Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk, Kenali Beberapa Contoh Metode Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4496e458556c4f20cd837c0fdcf2edf7_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian pernah melaksanakan kegiatan penelitian? Ketika melaksanakan suatu penelitian, kita membutuhkan data. Agar data tersebut menjadi informasi dan mencapai tujuan penelitian kita, maka diperlukan proses analisis data. Analisis data merupakan proses pengolahan data mentah menjadi informasi data. Sehingga, diperlukan pula pengetahuan contoh metode analisis data yang dapat kita gunakan dalam penelitian.


Metode analisis data merupakan suatu cara atau metode yang digunakan dalam proses analisis data. Metode analisis data diterapkan sesuai dengan jenis data yang kita gunakan. Ketepatan dalam memilih metode analisis data akan berpengaruh kepada hasil penelitian Jika kita salah memilih metode analisis data, misalnya yang berlawanan dengan jenis data kita, maka proses analisis data akan tidak sesuai. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh metode analisis data yang cukup sering digunakan.


1. Analisis Deskriptif

Metode analisis deskriptif merupakan salah satu metode statistik yang sangat sering digunakan. Metode analisis deskriptif adalah metode yang bertujuan mendeskripsikan atau memberikan gambaran data yang diteliti secara keseluruhan. Metode ini dapat meringkas berbagai kondisi dan situasi data. Beberapa contoh ringkasan yang didapatkan antara lain seperti nilai rata-rata, nilai modus, nilai tengah, nilai maksimum, nilai minimum, standar deviasi, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Analisis Korelasi

Pada bagian sebelumnya telah dikenali metode analisis deskriptif yang mana merupakan salah satu dari metode yang digunakan pada data kuantitatif. Selain metode analisis deskriptif, terdapat pula metode analisis korelasi. Analisis korelasi merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel, apakah linear atau tidak. Jika berhubungan, berarti perubahan yang terjadi pada variabel X akan mempengaruhi pada variabel Y.


3. Analisis Konten

Selain metode analisis data kuantitatif, kita perlu mengenali pula contoh metode analisis data kualitatif, salah satunya adalah metode analisis konten. Analisis konten merupakan suatu metode penelitian yang sifatnya berupa pendalaman pembahasan informasi dari media massa. Oleh karena itu metode ini sering digunakan pada data kualitatif. Metode ini juga dapat digunakan untuk mengetahui karakteristik isi dan menarik dari teks yang akan dianalisis.


4. Analisis Naratif

Jika sebelumnya kita telah mengenali analisis konten, kali ini kita akan mengenali analisis naratif yang merupakan contoh lain dari analisis data kualitatif. Analisis naratif merupakan metode analisis yang diterapkan pada narasi baik itu narasi teks, gambar, pertunjukan, kejadian, artefak yang menceritakan sebuah kisah, dan lain-lain. Analisis naratif ini akan membantu kita dalam memahami narasi serta dapat mengevaluasi narasi pula.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif



5. Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab 

Data scientist kini bukan merupakan hal asing di sekitar kita. Seiring perkembangan teknologi, data semakin berkembang dan analisis data pun sangat diperlukan. Disinilah peran data scientist bermain. Nah, untuk menjadi data scientist kita perlu memahami ilmu-ilmu dasarnya dan sering berlatih pula. Semua itu bisa kita dapatkan di DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mulai mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!