PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 28 Menit 17 Detik 

Yuk, Kuasai Rumus Dasar Ilmu Excel untuk Profesi Admin

Belajar Data Science di Rumah 23-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f975ccbb8413f5e9555b7d070072ab94_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah software pioneer berbasis spreadsheet di industri perkantoran. Hal ini bukan tanpa alasan, keberagaman rumus dan formula yang disediakan, tentunya excel sangatlah bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari. Dengan excel sahabat DQ jadi semakin produktif lagi dalam bekerja dan lebih rapi serta lebih terstruktur. Meskipun demikian, walaupun banyak aplikasi spreadsheet yang tersedia ternyata Microsoft Excel selalu menjadi parameter yang digunakan dalam dunia kerja maupun dunia akademik. Banyak bidang profesi mulai dari akuntan, statistikawan, scientist dan bidang administrasi. 


Salah satunya adalah user friendly serta bersifat cross platform diberbagai sistem operasi seperti windows sampai macOS. Selain itu, alasan lain yang membuat excel dicintai para pengolah data karena bisa membaca file .csv yang biasanya sering digunakan para praktisi data sebagai sumber data mereka.


Lalu, kira-kira apa saja rumus excel dasar bagi seorang admin untuk melakukan pengolahan data ya ? Yuk, simak jawabannya dibawah ini !


1. SUM

Sum merupakan rumus untuk menjumlahkan barisan angka yang ada di dalam sel-sel tertentu. Sum biasanya digunakan untuk penjumlahan data dan menambahkan semua angka yang kamu tentukan sebagai argumen. Yang artinya, sum juga bisa digunakan untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat di range sel tertentu. Adapun sintaks dasar Sum adalah =SUM(sel1;sel2;...) Dimana sum adalah nama fungsi penjumlahan di excel, dan sel1, sel2 merupakan argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan dengan angka kedua.  


Adapun rumus sum yang bisa kita coba berupa range data sebagai berikut: =SUM(sel1:sel10) Dimana sel1:sel10 artinya penjumlahan akan dilakukan pada sel 1 hingga sel 10. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar dibawah ini:excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. COUNT

excel

Sesuai namanya count yaitu menghitung, rumus count ini biasa digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dalam daftar argumen. Gunakan fungsi ini untuk mendapatkan jumlah entri dibidang angka yang ada dalam range atau larik angka. Sintaksnya adalah =COUNT(sel1:sel11), Dimana count adalah nama fungsi untuk menghitung jumlah sel di excel, dan sel:sel11 merupakan range sel yang akan kita hitung jumlah selnya. 


3. LEN

excel

Fungsi LEN adalah salah satu fungsi Excel dalam kategori fungsi TEXT yang digunakan untuk menghitung jumlah karakter huruf atau teks di excel. Karakter yang dihitung oleh fungsi LEN excel ini termasuk jumlah huruf, angka maupun tanda baca semisal spasi, koma dan titik. Sehingga, meskipun fungsi awalnya digunakan untuk menghitung banyak karakter atau jumlah huruf di excel, fungsi atau rumus excel LEN ini bisa juga digunakan untuk menghitung jumlah karakter angka.


4. IF

excel

Fungsi IF atau œkondisi yang biasa digunakan untuk mengetahui suatu kondisi dari data. Apabila suatu kondisi terpenuhi atau bernilai TRUE, maka fungsi IF akan memproses data tersebut. Tetapi, jika suatu kondisi tidak terpenuhi atau bernilai FALSE, maka fungsi IF tidak memproses data tersebut dan akan melanjutkan ke data selanjutnya.Selain itu  Selain itu fungsi IF pada excel biasanya diikuti oleh operator logika seperti AND, OR, dan NOT atau operator pembanding seperti <,>,=, <>,<=,>=.


Syntax:

=IF(kondisi;jika_kondisi_benar;jika_kondisi_salah)


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Belajar Excel Pemula Hingga Mahir dengan Modul DQLab!

excel


Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin.


Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel di DQLab!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :