[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 5 Menit 4 Detik 

Yuk Kenali Manfaat Ilmu Excel untuk Kegiatan Administrasi

Belajar Data Science di Rumah 17-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cae947a96bc271167fe4fde7e3f1c66e_x_Thumbnail800.jpg

Admin merupakan sebuah pekerjaan yang menjaga agar semua pekerjaan terorganisir dengan baik. Pekerjaan ini banyak membutuhkan ilmu excel dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat rumit dan beragam. Admin bertugas untuk mendiagnosis adanya masalah, mengatur informasi dengan cepat dan ringkas, menyusun agenda untuk rapat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar admin dapat menyusun dan mengorganisir pekerjaannya dengan baik, perlu bantuan excel dengan berbagai fitur yang dimiliki. Tak heran jika seorang admin dituntut untuk memiliki pemahaman penggunaan excel yang baik.


Microsoft excel adalah program spreadsheet terpopuler yang digunakan di berbagai industri, khususnya di bagian administratif. Kelebihan dari excel yang tidak dimiliki software lain di luar microsoft adalah software ini bisa diintegrasikan dengan berbagai tools microsoft yang lain seperti microsoft word, powerpoint, microsoft team, outlook, one drive, dan lain sebagainya. Seperti yang telah dijelaskan di awal,excel dapat membantu berbagai pekerjaan administratif. Apa saja yang dapat dilakukan excel untuk mensupport administrasi di berbagai bidang industri? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Mengumpulkan data

Seorang admin yang baik harus memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan menyajikan data yang valuable bagi manajemen. Microsoft excel menyediakan berbagai cara untuk menggabungkan data dari berbagai data source. Tools ini dapat membuat spreadsheet yang berisi berbagai angka dan data  lebih baik dan sederhana dengan format .xlsx. Selain itu, data pada excel juga bisa di-import dari berbagai sumber dan jenis data mulai dari file text, database, bahkan  website. Setelah semua data digabungkan, maka data tersebut siap untuk dianalisis, diatur, dan dipresentasikan untuk berbagai kebutuhan.


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengaturan Data Lebih Efektif

Tanggung jawab kedua seorang admin adalah untuk merawat dan menyusun atau mengatur berbagai data untuk berbagai keperluan. Untungnya, excel merupakan tools yang powerfull untuk mengatur data. Excel memiliki fitur sort dan filter untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan mudah. Selain itu, dengan bantuan excel seorang admin bisa mengubah data menjadi format yang lebih mudah dibaca oleh user. Tidak hanya mengatur data, tapi admin juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain menggunakan excel seperti mengerjakan basic accounting, mengatur kontak informasi, membuat presentasi, dan tugas penting lainnya.


3. Menampilkan Informasi

Komunikasi merupakan salah satu skill penting yang harus dikuasai oleh seorang admin. Dengan bantuan excel, admin akan lebih mudah mengkomunikasikan informasi kepada orang lain dengan bantuan berbagai fitur berguna excel seperti fitur grafik dan chart, membuat pivot table untuk membuat table summary, dan lain sebagainya. Dengan demikian, penerima informasi akan lebih mudah untuk menangkap informasi yang disampaikan oleh admin dengan melihat visualisasi yang dibuat menggunakan excel.

excel


4. Merampingkan Pekerjaan

Efisiensi dan produktivitas sangat penting di semua posisi, namun sangat berharga bagi seorang admin mengingat pekerjaan yang sangat banyak dan bervariasi. Walaupun demikian, seorang admin dapat mengefektifkan pekerjaan dengan memanfaatkan shortcut dan excel macro sehingga mereka tetap bisa produktif dan tidak membuang banyak waktu. Selain itu, dengan shortcut dan excel macro seorang admin dapat mengurangi beban kerja namun dapat menyelesaikan banyak pekerjaan. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Formula Excel untuk Admin

Selain keempat kegiatan di atas, admin juga membutuhkan beberapa formula excel untuk membantu mempermudah pekerjaannya. Yuk pelajari berbagai formula excel bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul excel yang bisa kita gunakan untuk memperdalam pemahaman kita mengenai cara penggunaan excel di berbagai bidang industri. Klik button di bawah ini untuk Signup dan nikmati berbagai modul excel DQLab termasuk modul gratis sebagai permulaan belajar excel. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!