DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 23 Menit 48 Detik 

Yuk, Kenalan Lebih Dalam dengan Data Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 24-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d8e5075faf459a41c0921b64b761865e_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam suatu proses penelitian. Data terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang berdasarkan sumber, berdasarkan sifat, berdasarkan metode pengambilan, dan lain-lain. Berdasarkan sifatnya, data terbagi menjadi dua, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Jenis data ini digunakan sesuai dengan jenis penelitian yang dilaksanakan. Untuk menghasilkan kesimpulan penelitian yang baik maka diperlukan data yang berkualitas. Salah satu cara mendapatkan data yang berkualitas adalah dengan cara melakukan teknik pengolahan data dengan baik dan benar


Teknik pengolahan data merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian dalam penelitian. Dimulai dari mengumpulkan data, menyeleksi data, membersihkan data, dan seterusnya. Dengan melakukan teknik pengolahan data yang baik dan benar, maka hasil analisis data semakin baik pula. Hasil analisis data yang baik tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan untuk menentukan langkah kedepannya dalam keputusan bisnis. Pada artikel kali ini kita akan sedikit mengenali tentang data kualitatif, teknik, tahapan, serta manfaat pengolahan data kualitatif.


1. Data Kualitatif


Data kualitatif merupakan informasi yang bukan dalam simbol angka atau bilangan, melainkan dalam bentuk kalimat verbal. data kualitatif didapatkan melalui proses yang menggunakan teknik analisis mendalam sehingga tidak dapat diperoleh secara langsung. Contoh beberapa penelitian yang menggunakan data kualitatif adalah penelitian yang menunjukkan kualitas dari suatu kejadian atau fenomena, misalnya kualitas air danau menggunakan mesin pembersih air. 


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Contoh Teknik Pengolahan Data Kualitatif


Terdapat beberapa cara atau teknik pengolahan data kualitatif yang cukup umum dan sering dilakukan, antara lain :

- wawancara, suatu metode yang dilakukan dengan cara tanya jawab baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan mendapatkan informasi dari responden.

- focus group discussion (FGD), merupakan metode yang dilakukan dengan cara diskusi suatu tema yang bertujuan untuk menemukan makna atau pemahaman tertentu.

- observasi, merupakan metode yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung di lapangan.


3. Tahapan Pengolahan Data Kualitatif


Pengolahan data kualitatif memerlukan tahapan-tahapan yang perlu diketahui agar tidak ada tahapan yang terlewat nantinya. Adapun tahapan atau langkah pengolahan data kualitatif adalah sebagai berikut:

- reduksi data, sebuah proses pemilihan, penyederhanaan, pemusatan, dan lain-lain yang bertujuan untuk menghasilkan data yang relevan.

- penyajian data, langkah atau tahapan yang selanjutnya dilakukan adalah dengan penyajian data, yang bertujuan agar data dapat tersampaikan.

- penarikan kesimpulan, menarik kesimpulan dari kumpulan data yang ada berdasarkan hasil analisis


4. Manfaat Pengolahan Data Kualitatif


Pengolahan data kualitatif tentunya memiliki beberapa manfaat yang terasa bagi peneliti. Salah satunya adalah mendapatkan data dan fakta yang menjelaskan fenomena secara mendalam atau rinci. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa penelitian yang menggunakan data kualitatif umumnya berfokus pada kualitas data, maka dengan semakin mendalam dan semakin rinci data yang didapatkan kualitas data semakin baik pula.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


5. Yuk, Merintis Karir Menjadi Data Scientist Mulai Dari Sekarang!


Profesi Data Scientist tidak hanya bisa didapatkan oleh orang yang memiliki latar belakang pendidikan STEM. Siapapun bisa menjadi data scientist. Caranya dapat dilakukan dengan belajar otodidak atau mengikuti kursus data science. Apakah kalian sudah tertarik bergabung dalam profesi yang berkaitan dengan data?. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist dan data analyst kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!