[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 8 Menit 57 Detik 

Yuk, Kenali Jenis Data Statistik dari Berbagai Sudut Pandang!

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/94d5e6c3542c1e38a408dc340e77230f_x_Thumbnail800.jpg

Pada era digitalisasi ini memudahkan manusia untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun. Hal ini berpengaruh terhadap berbagai bidang, salah satunya adalah bidang data. Oleh karena itu, muncullah istilah big data (data yang berukuran besar), sehingga istilah data Statistik sudah tidak asing lagi bagi kita. Terdapat banyak jenis data statistik yang dapat dilihat dari hasil pengukuran, cara mendapatkan, dan beberapa jenis pengklasifikasian lainnya. Apapun jenis data yang digunakan, perlu diketahui bahwa setiap data statistik itu memiliki karakteristik dan cara perlakuan yang berbeda-beda. 


Statistik telah diterapkan dalam berbagai bidang, sebagai salah satu contoh adalah dalam bidang kependudukan. Setiap 10 tahun sekali, pemerintah memiliki program kependudukan yaitu berupa sensus penduduk. Sensus penduduk itu didalamnya terdapat berbagai macam jenis data yang harus diisi antara lain seperti jumlah penduduk, kematian, kelahiran, tingkat pendidikan, dll. Data statistik hasil sensus tersebut akan dirangkum serta dianalisis untuk digunakan sebagai pertimbangan pertumbuhan pembangunan negara. Contoh lain adalah pada saat pemilihan umum, biasanya warga akan melihat quick count hasil perhitungan pemungutan suara calon-calon terpilih. Tentunya kegiatan tersebut memerlukan statistik yang akurat. Selain dua contoh di atas, masih banyak lagi penerapan statistik dalam keseharian kita yang mungkin tidak kita sadari. Pada artikel kali ini akan dikenai beberapa jenis data statistik yang ditinjau dari berbagai sudut pandang.


1. Berdasarkan Cara Memperoleh

Berdasarkan cara memperolehnya, data statistik terbagi menjadi dua jenis yaitu data sekunder dan data primer. Data primer merupakan data yang diperoleh melalui tangan pertama. Artinya, peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data tersebut. Beberapa cara memperoleh data sekunder antara lain dapat melalui proses wawancara dan menyebarkan kuesioner. Adapun data sekunder merupakan data yang diperoleh dari pihak yang telah mengumpulkan data tersebut sebelumnya, atau dengan kata lain peneliti merupakan pihak ketiga atau lebih yang mendapatkan data tersebut. Sumber data sekunder dapat diperoleh dari instansi pemerintah atau lembaga swasta penyedia data.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Berdasarkan Sifatnya

Jenis data statistik jika ditinjau dari sifatnya, terdiri menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka, atau bisa pula dikatakan data yang bersifat non-numerik. Data kualitatif ini biasanya berupa data nominal atau ordinal. Adapun kebalikan dari data kualitatif adalah data kuantitatif, yaitu data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau bersifat numerik, sehingga dapat dianalisis menggunakan rumus statistik. 


3. Berdasarkan Skala Pengukuran

Berdasarkan skala pengukuran, data statistik terbagi menjadi empat jenis, yaitu 1) data ordinal, data yang cara penyusunannya berdasarkan kategori tertentu dan memperhatikan urutan; 2) data nominal, data statistik yang cara penyusunannya berdasarkan kategori tertentu namun tidak memperhatikan urutan sehingga semua data dianggap memiliki tingkatan yang sama; 3) data rasio, data yang cara penyusunannya dengan cara membandingkan antara satu data dengan data lainnya dan memiliki nilai nol mutlak; 4) data interval, data yang cara penyusunannya disusun dengan jarak yang sama dan tidak memiliki nilai nol mutlak.


4. Manfaat Data Statistik

Setelah mengetahui berbagai jenis data statistik yang dapat ditinjau dari cara memperolehnya, dari sifatnya, dan dari skala pengukuran maka alangkah baiknya kita mengetahui manfaat data statistik, beberapa diantaranya adalah:

  • Mendapatkan suatu gambaran peristiwa

  • Untuk menyusun laporan

  • Untuk melakukan pengujian

  • Mengetahui hubungan antar variabel

  • Menarik kesimpulan 

  • Mengikuti perkembangan suatu peristiwa


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Yuk, Kenali dan Pahami Dasar Statistik di DQLab

Statistika merupakan salah satu bagian ilmu dasar yang harus dipelajari oleh data scientist. Dasar-dasar statistik pun harus sudah dipahami oleh para praktisi data untuk mempermudah proses pengolahan data. Dasar-dasar statistik untuk data scientist ini tersedia pula di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!