BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 44 Menit 4 Detik 

Yuk, Ketahui Implementasi SQL Bagi Industri Data di Era Digital!

Belajar Data Science di Rumah 06-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e0cdd5e07149aa6876349851d54ee2d6_x_Thumbnail800.png

Bagi kamu yang baru saja mempelajari atau mengenal tentang data, pasti tidak asing dengan istilah query pada SQL. Query SQL merupakan salah satu bahasa kueri yang populer serta sangat umum digunakan dalam pengolahan database. Jika kamu ingin berkarir di bidang data, bahasa pemrograman Structured Query Language atau SQL ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib untuk kamu kuasai.


Implementasi SQL dalam industri data juga sangat beragam, dari mulai mengolah, membantu mengetahui kesenjangan data hingga masalah produk digital. Kali ini, DQLab akan mengajak kamu untuk mengetahui implementasi-implementasi SQL tersebut melalui penjelasan dibawah ini. Yuk, langsung simak aja!


1. Pengelolaan Data

Structure Query Language merupakan bahasa kueri database yang membantu para praktisi data untuk mengekstrak data,melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. Keterampilan ini membantu untuk memastikan informasi dengan mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. Query SQL ini digolongkan menjadi beberapa perintah dasar, seperti DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language). Berikut adalah implementasi dari perintah tersebut :

  • DDL (Data Definition Language)

Data Definition Language (DDL) adalah sub perintah query SQL yang digunakan untuk mendefinisikan data di sebuah database dan table. Dengan query inilah kamu dapat membuat tabel baru, mengubah dataset, menghapus data, membuat indeks, menentukan struktur penyimpanan tabel dan sebagainya. Terdapat lima perintah penting dalam DDL, yaitu CREATE, ALTER, RENAME, SHOW dan DROP.

  • DML (Data ManipulatIon Language)

DML (Data ManipulatIon Language) merupakan sebuah perintah query SQL yang digunakan ketika DDL telah dibuat. Query DML ini dipakai untuk melakukan manipulasi data atau pengolahan data atau record dalam tabel pada sebuah database. Perintah dalam DML terbagi ke dalam empat jenis. Beberapa di antaranya adalah INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE.

  • DCL (Data Control Language)

DCL (Data Control Language) adalah perintah dasar pada query SQL yang berfungsi untuk mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space. DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (privileges). Melalui perintah ini, seorang admin database dapat menjaga kerahasiaan sebuah database. Terutama untuk yang penting. DCL berdasarkan perintah dasarnya terbagi dalam dua perintah utama, yaitu GRANT dan REVOKE.


Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Mengetahui Kesenjangan Data dalam Dataset

Implementasi SQL bagi industri data juga dirasakan oleh para praktisi data, khususnya Data Analyst dan Business Analyst. Umumnya, kedua profesi tersebut akan menjalankan gap analysis yang bertujuan untuk melakukan identifikasi langkah yang perlu dilakukan dalam memajukan bisnis. Perusahaan menciptakan produk, layanan dan software tentu memerlukan proses melalui analisa bisnis. Jika terdapat gap atau kesenjangan dari hasil analisis tersebut dan berkaitan dengan data, SQL sangat diperlukan untuk menemukan kesenjangan dalam dataset itu.


3. Mengetahui Kerusakan dan Masalah pada Produk Digital

Beberapa praktisi dalam industri data bertugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap kerusakan maupun masalah pada produk perusahaan mereka. Hal ini juga terjadi pada produk-produk digital seperti software, game, aplikasi hingga website. Produk digital seperti itu sering menyimpan informasi besar dari pengguna dalam database berbasis SQL. Oleh karena itu, untuk mengetahui kerusakan dan masalah yang terjadi, perlu implementasi penggunaan SQL agar dapat menemukan informasi tersebut.


Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


4. Yuk, Mulai Belajar Data Science Bersama DQLab Secara GRATIS

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. 

Bangun proyek dan portofolio datamu bersama untuk mulai berkarir di industri! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :