbahagia karena SQL Server dapat digunakan pada OS Windows di segala versi mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Windows versi terbaru. 


SQL Server juga mendukung banyak sekali software database, yang menjadi keuntungan bagi penggunanya dalam mempermudah pekerjaan mengolah database. Pengguna dapat menggunakan software database apapun yang ingin digunakan, tanpa perlu khawatir tidak akan kompatibel dengan Microsoft SQL Server. 


Selain itu SQL server cukup sering digunakanuntuk melakukan clustering data, sehingga data-data yang dioleh cenderung lebih mudah diimplementasikan, karena kita dapat membagi-baginya ke dalam beberapa cluster.


Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna, diibalik keuntungan yang dimiliki SQL server juga memiliki kerugian. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa SQL server ini merupakan software besutan Microsoft yang artinya harga jualnya memang cukup tinggi jika dibandingkan software lainnya. Selain itu juga bagi kamu pengguna Mac OS, SQL server belum bisa kamu gunakan karena belum mendukung multi OS. 

sql

Perkaya skill data science kamu dan wujudkan cita-cita menjadi seorang data scientist dengan mengikuti kelas Fundamental SQL bersama  DQLab. Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki background IT sekalipun, karena materi yang disajikan adalah materi mendasar hingga mahir. Buruan Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :