PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 36 Menit 17 Detik 

Yuk, Kenali Analisis Data Pahami Konsep dan Pengertiannya

Belajar Data Science di Rumah 02-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61c62ccf6e49fd094f122c9decbcc2ca_x_Thumbnail800.jpg

Apa ya pengertian analisis data? ada banyak definisi mengenai analisis data yang telah dikemukakan oleh para ahli, contohnya seperti yang dikemukakan oleh Lexy J. Moleong pengertian analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. Namun, secara umum analisis data adalah suatu proses untuk mengekstraksi informasi yang berguna dari data dan mengambil keputusan bisnis melalui serangkaian langkah sedemikian rupa agar dapat mencapai tujuan.


Sebagai contoh sederhana analisis data adalah setiap kali kamu mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan apa yang telah terjadi atau apa yang akan terjadi dengan memilih keputusan tertentu. Dengan menganalisis masa lalu atau masa depan dan membuat keputusan berdasarkan itu. Untuk itu, kamu perlu mengumpulkan memori masa lalu kamu atau impian masa depanmu dengan cara melakukan analisis data. Kenali tentang pengertian analisis data lebih lanjut pada artikel di bawah ini, ya!


1. Pengertian Analisis Data

Analisis data kerap didefinisikan sebagai proses cleaning, transforming, dan memodelkan data untuk menemukan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bisnis. Yang mana, tujuan analisis data adalah untuk mengekstraksi informasi yang berguna dari data dan mengambil keputusan berdasarkan data. Sederhananya, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang bermanfaat darinya. Proses analisis data menggunakan alasan analitis dan logis untuk mendapatkan informasi dari data. Tujuan utama analisis data adalah untuk menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diturunkan dapat digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Bagaimana Analisis Data Digunakan dalam Bisnis?

Analisis data digunakan dalam bisnis untuk membantu organisasi membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Baik itu riset pasar, penelitian produk, penentuan posisi, ulasan pelanggan, analisis sentimen atau masalah lain untuk data mana yang ada, menganalisis data akan memberikan wawasan yang dibutuhkan oleh organisasi untuk membuat pilihan yang tepat. Analisis data penting untuk bisnis saat ini, karena pilihan yang digerakan oleh data adalah satu-satunya cara untuk benar-benar percaya diri dalam keputusan bisnis. Hampir semua sektor bisnis yang sukses adalah berbasis data.


3. Contoh Analisis Data

Untuk menggambarkan dengan baik bagaimana dan mengapa analisis data penting untuk bisnis, terdapat 4 jenis analisis data dan contoh masing-masing sebagai berikut:

  • Analisis deskriptif : jenis analisis data yang berpedoman pada data di masa lalu dan memberi tahu apa yang akan terjadi. Ini sering digunakan ketika kamu ingin melacak indikator kinerja utama (KPI), pendapatan, lead penjualan dan banyak lagi.

  • Analisis diagnostik: analisis data diagnostik bertujuan untuk menentukan mengapa sesuatu terjadi. Setelah analisis deskriptif kamu menunjukkan bahwa suatu hal negatif atau positif terjadi, analisis diagnostik dapat dilakukan untuk mengetahui alasannya.

  • Analisis prediktif: analisis data prediktif memprediksi apa yang mungkin terjadi di masa depan. Dalam jenis penelitian ini, tren berasal dari data masa lalu yang kemudian digunakan untuk membentuk prediksi tentang masa depan

  • Analisis perspektif: analisis data yang menggabungkan informasi yang ditemukan dari 3 jenis analisis data sebelumnya dan membentuk rencana tindakan bagi organisasi untuk menghadapi masalah atau keputusan. 


4. Membuat Analisis Data Lebih Efisien untuk Bisnis

Kamu tahu bahwa tujuan utama analisis data adalah untuk membuat keputusan bisnis yang didukung oleh data-data, jadi mengapa kamu membiarkan proses ini begitu lama sehingga wawasan sudah usang pada saat kamu mendapatkannya? Metode web scraping dan analisis data akan memakan waktu dimana nilainya akan berkurang. Oleh karena itu, kamu perlu membuat integrasi data web. Integrasi web mengotomatiskan semua langkah analisis data web, memungkinkan kamu untuk mendapatkan wawasan dari data saat segar. Daripada wawasan atau insight tersebut menjadi usang sebagai basis data untuk keperluan  bisnis kamu, kamu dapat menggunakan insight dari data real-time.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Pengertian Analisis Data dan Lainnya  Modul dari DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :